Home » Berita Oto » Kunci Immobilizer Masih Menjadi Sistem Paling Aman

Kunci Immobilizer Masih Menjadi Sistem Paling Aman

Kunci Immobilizer Sistem Paling Aman – Untuk menghindari pencurian, mobil dengan teknologi kunci immobilizer diklaim masih menjadi sistem yang paling aman. Sebab mobil dengan sistem ini tidak bisa dinyalakan kecuali hanya dengan kuncinya sendiri atau duplikatnya.

Sehingga penggemar otomotif lebih suka memakai kunci ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kunci dengan sistem canggih pun bisa mengalami pencurian. Hal ini sudah terjadi di Amerika.

Sebagaimana yang dilansir KompasOtomotif (15/12/2016) bahwa sudah ditemukan perangkat misteri yang mampu menjebol kunci mobil dengan berbagai jenis teknologi seperti keyless, tombol start-stop dan immobilizer. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa kejadian tersebut bisa saja terjadi di Indonesia.

Namun Ichsan Ady Permana selaku Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor menjelaskan bahwa system immobilizer masih menjadi sistem kunci yang paling aman.

“Sejauh pemahaman dan pengalaman saya, setiap mobil yang dilengkapi dengan immobilizer sudah aman dari pencurian. Kalau kita mempelajari sistem dari immobilizer, baik yang menggunakan anak kunci ataupun key free, maka akan sangat sulit untuk meretas kunci tersebut.” kata Ichsan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pencuri selalu mendapatkan celah untuk melakukan pencurian. Hal ini juga tidak dipungkiri oleh Ichsan. Sebab menurutnya ada banyak cara untuk melakukan pencurian meskipun mobil memiliki sistem pengaman yang canggih.

“Memang selalu ada celah untuk mencuri kendaraan, meski sudah berteknologi immobilizer. Namun, hal itu membutuhkan alat dan komponen khusus, serta teknik pengetahuan dari sistem tersebut.” Imbuhnya.

Tidah hanya itu, pencuri akan kebingungan sebab membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjebolnya. Sementara setiap pencurian harus dilakukan dengan waktu yang sangat singkat.

“Namun, jika ditanya apakah tetap bisa dicuri, tentu bisa. Seperti misalnya mobil diderek, atau dengan menggandakan kunci asli (dengan metode khusus), oleh si penyewa mobil atau orang terdekat,” Jelas Ichsan.

Oleh sebab itu, Ichsan menghimbau kepada semua pemiliki kendaraan untuk selalu waspada. Menurutnya ada baiknya jika pemilik kendaraan menghindari untuk memarkirkan mobil di tempat yang sepi. Jadi berhati-hatilah.