Suzuki Siap Luncurkan Hybrid Tahun Depan

Suzuki Siap Luncurkan Hybrid – Sebagai wujud komitmennya dalam menjaga lingkungan, Suzuki akhirnya akan meluncurkan mobil Ertiga dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Dari keterangan yang diberikan oleh SIS (Suzuki Indomobil Sales), mobil ini akan resmi di pasarkan pada tahun 2017 mendatang.

SIS hanya menyebutkan bahwa Ertiga hybrid ini adalah baru pertama pada tahun yang akan datang. Jadi kemungkinan besar, Suzuki masih akan memberikan model lain di tahun yang sama. Namun untuk rinciannya SIS enggan untuk memberikan penjelasan.

Harold Donnel, Head of Product Development & Accesories SIS menjelaskan bahwa peluncuran Ertiga model terbaru nanti akan dilengkapi dengan mesin diesel 1.2L SHVS yang langsung diimpor dari India. “Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan teknologi SHVS.” Ucap dia.

Harold juga menjelaskan bahwa Suzuki saat ini tidak hanya mengembangkan ‎berbagai model yang dikhususkan untuk pasar global. Namun Indonesia yang saat ini merupakan salah satu pasar terbesar kedua setelah India akan menjadi perhatian khusus bagi Suzuki.

Oleh sebab itu, Suzuki ingin segera meluncurkan mobil dengan sistem SHVS tersebut. Tetapi cara kerja SHVS yang akan diluncurkan nanti berbeda dengan sistem hybrid pada umumnya. “Cara kerja SHVS tidak seidealis sistem hibrida pada umumnya.” Jelas Harold.

SHVS ini akan dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generation) yang akan bertugas untuk mengolah energi terbuang dari pengereman sehingga akan lebih menghemat energi.

“Kombinasi ISG dan SHVS menghasilkan beberapat output, yaitu efisiensi bahan bakar dan memunculkan fitur engine start stop. Ini ide dasarnya dari hal-hal yang selama ini tidak terpikirkan,” Imbuhnya.

Mobil ini sudah diuji coba di Indonesia dan sudah siap dipasarkan. SIS berharap bahwa dengan adanya mobil dengan sistem baru ini dapat mendongkrak penjualan. Sebab dengan sistem SHVS yang ada di dalamnya akan menjadikan mobil ini lebih irit dan ramah lingkungan.

Selama ini kebanyakan mobil yang sudah ada menciptakan udara tercemar secara perlahan. Namun dengan sistem hybrid dari mobil terbaru nanti diharapkan polusi yang terjadi selama ini bisa terkurangi. Lalu apakah Anda berminat untuk memiliki mobil yang ramah lingkungan ini?

 

Gambar Gravatar
Berawal dari ikut pelatihan jurnalistik kampus kemudian dipaksa menulis oleh salah satu senior, membuat saya akhirnya hobi dengan dunia tulis menulis. Pernah menjadi pemred di Majalah Paradigma Stain Kudus 2009-2010. Beberapa tulisan pernah dimuat di berbagai media, baik lokal maupun nasional seperti koran Kompas, Media Indonesia, Suara Merdeka, Rakyat Sultra dan lain sebagainya. Sekarang serius di bidang penulisan konten, blogger dan penjual madu di www.oimcuaem.blogspot.com