Harga dan Fungsi Filter Oli Untuk Kendaraan

0

Fungsi Filter Oli – Kendaraan bermesin pasti menggunakan peluamas mesin/oli untuk membuat mesin tidak aus atau tidak mudah panas. Jenis oli yang digunakan pun beragam / bisa sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Setiap kendaraan bermesin yang menggunakan peluamas dipastikan akan menggunakan filter oli.

Apa itu filter oli? Filter oli adalah alat untuk menyaring kotoran dari oli, yang disebabkan oleh erosi karbon, debu, dan lumpur. Selain itu fungsi dari filter oli adalah menjaga peredaran oli agar tidak terlalu cepat, hal ini bertujuan agar semua elemen dalam mesin terlumasi oleh oli.

Peranan filter oli dalam mesin sangat penting, ketika pelumas / oli sudah mulai kotor dan filter oli yang digunakan sudah jelek, tidak menutup kemungkinan komponen mesin motor akan cepat luka, misalnya dibagian piston. Selain itu, oli yang kotor tanpa disaring dengan filter oli menyebabkan suara mesin kendaraan akan lebih kasar. Lebih parahnya lagi, kendaraan akan lebih cepat rusak apabila tidak menggunakan filter oli.

Semua kendaraan yang beredar saat ini sudah dipasang filter oli, namun perlu anda ketahui bahwa penyaring tersebut harus diganti secara berkala. Kapan waktu penggantiannya? Menurut beberapa montir bengkel, penggantian filter oli yang baik adalah ketika KM sudah mencapai 10.000 atau setelah penggantian oli mesin ke dua. Selain itu, setiap kali anda mengganti oli dengan merk yang berbeda, sebaiknya anda juga mengganti filter yang baru. Alasannya karena filter oli yang terbuat dari bahan kertas, akan cepat rusak bila terkena dengan grade oli yang berbeda, akibatnya filter oli yang digunakan tidak akan memiliki fungsi yang maksimal. Penggantian filter oli secara rutin akan mengurangi dampak dampak negatif yang akan menyerang bagian elemen mesin kendaraan.

Beriku ini adalah review mini filter oli avanza dan kijang kapsul beserta harganya

Harga Filter oli By PelengkapOtomotif.com

Keterangan:

Dalam video di atas, ditunjukan bahwa filter oli kijang kapsul lebih besar dari pada filter oli avanza, namun untuk harganya sendiri lebih mahal filter oli avanza.

Harga filter oli Avanza : Rp 41.000

Harga filter oli kijang kapsul : Rp 39.000

Baca juga:

Kesimpulannya adalah, filter oli mempunyai peran penting dalam faktor kesehatan mobil, yaitu pada bagian elemen mesin. Pengaruh mesin bila tidak stabil maka efeknya tenaga mobil juga tidak akan maksimal.

/ins>

You might also like More from author