Home » Lini Umum » 10 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan atau FWD

10 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan atau FWD

Contoh mobil penggerak roda depan – atau yang sering juga disebut front-wheel-drive (FWD) memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, penting sebelum memutuskan membeli mobil dengan FWD, Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil penggerak roda depan. Berikut kelebihan mobil penggerak roda depan:

  1. Biaya produksi pembuatannya relatif rendah. Hal ini dikarenakan suku cadang mobil yang lebih sedikit dan cara pemasangannya pun mudah. Dengan biaya produksi yang relatif rendah maka Anda bisa mendapatkan harga mobil yang lebih rendah juga.
  2. Handling lebih mantap daripada mobil berpenggerak roda belakang.
  3. Traksi mobil lebih baik di jalanan licin karena roda depannya yang menarik roda belakang.
  4. Berat penggerak roda depan mobil lebih ringan karena poros gardan yang berguna dalam menyalurkan kekuatannya ke belakang sehingga lebih efektif dan irit dalam mengonsumsi bahan bakar.

Selain kelebihan di atas, kelemahan mobil penggerak roda depan juga perlu diketahui dengan baik, yakni:

  1. Rentan terhadap kerusakan karena tenaga pendorong dan penggerak roda kemudinya berada di roda yang sama.
  2. Penggerak dan kemudi yang berada di bagian depan saat akselerasi tinggi membuat mobil lebih cenderung bergerak ke kiri atau kanan.
  3. Tenaga yang kurang saat melintasi tanjakan.
  4. Rentan slip saat melakukan pengereman karena ban menopang berat yang hanya bertumpu pada bagian depan saja.
  5. Berat mobil terfokus pada bagian depan sehingga cukup susah mengontrol kecepatan tinggi ketika penumpangnya penuh.

Daftar Contoh Mobil Penggerak Roda Depan

Berikut ini beberapa contoh mobil penggerak roda depan yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan otomotif ternama:

Honda Mobilio

Honda-Mobilio-2017

Desain eksterior anggun dari MPV ini didapatkan dari patron yang luar biasa. Hal ini bisa terlihat dari tampilan bodi yang lebih sporty dan elegan sebagai bentuk penyegaran dari Low MPV versi facelite dengan desain wajah pada mesin yang dibuat lebih panjang. Selain itu, terdapat lampu utama yang menggunakan LED Light Guide terbaru sehingga lebih memaksimalkan pencahayaan pada malam hari. Sedangkan, pada bagian belakangnya diberikan sentuhan minimalis dengan Rear License Garnish di antara kedua lampu stop.

Desain interiornya memiliki ruangan yang lebih luas dan mewah dengan beberapa pembaruan fitur yang juga lebih canggih. Penggunaan kursi semi-bucket ergonomis juga mampu menopang badan secara lebih sempurna dengan sayap kursi yang tebal. Penggunaan bahan yang berkualitas akan menjamin kenyamanan penumpang saat mengendarai Honda Mobilio. Selain itu, Anda juga bisa menemukan fitur audio visual canggih pada dashboard mobil yang akan menambah kelengkapan fitur di mobil.

Sebagai salah satu merek mobil yang masuk ke daftar mobil penggerak roda depan ini, dapur pacunya mengusung mesin 1.5 Liter i-VTEC yang mampu menghasilkan performa bertenaga dan paling hemat bahan bakar di kelasnya. Tenaga yang dihasilkan Honda Mobilio maksimal mencapai 88 Kw pada putaran 6.600 rpm dan dapat mencapai torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Selengkapnya baca harga, spesifikasi & review honda mobilio

Suzuki Ertiga

SUZUKI-Ertiga

Merk mobil penggerak roda depan ini masih mempertahankan basis desain bodi yang sama dengan lainnya. Meskipun demikian, sentuhan yang diberikan membuat Suzuki Ertiga terlihat lebih stylish dengan bodi sisi samping yang sudah ditambahkan New Alloy Wheel (tipe GL dan GX) dan New Electric Foldable Outside Mirror (GX). Tidak hanya itu, Suzuki Ertiga juga mengalami perubahan pada bumper belakangnya yang memberikan suasana baru pada mobil.

Masuk ke bagian kabin, tidak ada perubahan begitu signifikan pada interior mobil dibanding generasi sebelumnya. Namun, konsep dashboard didesain lebih segar, seperti pada perubahan warna yang lebih lembut. Interiornya juga terlihat lebih mewah dengan New pattern Fabric pada jok dalam mobil. Kursi baris ketiga juga sudah mengaplikasikan sistem split 50:50. Mobil mpv penggerak roda depan ini sudah menggunakan teknologi mesin yang canggih, yakni teknologi mesin K148 DOHC yang mantap dalam segala kondisi. Dengan mengandalkan mesin bersilinder segaris 16 katup, Suzuki Ertiga memiliki kapasitas 1.400 cc. Selain itu, Ertiga juga mampu mengeluarkan torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm dan daya maksimal sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Selengkapnya baca harga, spesifikasi & review suzuki ertiga.

Mazda Biante

mazda biante

Tampilan luar mpv premium ini didesain dengan super elegan dan eksklusif. Penampilan eksterior yang mewah bisa Anda lihat pada Mazda Biante ini. Meskipun Mazda masih mempertahankan ciri khas desainnya yaitu berupa headlamp ‘split’ dilengkapi kombinasi front grille berbentuk ‘V Shape’ tapi pada tipe Limited Edition, ditambahkan dengan aksen baru di bawah kaca bagian belakang yang berwarna lebih mengkilap.

Tidak hanya penampilan yang mewah dan luas, tapi Mazda Biante juga memberikan kenyamanan yang istimewa bagi penggunanya. Ruang kabin kemudi didesain dengan sentuhan serta unsur warna berbeda, yakni cokelat gelap dan krem. Mazda juga menambahkan monitor backhead berukuran 10,1 inci untuk menambah keseruan perjalanan Anda. Masing-masing kursi penumpang diatur dengan sangat baik dan memperhatikan tingkat kenyamanan. Pada bagian bagasi juga disediakan dengan ukuran yang lebih luas.

Penggunaan teknologi SKYACTIV pada Mazda Biante membuatnya memiliki performa mesin bertenaga dan hemat energi. Mesin berkapasitas 1.990 cc ini mempunyai 4 silinder segaris DOHC 16 katup sehingga performanya lebih tangguh. Sedangkan, untuk versi Limited Edition, terdapat sedikit penambahan fitur seperti Electronic Throttle Control dan Dual Sequantial Valve Timing. Kedua tipe Mazda ini dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 151 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi mencapai 19,4 kgm pada putaran mesin 4.100 rpm. Mesin Biante ini menyematkan transmisi manual 6-speed FWD. Selengkapnya baca harga, spesifikasi & review mazda biante.

Suzuki Baleno

2016-suzuki-baleno

Suzuki Baleno pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 1996 dan sampai sekarang masih terus diproduksi dengan tampilan yang semakin menarik. Generasi-generasi terbaru di bagian depan mobil dibentuk lebih tajam atau diperjelas. Lampu telah didesain dengan lebih panjang sampai ke bagian agak sampingnya. Ukurannya pun menjadi lebih besar dibanding Suzuki Swift. Tampilan elegan juga diberikan pada bagian belakang mobil dengan posisi lampunya.

Bagian dashboard menggunakan desain kurva seperti grill depannya. Tombol-tombol kontrol terletak pada bagian tengah segitiga, sedangkan pada sisi lainnya dibuat polos. Pada sektor segitiga tersebut, Anda juga akan menemukan layar monitor berukuran 7 inchi dengan fitur SD card dan USB untuk memudahkan penumpang memainkan musik. Warna yang mendominasi adalah warna hitam dengan aksen silver yang membuat tampilannya lebih sporty. Kabin yang tersedia pun lebih luas sehingga Anda bisa melipat kursi di bagian belakang.

Jenis mobil penggerak roda depan ini terdiri dari tiga pilihan mesin sesuai keinginan konsumen, yakni turbo direct injected dengan kapasitas 1.0 L, Dual Jet berkapasitas 1.2 L dengan 4 silinder, dan Dual Jet SHVS berkapasitas hingga 1.2 L. Sedangkan untuk sistem transmisinya adalah sistem transmisi 5 percepatan manual dan juga bisa menggunakan sistem transmisi 6 percepatan otomatis untuk menyalurkan tenaga dari mesin Suzuki Baleno.

Toyota Vios

toyota vios

Toyota Vios lumayan lama lalu lalang di pasaran otomotif Indonesia, sejak tahun 2003 saat pertama kali diperkenalkan. Tampilan Vios sendiri memang terlihat elegan dan modern dengan fascia depan mempunyai desain segar dengan lampu berukuran besar dilengkapi multi reflektor berlampu HD akan memberikan pemandangan yang tegas dengan kombinasi bumper tipe Trapezoidal Shape dan grill radiator yang terlihat seperti menyambung pada kedua sisinya. Sedangkan, untuk bagian belakangnya dilengkapi dengan lampu dan tambahan bumper yang mampu memberikan kesan modern maupun sporty. Konsumen juga akan mendapatkan sistem aerodinamis yang baik dari eksterior Toyota Vios.

Bagian interior mobil pun tidak kalah nyaman dan mewah dari eksteriornya. Material yang berkualitas memberikan tampilan interior yang lebih elegan dan cerah. Bagian depan interior dibuat dengan berbagai fitur yang mudah diaktifkan meskipun sedang melakukan perjalanan. Pada bagian kursinya, dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan berwarna ivory disertai motif begitu elegan. Berbagai fitur interior mobil mampu memberikan kenyamanan yang tinggi bagi penumpang dan juga keamanan yang terjamin dengan adanya seatbelt pada semua kursi.

Bagian dapur pacu, penggunaan mesin 1 NZ-FE 16 Valve DOHC berteknologi WT-i dengan kapasitas 1.5 ini mampu menghasilkan performa yang tangguh dan akselerasi bertenaga prima, meskipun konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Tipe mesin Toyota Vios mampu menghasilkan tenaga hingga 109 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm pada 4.200 rpm. Penyalur tenaganya menggunakan transmisi otomatis 5 percepatan yang dilengkapi dengan gate shifter lever dan shift lock.

Lanjut baca…