Sekarang Jangan lagi, Panaskan Kendaraan di Pagi Hari !

Advertisement

Panaskan Kendaraan di Pagi Hari – Banyak pro dan kontra tentang anggapan bahwa saat ini khususnya motor injeksi tidak perlu melakukan pemanasan mesin dipagi hari. Kebudayaan yang sudah tertanam dikonsumen sudah sangat melekat hingga tidak mempedulikan anggapan seperti ini.

Masih banyak konsumen sepeda motor yang masih percaya bahwa motor akan cepat rusak bila mesin motor tidak dipanaskan dipagi hari. Lebih parahnya lagi ada beberapa dari konsumen kendaraan memanaskan kendaraan lebih dari 30 menit.

jangan panaskan motor dan mobil di pagi hari

Anggapan mengenai pemanasan motor dipagi hari adalah agar oli naik, agar oli lebih encer, agar karbu tidak tersendar sendar. Ini yang sering kita dengar.

Secara logika manusia yang normal, ketika mesin motor/mobil dihidupkan oli mesin akan langsung terangkat. Gear mesin akan bergerak membawa oli ke seluruh sudut ruang mesin ketika mesin dihidupkan. Jadi tidak perlu menunggu beberapa saat. Untuk alasan agar oli encer, ketika pengendara sudah melaju dengan kecepatan lambat putaran mesin stasioner, oli akan encer sendiri. Untuk pengguna karburator, kalau misalkan dipagi hari motor / mobil ngadat, silahkan untuk segera diperiksakan kebengkel, hal tersebut pasti ada yang bermasalah pada karburator.

Sepertinya untuk pengguna kendaraan sistem injeksi tidak ada lagi alasan untuk memanaskan kendaraan dipagi hari kan. Ada beberapa hal mubadzir untuk para konsumen kendaraan yang masih memanaskan motor dipagi hari.

  1. Boros
  2. Lingkungan rumah bau asap
  3. Buang buang waktu

Saya pengendara motor dengan sistem injeksi, dari sejak awal pakai pertengahan tahun 2014 hingga sekarang, saya belum pernah sama sekali memanaskan motor. Dan sampai sekarang kendaraan masih berjalan dengan lancar.

Perlu anda ketahui, saat ini hampir seluruh motor baru yang beredar, sudah tidak menggunakan tuas choke. tuas choke yang dulu berfungsi untuk membantu mnghidupkan kendaraan terutama motor ketika sulit dihidupkan saat ini sudah ditiadakan. Karena kendaraan sudah banyak yang menggunakan sistem injeksi pada penyaluran bahan bakar ke mesin. Injeksi mempunyai sensor otomatis untuk mengatur masuknya bahan bakar ke mesin.

Advertisement
Sekarang Jangan lagi, Panaskan Kendaraan di Pagi Hari ! | Sujaya | 4.5