Tips Ampuh dan Mudah Agar Lolos Tes SIM C, Jangan Nyogok!

Advertisement

Bagaimana agar Lolos Tes SIM C? Beberapa pertanyaan datang, dan menunggu jawaban. Tips yang akan saya paparkan ini sebenarnya tidak hanya dapat dijadikan sebagai panduan pembuatan sim C namun juga dapat digunakan sebagai panduan pembuatan SIM A. Sebenarnya membuat SIM C itu tidaklah sulit, sangat tidak sulit bila anda mengerti step-stepnya. Yang membuat pembuatan SIM menjadi sulit adalah, ketika anda sudah takut dengan pak polisi. 😀 Untuk mendapatkan SIM C, selain anda harus bisa mengendarai sepeda motor, anda juga dituntut untuk mengetahui fungsi jalan dan sebagainya.

ujian-pembuatan-sim

Sesuai Pasal 211 (2) PP 44 / 93 SIM C adalah SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 Km / Jam. Jadi jika anda belum mampu mengendarai motor dengan kecepatan lebih dari batas yang telah ditentukan, mohon untuk belajar lebih giat lagi hehe. Poin pertama yang akan saya sampaikan adalah syarat utama pembuatan sim, tanpa memenuhi syarat yang telah ada, anda tidak akan bisa membuat SIM secara resmi  Syarat syarat yang diberikan kepada setiap masyarakat sama, dan tidak terlalu rumit.

Syarat SIM C

  1. Permohonan tertulis
  2. Bisa membaca dan menulis
  3. Memiliki pengetahuan peraturan lalu lintas jalan dan tekhnik dasar kendaraan bermotor.
  4. Batas usia 16 Tahun untuk SIM Golongan C5. Terampil mengemudikan kendaraan bermotor
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Lulus ujian teori dan praktek

mekanisme-sim

Prosedur pendaftaran SIM C anti gagal

Ada 3 prosedur yang harus anda ketahui

  • Prosedur Penyerahan Berkas
  • Prosedur Ujian Teori
  • Prosedur Ujian Kendaraan

Nah kita akan masuk satu perastu dengan pembahasan yang tuntas. Persyaratan yang diminta itu sangat mudah, hanya suruh mematuhi aturan yang telah dibuat, begitu saja sebenarnya hehe

Dalam penyerahan berkas, didalamnya ada:

  1. Surat kesehatan jasmani dan rohani
  2. Foto kopi KTP minimal 2
  3. Mengisi Formulir pembuatan SIM, ada contohnya
  4. Ada biaya asuransi sebesar 35 ribu, namun tidak wajib

Setelah penyerahan berkas, anda disuruh menunggu beberapa saat untuk melanjutkan ketahap ujian teori. Pada sesi ini biasanya diberikan waktu  30 menit untuk menjawab 40 – 50 soal.

Tips Menjawab Soal Teori SIM C

  1. Sebelum anda masuk keruang ujian teori, diruang tunggu tempat anda duduk, biasanya ada selembar kertas tentang materi materi yang akan diujikan. Coba cari atau kalau tidak ketemu tanyakan sama petugas / polisi yang bertugas dibagian SIM.
  2. Gunakan logika anda, semua benar benar tentang logika. Pertanyaan dalam soal adalah pertanyaan yang benar benar mendasar.
  3. Jangan panik, Pastikan anda menjawab soal benar lebih dari 75% Karena kalau kurang dari itu, maka akan gagal

Kisi kis soal

Kami sudah mengumpulkan dokumentasi soal teori yang mungkin bisa membantu. kurang lebih soalnya sebagai berikut

 

Atau anda juga dapat mengunjungi laman kapolri tentang Simulasi Pembuatan SIM C

Yang terpenting saat tes teori adalah rileks, bila anda sudah pantas memiliki SIM pasti anda akan bisa menjawab semua pertanyaan yang ada. Bila anda terbukti tidak lolos, anda harus mengulang kembali minggu depan. Jadi usahakan jangan mengulang.

Setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa anda lolos ujian teori, anda akan diajak sama pak polisi untuk melanjutkan tes kendaraan. Bisa dipastikan pada sesi ini anda akan tetap deg degan walaupun sudah membaca tips ampuh lolos SIM C dari artikel ini. Namun itu hal yang biasa dan dialami hampir seluruh pengendara yang ingin mendaftar SIM. Karena sama prosesdurnya dengan ujian teori, bila gagal akan mengulang dengan waktu minimal datang 7 hari. Itu sangat lama sekali, dan hanya akan membuang buang waktu. Untuk itu semua tes di usahakan harus lolos hari itu juga.

Sebelum memulai tes SIM C petugas akan menjelaskan beberapa prosedur, ikuti saja, dan bila tidak paham atau samar samar dalam penyerapan informasi langsung tanyakan kembali sampai benar benar paham. Hal ini bertujuan agar nanti saat ujian kendaraan anda tidak ragu ragu dalam menarik pedal gas, karena memang benar benar paham.

Tips Ampuh Lolos Uji Kendaraan SIM C

  • Pilih motor yang sesuai, ditempat pembuatan SIM C biasanya disediakan beberapa motor, ada yang motor matic, motor manual, dan motor kopling tangan. Pilih kendaraan yang sekiranya bisa anda kendalikan secara maksimal.
  • Minta waktu sebentar dengan petugas untuk menyesuaikan motor dengan diri anda. Motor yang belum pernah anda tunggangi sama sekali, akan berbeda rasanya. Untuk memahami kendali motor anda harus mencobanya untuk berputar putar terlebih dahulu.

  • Poin terakhir yang akan saya sampaikan kepada anda adalah, sebelum dan sesudah memulai sesi tes dan sebagainya, anda harus berdoa. Mohon izin sama Allah untuk dipantaskan mendapatkan SIM C.

Pemberitahuan lolos atau tidaknya dalam ujian praktek akan langsung diberitahuakan setelah anda selesai ujian praktek kendaraan. Sampai disini sudah paham ya?

Ada kabar baik nih untuk kamu yang belum mempunyai SIM, sekarang membuat SIM bisa dilakukan secara online loh 😀 Anda bisa buka laman http://sim.korlantas.polri.go.id/ Untuk persyaratan administrasi hampir sama, silahkan ada lanjutkan pada panel pendaftaran SIM online, disana nanti ada panduannya, sangat mudah sekali ya.

daftar SIM online

Nah, itu saja tips pembuatan SIM C yang dapat admin infokan, Untuk masalah Biaya pembuatan SIM anda bisa kunjungi artikel berikut ini Biaya pembuatan SIM. Mohon bantu share ke teman teman, link share ada dibawah artikel ini, apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar.

Advertisement
Tips Ampuh dan Mudah Agar Lolos Tes SIM C, Jangan Nyogok! | Sujaya | 4.5