8 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dan Tidak Mudah Kena Tipu

Tips membeli mobil bekas berkualitas – Anggaran yang terbatas kadang membuat orang lebih memilih membeli mobil second karena harganya jauh lebih murah ketimbang beli mobil baru. Sayangnya saat membeli mobil bekas, kita tidak tahu bagaimana kondisi mobil itu sebenarnya dan bagaimana riwayatnya, apakah mobil itu pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Untuk itu saat membeli mobil yang sudah pernah dipakai orang lain haruslah cermat dan hati-hati, berikut ini tips beli mobil bekas agar mendapatkan yang berkualitas.

Cara pintar beli mobil

Ikutilah Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Ini:

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengecek kondisi mobil, maka Anda bisa membawa montir mobil langganan yang terpercaya untuk membantu melakukan pengecekan. Selain itu, berikut yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas:

  1. Cari tempat yang jual mobil bekas secara online dan offline

Secara online banyak situs yang menawarkan mobil bekas, yang perlu diperhatikan sebaiknya beli yang masih di area kota Anda agar lebih mudah melihat langsung kondisi mobilnya. Anda juga bisa mencari di beberapa showroom mobil bekas terpercaya.

Pasang Nomor Hp Anda, Iklan Hubungi Kontak

  1. Belilah dari sang pemilik alias orang pertama

Daripada membeli lewat makelar apalagi showroom, lebih baik langsung beli dari pemiliknya sehingga Anda bisa menanyakan riwayat serta informasi penting ke sang pemilik. Memang pilihan mobil lebih banyak kalau di showroom tapi nanti Anda tak bisa menggali lebih dalam soal mobil tersebut.

Baca Juga  Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Hanya 5 Menit
  1. Pertanyaan yang perlu ditanyakan

Untuk menggali informasi tentang mobil bekas, cobalah tanyakan hal-hal berikut:

  • Kapan mobil dibeli?
  • Selain pemilik, siapa yang sering memakai mobil ini?
  • Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
  • Apakah ada sparepart yang pernah diganti?
  • Seberapa sering pemilik mengendarai mobil ini?
  • Apa alasan menjual mobil ini?
  • Berapa kali mobil ini diservis dalam setahun?
  • Ke mana rute terjauh yang pernah dicapai dengan mobil ini?

Anda juga bisa menambahkan beberapa pertanyaan yang menurut Anda penting untuk diajukan saat membeli mobil bekas secara kredit atau tunai. Kemudian setelah semua pertanyaan tersebut dijawab, sekarang saatnya Anda melakukan pengecekan langsung mobilnya.

  1. Mengecek kondisi mobil

Minta ijin dahulu ke sang pemilik untuk mengecek kondisi mobil, setelah itu perhatikan hal berikut saat melakukan pengecekan:

  • Apakah catnya masih mulus atau ada yang lecet/ baret
  • Apakah ada bagian bodi mobil yang berkarat/ penyok/ bekas tambalan
  • Perhatikan apakah plafonnya masih tebal karena penting untuk melindungi suhu udara di dalam mobil
  • Perhatikan bannya apakah masih bagus atau sudah aus
  • Periksa bagian dalam mesin seperti selang-selang mesin mobil, bagian oli mesin apakah ada kebocoran, dan lain sebagainya.
  • Mengecek bagian dalam interior seperti bagian AC, sarung jok mobil apakah masih bagus, panel dashboard, lampu interior, kamera serta sensor parkir (jika ada), dan periksa juga odometernya untuk melihat jarak tempuh mobil dan pastikan jarak tempuhnya normal yang biasanya antara 16.000 sampai dengan 24.000 km dalam setahun.
  1. Melakukan test drive

Tips membeli mobil second berkualitas selanjutnya adalah melakukan test drive atau uji berkendara agar Anda semakin yakin mobil dalam keadaan/ kondisi baik.  Dari situ Anda juga tahu tentang kenyamanan dan keadaan rem mobil karena part tersebut sangatlah penting. Ingat, ketika Anda mengerem saat kecepatan kurang lebih 50 km per jam, mobil yang masih dalam keadaan bagus tentunya rem tidak akan menimbulkan bunyi berdecit apalagi sampai terasa ada getaran. Kalau iya, lebih baik Anda berpikir dua kali untuk membeli mobil tersebut daripada nantinya harus membayar mahal untuk biaya perbaikan rem mobil.

  1. Jangan lupakan perkakas mobil

Setelah melakukan test drive, tanyakan tentang perkakas mobil atau tool kit yang termasuk dalam penjualan mobil itu seperti kunci, obeng, dll. Perkakas tersebut penting apalagi jika mobil tiba-tiba mogok di jalan. Tanyakan juga apakah Anda harus menambah biaya beli mobil jika ada perkakas tambahan, tetapi kalau tidak tentu ini lebih menguntungkan dan hemat.

  1. Tentang asuransi mobil

Jangan lupa tanyakan apakah mobil tersebut diasuransikan karena kalau iya maka hal tersebut bisa menjadi poin plus. Untuk menyakinkan, mintalah agar sang pemilik mobil memperlihatkan bukti seperti dokumen resmi bahwa mobil tersebut telah diasuransikan. Selain itu, kalau bukti dokumen asuransi lengkap maka proses balik nama akan jauh lebih mudah dilakukan. Intinya, mintalah berbagai macam surat-surat keterangan serta dokumen bukti tentang mobil tersebut termasuk soal asuransi. Anda juga lebih baik minta fotokopi Kartu Tanda Pengenal (KTP) pemilik mobil sebagai arsip yang mungkin suatu hari akan diperlukan setelah Anda membeli mobil bekas tersebut.

  1. Kelengkapan surat kendaraan

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan segala surat kendaraan termasuk BPKB dan STNK. Cek apakah surat tersebut memiliki tanda tangan dan cap asli. Setelah itu, periksa juga bagian nomer rangka serta nomer mesin yang terdapat di bagian dalam kap mobil, kemudian perhatikan apakah nomernya sama dengan nomer yang ada di BPKB serta STNK. Untuk lebih yakin lagi bahwa dokumen yang diberikan adalah asli, maka Anda juga bisa pergi ke Samsat.

Baca Juga  Tips Aman Saat Mendongkrak Mobil

Demikian tips membeli mobil bekas berkualitas yang masih bagus kondisinya dan layak untuk dikendarai. Ingat bahwa jangan hanya tergiur soal harga mobil bekas yang murah atau tampilannya yang kelihatan wah, namun perhatikan juga kualitas dalam mobil serta segala tetek bengeknya. Semoga bermanfaat.

Loading...