Cara Memanaskan Motor Baru yang Baik dan Benar

Cara Memanaskan Motor Baru – Sebelumnya saya telah membuat artikel kontroversi berkenaan perlukan memanaskan motor dipagi hari, dan artikel saya yang ini 100% tidak menganjurkan untuk memanaskan motor. Namun setelah saya telusuri, ternyata masih banyak orang yang percaya bahwa memanaskan motor itu dirasa cukup perlu. Nah pada kesempatan kali ini, tanpa membuat artikel yang menggugah selera untuk naik darah saya paparkan bagaimana cara memanaskan motor baru yang baik dan benar.

Cara memanaskan motor baru

Motor baru umumnya, sudah menggunakan teknologi injeksi. Injeksi adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mencampur bahan bakar dan udara secara homogen, kalau dimotor lama, biasanya menggunakan karburator. Nah keunggulan injeksi dibanding karburator adalah, pencampuran bahan bakar dan uap lebih merata, sehingga pembakaran dalam piston lebih bagus.

Kaitannya dengan pemanasan motor adalah, ketika motor yang masih menggunakan karburator, umumnya motor akan mbrebet saat dihidupkan dipagi hari, namun tidak dengan motor yang sudah memakai teknologi injeksi. Kenapa demikian? seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pencampuran bahan bakar dan uap lebih merata, sehingga pembakaran dalam ruang piston tidak ngadat ngadat.

Baca Juga  Cara Membuat Motor Lebih Cepat Dengan Biaya Murah

Bagaimana Cara Memanaskan Motor Baru?

Sebagian orang percaya bahwa memanaskan motor dipagi hari akan memperpanjang usia motor. Hal tersebut tidak salah, dan sudah banyak yang membutktikan. Dengan memanaskan motor dipagi hari, diharapkan oli motor naik ke ruang piston, sehingga piston tidak mengalami gesekan yang membuat luka pada piston itu sendiri.

Secara logika saja ya, ketika anda mengidupkan motor, oli akan langsung naik ke piston tanpa harus anda panasi. Perputaran mesin di kendaraan itu sangat cepat, walaupun anda belum jalan, mesin itu udah berputar sangat cepat. Tapi kembali lagi, bahwa banyak orang yang masih memperhatikan kasus ini.

Nah apa bedanya motor baru dengan motor lama? ada yang bilang, besi besi pada mesin motor baru masih lunak, hehe halo mas mbak bro, produk yang dikeluarkan oleh pabrik itu sudah terstandar untuk pemakaian normal. Bila anda memakai kendaraan itu secara normal, tidak akan penyok atau melar besi yang ada didalam mesin. Justru ketika motor lama, anda harus lebih memperhatikan hal tersebut, motor baru semua baru, urusan mesin nanti masih ada garansi to selama 3 tahun hehe (untuk pemakaian yang wajar)

Baca Juga  7 Cara Paling Efektif Mengatasi Motor yang Mogok Karena Banjir

Untuk itu agar anda tidak terlalu membuang buang waktu dalam memanaskan mesin motor, saya mauberikan tips bagaimana memanaskan motor baru.

  1. Standar 2 motor
  2. Gunakan kick starter untuk menghidupkan mesin (bahasa jawanya engkol)
  3. Jangan di gas, biarkan motor hidup sebisanya, selama anda belum servis pertama kali, bairkan motor seperti adanya. Kalau susah nyala hubungi dealer.
  4. Cukup panaskan maksimal 5 menit
  5. Buatlah jalan seperti biasa

Saran dari admin, selama motor baru belum servis gratis pertama kali didealer, gunakan motor seperti anda lagi sedang tes drive namun tetap dalam kondisi pemakaian wajar, karena apa? di waktu tersebut anda bisa bebas komplain ke dealer dan minta ganti. Dan anda juga akan tau bagaimana sesungguhnya peforma motor baru yang anda beli.

Nah bagaiamana? apakah artikel ini memabantu atau malah membuat anda bingung? Terimakasih sudah berkunjung.

Loading...