Cara Membuat Motor Lebih Cepat Dengan Biaya Murah

Cara membuat motor lebih cepat – Banyak pecinta motor yang merasa kurang puas dengan tampilan serta performa motor kesayangan dan memilih untuk melakukan modifikasi. Di tangan-tangan para modifikator, terdapat dua macam perubahan yang dapat terjadi pada motor. Modifikasi yang pertama ialah modifikasi bagian tampilannya atau body-nya saja. Untuk modifikasi yang kedua ialah penggantian mesin supaya performanya bertambah prima. Banyak pengendara kendaraan roda dua ini yang menginginkan tampilan body motor kesayangan tetap atau tidak mengalami perubahan yang signifikan namun ingin mengubah kinerja mesin sehingga motor dapat digunakan untuk bermanufer dengan kecepatan yang lebih tinggi dan lebih nyaman serta fleksibel dikendarai pada jalanan. Baca juga artikel Cara Membuat Motor Lebih Kencang Tanpa Bore Up

6 Cara membuat motor lebih cepat super kencang

Modifikasi tak hanya dapat dilakukan pada mobil dengan biaya selangit. Kini banyak tangan-tangan modifikator motor yang mampu memenuhi keinginan para pengguna sepeda motor untuk melakukan modifikasi pada bagian performanya supaya lebih bertenaga dan lebih kencang. Tangan-tangan dingin para modifikator mampu menciptakan modifikasi motor harian menjadi lebih bermanufer dengan biaya yang bersahabat. Berikut ini cara bikin motor kencang tapi irit yang bisa dilakukan:

  1. Memodifikasi piston

Modifikasi motor sering kali dilakukan oleh anak-anak pada usia remaja atau usia sekolah seperti saat masih SMA hingga perguruan tinggi. Namun modifikasi juga kerap dilakukan oleh orang-orang dengan usia dewasa yang memiliki adrenalin tinggi untuk bermanufer dengan kecepatan di atas rata-rata di jalanan. Untuk mengubah kecepatan motor menjadi seperti yang diinginkan yakni lebih cepat dan kecang, hal pertama dan utama yang harus dilakukan ialah dengan mengganti piston motor. Piston motor merupakan spare part paling utama yang harus dipermak supaya kinerja mesin motor dapat lebih gahar lagi. Banyak modifikator yang memutuskan untuk mengganti piston dengan yang baru namun ada juga yang hanya perlu melakukan sedikit perubahan pada piston yang sudah ada pada motor tersebut. Modifikasi piston ini tujuannya adalah supaya piston lebih ringan. Dengan ringannya piston, maka putaran mesin akan semakin cepat dan akhirnya kecepatan motor pun akan bertambah dengan sempurna.

  1. Lakukan modifikasi pada ruang pembakaran

Langkah modifikasi yang selanjutnya ialah mengubrek ruang pembakaran motor langkah ini juga merupakan cara membuat motor kencang untuk harian namun dengan resapan bahan bakar yang hemat. Supaya dapat bermanufer dengan kencang, mesin motor membutuhkan sistem pembakaran yang tepat untuk menyuplai tenaga. Untuk hal yang satu ini, hal perlu dilakukan ialah dengan lebih mengecilkan volume pembakaran. Pengecilan volume pembakaran dapat dilakukan dengan memotong kepala silinder meggunakan mesin gerinda. Dengan volume yang lebih kecil, sektor kompresi dapat meningkat dan akan membuat kecepatan motor semakin meningkat pula.

  1. Memperluas lubang pembilasan

Cara mempercepat laju motor setelah mengubah ruang pembakaran ialah memperluas lubang pembilasan. Untuk memperluas lubang pembilasan ini yang harus dilakukan ialah dengan melakukan pelebaran lubang pembilasan atau pemasukan dengan melakukan reposisi dan penyesuaian komponen supaya semuanya tetap seimbang. Penyesuaian dan reposisi ini dilakukan dengan proses perhitungan yang matang agar hasilnya tepat. Perluasan lubang pembilasan bertujuan untuk memperbanyak gas baru yang masuk. Karena berhubungan langsung dengan komponen-komponen penting lainnya, maka diperlukan ekstra kehati-hatian dalam memodifikasi pada bagian ini. Jika salah perhitungan maka yang terjasi bukannya motor dapat bermanufer kencang namun justru kerusakan yang akan timbul.

Baca Juga  Cara Memanaskan Motor Baru yang Baik dan Benar
  1. Meningkatkan voltage pengapian motor

Ketika memutuskan untuk memodifikasi kecepatan motor, peran komponen selain lubang pembilasan yang tak kalah penting ialah pengapian motor. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebagai salah satu cara membuat motor kencang dengan biaya murah ialah menaikkan voltase pengapian. Peningkatan voltase ini dapat dilakukan dengan menambah daya tenaga listriknya. Jika kebanyakan motor hanya dibekali dengan voltase sebesar 6 volt, ubahlah voltase tersebut menjadi 12 volt atau dua kali lipat dari semula. Selain dapat mempengaruhi penerangan yang lebih terang, dengan voltase yang lebih besar laju motor juga akan semakin prima dan siap menggilas jalanan. Hal ini terjadi karena percikan bunga api yang dihasilkan pada busi juga semakin besar.

  1. Memodifikasi rocker arm

Langkah berikutnya ialah dengan mengubah rocker arm atau lengan penumbuk katup yang berfungsi utuk melanjutkan gerakan batang penekan atau push rod. Selain dapat menggantinya dengan yang baru yang lebih ringan, Anda juga dapat melakukan pemotongan terhadap rocker arm. Namun pemotongan harus dilakukan dengan eksra hati-hati karena sangat riskan untuk patah dan nantinya justru dapat membuat mesin motor menjadi rusak. Pergunakan rumus dan perhitungan yang benar supaya tidak menciptakan kerugian.

  1. Mengganti roda gigi pada motor

Langkah terakhir dalam memodifikasi motor agar performanya semakin cepat dan kencang ialah dengan mengganti roda gigi pada motor yang dimodifikasi tersebut. Cara kerja roda gigi ialah semakin kecilnya diameter, tenaga dan laju yang dihasilkan motor semakin besar. Untuk itu, ubahlah roda gigi bagian belakang dengan yang berdiameter lebih pendek. Roda gigi dengan ukuran yang lebih mini membuat rotasi putaran roda menjadi lebih pendek dan peletakkan rantainya juga lebih rendah dibandingkan dengan peletakkan rantai pada motor-motor standard yang belum dimodifikasi.

Baca juga: Harga Motor ATV Suzuki Terbaru

Demikian beberapa cara membuat motor lebih cepat yang mudah dan dapat dipraktekkan pada motor kesayangan jika menginginkan nuansa performa lebih gahar.

Baca Juga  Tips Aman Saat Mendongkrak Mobil

Pencarian google:

  • cara membuat motor kencang dengan biaya murah
  • cara membuat motor kencang untuk harian
  • cara mempercepat pembakaran sepeda motor
  • cara membuat motor lebih kencang dengan membuat piston di cembungkan dan di cowak
  • cara membuat motor kencang dengan biaya murah dan gambarnya
  • https://www informasiotomotif com/lini/tips/cara-membuat-motor-lebih-cepat/5376
  • cara membuat motor bertenaga biaya ringan
  • cara membuat kompresi motor kencang
  • cara membuat ferfoma motor lebih cepat
  • cara buat bikin motor tinggi
Loading...