7 Cara Paling Efektif Mengatasi Motor yang Mogok Karena Banjir

Mengatasi motor yang mogok karena banjir – Pada saat musim penghujan tiba, para pengendara baik kendaraan roda empat dan roda dua wajib lebih berhati-hati. hal ini dikarenakan kondisi jalanan yang licin ketika hujan turun. Kondisi jalanan yang basah dan licin dapat mengakibatkan kendaraan tergelincir dan berakibat kecelakaan. Parahnya, hujan di kota-kota besar banyak menimbulkan masalah genangan air dan juga banjir di jalanan. Jika dipaksakan tetap melintas di jalan yang penuh dengan genangan air maka akan mengganggu kestabilan mesin dan akhirnya membuat motor menjadi mogok. Kira-kira bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Cara mengatasi motor yang mogok karena banjir

Tinggal di kawasan yang bercurah hujan tinggi dan rawan akan terjadinya banjir memang memiliki konsekuensi tersendiri. Terlebih apabila musim hujan datang, aktifitas sehari-hari pun ikut terganggu. Belum lagi masalah mobilitas dan transportasi untuk pergi dari satu tenpat ke tempat lain. Jika Anda tidak mau timbul masalah pada motor ketika menerjang banjir maka lakukan beberapa tips motor melawati banjir berikut ini.

  1. Hidupkan mesin motor

Tips ini dianjurkan apabila sudah dalam terburu-buru untuk segera menuju tempat tujuan namun harus melewati genangan air banjir dan akhirnya motor mogok. Ketika mesin motor secara tiba-tiba terkena atau tergenang air banjir dan mogok namun Anda tetap ingin melanjutkan perjalanan maka tuntunlah atau tempatkan motor pada tempat yang teduh dan tidak tergenang air. Setelah itu hidupkan motor dengan menyalakan starter aki. Langkah ini ialah untuk memanaskan mesin motor yang mogok tersebut. Tips pertama ini sebenarnya tidak dianjurkan kecuali keadaan yang benar-benar terpojok. Hal ini dikarenakan ketika air benar-benar masuk ke dalam mesin, kemungkinan besar konsleting listrik akan terjadi. Dampak dari konsleting listrik pada mesin motor dapat mengganggu beberapa sektor yang lain.

  1. Periksalah kondisi busi

Ketika motor mogok setelah mengarungi genangan air di jalan maka langkah yang wajib dilakukan ialah melakukan pemeriksaan pada busi. Cara menghidupkan motor mogok yang satu ini banyak terbukti efektif untuk dilakukan. Letakkan motor di tempat yang teduh kemudian siapkan peralatan pembuka busi yang seharusnya selalu tersimpan rapi di dalam jok motor. Setelah itu buka bagian busi dengan kunci yang tersedia. Pastikan busi tidak terkena atau terendam air. Jika busi basah atau terendam air, maka yang wajib dilakukan ialah mengeringkannya dan dudukan busi juga harus dikeringkan hingga benar-benar kering dengan menggunakan lap kering.setelah busi dan dudukannya benar-benar kering barulah busi dipasang kembali dan beberapa saat nyalakan motor kembali.

  1. Melakukan pemeriksaan pada saringan udara

Setelah melakukan langkah di atas namun motor tetap saja masih ngambek alias mogok, maka lakukan pengecekkan pada saringan udara. Saringan udara yang terkena atau tergenang air biasanya menjadi pemicu motor tidak bisa hidup sama sekali atau brebet. Langkah ini juga dapat diaplikasikan sebagai salah satu cara mengatasi motor matic mogok karena banjir saat berada di tengah perjalanan. Cara membersihkan dan mengeringkan saringan udara pada motor ialah dengan menutup kran saluran besin dari bagian tangki bensin pada karburator yang telah dikuras airnya lalu dikeringkan dan pasang serta gunakan kembali setelah terpasang dan kering.

Baca Juga  Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring
  1. Lakukan pemeriksaan pada knalpot motor

Tetap mengendarai motor di kala ada genangan air akibat banjir seringnya membuat knalpot terisi oleh air melalui lubang bagian belakang knalpot. Masuknya air pada knalpot yang seharusnya selalu berada dalam kondisi kering dapat membuat motor menjadi mogok karena kinerja mesin tak berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diatasi dengan cara menggunakan standar dua pada motor lalu coba keluarkan air melalui lubang knalpot belakang. Cara mengeluarkannya yakni dengan memposisikan motor lebih rendah bagian belakangnya sampai air mengucur keluar. Tetesi knalpot dengan oli setelahnya supaya tidak terjadi karat.

  1. Lakukan pengecekan pada oli motor

Jika memaksakan motor untuk tetap menerjang genangan air banjir dapat membuat air tersebut merembes masuk hingga pada oli. Oli yang bercampur dengan air dapat membuat masalah serius pada kinerja mesin dan menyebabkan kerusakan permanen. Untuk itu, segera cek kondisi oli setelah melewati genangan air tinggi dengan cara membuka tutup oli lalu masukkan lidi dan lihat apakah tekstur oli bercampur dengan air atau tidak. Jika oli bercampur dengan air, segera ganti dengan oli baru supaya kinerja mesin tidak terganggu.

  1. Periksa kelistrikan

Cara selanjutnya adalah memeriksa kelistrikkan pada motor. Pengecekkan ini dilakukan dengan memeriksa setiap kabel yang terdapat pada motor dan pada jalur mesin motor tersebut apakah ada yang terputus atau terkelupas. Apabila terdapat kabel yang lecet, keringkan terlebih dahulu dengan kain kering lalu bungkus dengan isolasi kertas.

  1. Tetap tenang dan berusaha menghindari

Cara yang terakhir ialah tips yang paling penting karena berasal dari diri sendiri. Untuk menghindari motor mogok, ketika sudah mengetahui jika di depan terdapat genangan yang disebabkan oleh banjir, sebaiknya lakukan putar balik atau melewati alur jalan yang lainnya. Jika memang dipaksakan untuk melewati jalan tersebut, kemudikan motor dengan ekstra hati-hati.

Baca juga: Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring

Demikianlah beberapa cara dan tip untuk mengatasi motor yang mogok karena banjir yang mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara Membuat Motor Lebih Cepat Dengan Biaya Murah

Pencarian google:

  • cara membuat montor menjadi mogok
  • Mengapa air yang tercampur pada oli motor dapat mengakibatkan mogok
Loading...