Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Hanya 5 Menit

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri – Hal paling menyebalkan bagi pemilik kendaraan adalah ketika ban motor yang dikendarainya bocor. Bocor bisa disebabkan paku, batu, ataupun benda tajam lainnya yang menusuk daging ban. Kalau misal bocornya pas tepat ditempat ramai, pasti tidak akan membawa kecemasan sipemilik kendaraan, namun bila ditempat yang jauh dari pemukiman, pasti akan menjadi masalah besar. Pada kesempatan ini admin ingin membagikan tips cara menambal ban tubeless dengan sangat mudah sekali. Ternyata cara ini pun bisa dilakukan oleh siapapun, karena apa? tidak perlu repot repot copot ban dulu.

Sebelum itu anda harus memiliki alat-alat tambal ban tubeless, nama lainnya yaitu tire repair kitUntuk mendapatkan tire repair kit anda bisa membeli di toko ban atau bengkel motor terdekat. Atau bisa juga membeli ditoko online. Untuk harganya sendiri relatif murah berkisar di angka 30 ribu rupiah. Kurang lebih alat alatnya seperti dibawah ini:

Untuk pemeblian 1 set, biasanya bukan pisau, namun mendapatkan cutter. Selain tire repair kit, anda juga memerlukan pompa udara untuk mengisi angin ban ketika sudah selesai ditambal. Bila anda sudah memiliki kelengkapan diatas, anda sudah bisa menambal ban tubeless sendiri

Berikut ini Cara Tambal Ban Tubelles Sendiri Hanya 5 Menit

Cabut paku/benda tajam yang menusuk ban.

Cara tembal ban tubeless sendiri part9

Pertama yang harus anda lakukan ialah, mencari paku atau benda tajam yang tertancap diban. Untuk mengentahui keberadaan paku atau benda tajam pada ban, anda bisa memompa ban sekeras mungkin. Ketika ada bunyi ssssssss disitulah letak lobang dan benda tajamnya. Untuk memasitkan bahwa lobang pada ban hanya 1 di titik temu paku atau benda tajam yang tertancap, sebaiknya anda melakukan pengecekan kembali ban dengan menyiramnya dengan air yang sudah dicampur dengan shampo atau sabun

Perlebar luka ban

Cara tembal ban tubeless sendiri part6

Setelah menemukan lobang pada ban, langkah yang harus anda ambil yaitu memperbesar lobang ban dengan alat yang berbentuk seperti pada gambar. Jangan takut kalau ban akan rusak, memang proses sebelum penambalan ban tubeless seperti itu. Setelah itu kempeskan ban hingga angin habis. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pada waktu pemasukkan timbal/karet khusus untuk menutupi lobang ban.

Pasang timbal

Cara tembal ban tubeless sendiri part4

Cara tembal ban tubeless sendiri part5

Sebelum itu, anda harus memasang karet penambal ban kedalam jarum tusuk tambal ban, bisa nada perhatikan pada gambar. Untuk melalukan penusukan pada ban, tidak boleh terlalu lama. Anda harus mempunyai tenaga yang cukup untuk memaksa jarum dan timbal/karet khusus tambal bisa masuk dengan sempurna. Proses ini bisa dikatakan berhasil ketika ujung jarum sudah msuk ke lobang ban hingga membawa timbal ke dalam ban. Setelah itu jangan langsung ditarik, pompa ban sekeras mungkin, lalu cabut jarum secepat mungkin.

Potong sisa timbal

Cara tembal ban tubeless sendiri part10

Potong sisa timbal yang tersisa, hal ini bertujuan agar penampakan ban lebih rapi.

Cara tembal ban tubeless sendiri part3

Sampai disini proses penambalan ban tubeless telah selesai. Hal yang dapat anda lakukan selanjutnya yaitu mengatur tekanan angin pada ban, sebelum kendaraan digunakan kembali.

Baca juga:

Untuk anda yang sering berjalanan jauh, saya sarankan untuk menggunakan ban tubeless dan memiliki tire repair kit. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Demikian artikel dengan judul Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Hanya 5 Menit admin buat, semoga bermanfaat

/ins>

You might also like More from author