8 Cara Mudah Membuat Motor Lebih Kencang Tanpa Bore Up

0

Cara Membuat Motor Lebih Kencang – Pecinta motor terutama anak muda, kurang lengkap rasanya bila mempunyai motor namun belum dimodifikasi speednya, saya tidak tahu itu anggapan dari siapa, mungkin kalian ada yang pro dan kontra. Dalam memofikasi sebuah motor tentunya kita tidak hanya ditunjukan pada desain atau bodi motor, namun juga terhadap mesin motor. Pemodifan motor tentunya juga tergantung selera masing-masing pengendara, ada yang ingin meng upgrade kedua sisi yaitu body dan mesin dan ada juga yang hanya merobak mesin, namun bodi masih standar, agar kelihatan biasa aja gitu ya, tapi pas digeber orang disamping pada liatin ūüėÄ

cara membuat motor lebih kencang

Untuk kamu yang saat ini ingin membuat motor nya lebih kencang, ada 2 pilihan. Pilihan pertama anda membore up mesin dan upgrade pengapian yang tentunya harus dilakukan oleh seorang ahli atau pilihan kedua yaitu mengganti beberapa komponen sederhana motor yang dapat dilakukan sipemilik motor. Kalau kamu mau bore up mesin jangan lanjutkan membaca artikel ini.

Nah bagaimana si cara membuat motor itu bisa lebih kencang, motor dengan cc 110 namun bisa ngejar yamaha n max, mungkin tidak, atau motor cc 110 bisa ngejar yamaha xabre? bisa saja. Untuk mendapatkan tenaga yang luamayan besar tersebut tanpa upgrade / bore up mesin, anda harus merubah beberapa komoponen berikut ini:

  1. Karburator
  2. CDI
  3. Gear untuk motor gigi
  4. V-belt Racing untuk motor matic
  5. Pertamax
  6. Oli
  7. Busi racing
  8. Ganti Noken Racing

8 Komponen di atas tidak harus semua kamu ganti, namun dengan memperhatikan ke 8 komponen di atas, dan mampu untuk merubah, maka kecepatan atau tenaga motor akan bisa lebih bagus. Ada 3 tipe pengendara yang suka dengan motor tenaga besar.

  • Tipe pertama, Pengendara suka dengan tenaga besar di awal
  • Tipe kedua, Pengendara lebih mengedepankan speed daripada power diawal
  • Tipe ketiga, ingin tenaga besar diawal dan speed

Untuk mendapatkan hasil maksimal tipe ketiga, tidak akan bisa terjadi bila menggunakan cara yang ingin saya bagikan ini. Oke penjelasannya langsung saja ya, kenapa harus merubah 8 komponen yang tadi saya sebutkan di atas.

Karburator

Seperti pada fungsinya, karburator adalah komponen penyaluran bahan bakar dari tanki ke mesin yang dikompres menjadi uap. Untuk kamu yang tidak ingin mengganti karburator, kamu bisa setting sedikit, buat kompresi udara lebih sedikit, dan besarkan pasokan bahan bakar yang masuk. Tapi harus tetap memperhatikan kestabilan hidup motor ketika dihidupkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih top cer, coba ganti karburator RX king atau PE. Untuk jenis motor dengan cc 110 sampai 125, gunakan jenis karburator PE28. Baca harga karburator king baca juga harga karburator PE28

CDI

CDI atau Capacitor Discharge Ignition berfungsi sebagai pengatur pengapian di kendaraan, kendaraan disini bisa mobil dan motor. CDI yang terpasang di motor standar biasanya memiliki batasan ruang pengelolaan api yang akan disalurkan ke mesin, sehingga CDI buatan pabrik tidak dapat memberikan pengapian yang maksimal. Untuk kasus CDI, kamu sebaiknya tidak perlu mengotak atik, lebih baik langsung membelinya dengan CDI racing, beberapa CDI racing rekomendasi saya ialah CDI brt, CDI hyperbrand, CDI F-Tech, dan CDI rector. Kunnggulan menggunakan CDI racing, kita bisa mengatur seberapa besar tenaga yang akan dihasilkan oleh motor. Maksudnya disini adalah ketika kita memilih speed motor mencapai 150 bukan berarti motor larinya akan segitu, namun api yang dihasilkan dari CDI tersbut bisa menyuplai sampai kecepatan 150 km/jam

Gear untuk motor gigi

Bila kamu belum mengganti kedua komponen diatas, kamu tidak akan merasakan perbedaan sama sekali dengan merubah gear motor. Untuk kamu yang suka dengan kecepatan, ganti gear depan dengan mata 15 keatas, dan gear belakang ganti dengan mata gear 37 kebawah. Untuk kamu yang suka dengan tenaga, ganti gear depan dengan mata 14 kebawah, dan ganti gear belakang dengan mata 40 keatas.

V-belt Racing untuk motor matic

Sama halnya dengan gear tadi , bila kamu belum meng upgrade karburator dan CDI akan percuma bila melakukan penggantian di bagian ini. Perbedaan belt standar dan racing adalah lebar dari belt racing lebih lebar ketimbang yang standar, dan jumlah mata lebih sedikit dibandingkan dengan yang original / standar. Dengan volume yang lebih lebar, memungkinkan belt racing lebih menggigit ketika menerima tarikan dari mesin, sehingga sangat minim sekali terjadi selip saat tenaga tinggi.

Pertamax

Gunakan bahan bakar pertamax untuk mendapatkan emisi pembakaran yang sempurna, selain dapat menjadikan motor lebih kencang, pertamax juga membuat mesin motor lebih awet, terutama pada bagian blog dan piston. Hal ini dikarenakan pembakaran pertamax tuntas habis tidak seperti penggunakan bensin atau yang sekarang kita sebut premium.

Oli racing

Ganti oli motor standar dengan oli racing, perbedaan terdapat pada kekentalan oli. Oli racing memiliki kekentalan lebih sedikit sehingga mesin motor yang menggunakan oli racing akan sangat ringan untuk memutarkan komponen gear dalam mesin. Masalahnya, anda harus lebih sering mengganti oli bila menggunkan pelumas racing. Oli racing rekomended dari admin adalah milik shell. Baca harga oli shell

Busi racing

Komponen selanjutnya yang bisa membuat motor lebih kencang yaitu busi motor racing, perbedaan busi motor standar dan racing terletak pada percik pengapian dan katup melengkungnya, bila racing memiliki daya api lebih besar dan katup lengkung biasanya 2 atau max 3. Bila kamu hanya ingin membuat tarikan motor lebih enak pada, kamu bisa mencoba untuk mengganti busi racing. Untuk harganya sendiri sekitar 100 ribu saja.

Noken racing

Ini sedikit membongkar mesin, namun tidak sedikitpun melukai mesin, beda halnya dengan bore up yang hampir membelah komponen mesin motor/dibesarkan semua. Noken racing bisa dibuat sendiri dan bisa langsung beli. Untuk hasil yang sudah pasti, sebaiknya kamu langsung beli noken racing saja. Perbedaan setelah menggunakan noken racing pada motor standar adalah, tarikan motor menjadi lebih ringan, napas motor akan lebih panjang, dan tentunya bensin motor akan sedikit lebih boros.

Dengan mengganti beberapa komponen saja, kamu bisa merasakan perbedaan tenaga motor. Cara ini dapat dilakukan untuk siapapun pengguna motor, karena tidak akan merusak komponen lain pada motor. Nah itu saja artikel tentang cara membuat motor lebih kencang.

/ins>

You might also like More from author