Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring

Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring –  Jalan jalan menjadi salah satu kegiatan melepas penat dimana hampir setiap saat kita ditemukan dengan tugas tugas yang tanpa ada ujungnya. Bagi pencinta sepeda motor, touring merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi touringnya menggunakan motor kesayangan. Namun sebelum bepergian jauh, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh bikers, mulai dari kondisi fisik pengendara maupun kesehatan pada kendaraan yang ingin dipakai untuk touring.

tips cek motor sebelum touring

Admin iocom sudah merangkum beberapa hal yang harus dilakukan terkait pemeriksaan kesehatan kendaraan sebelum touring. Pasalnya masih banyak pengendara touring yang tidak memperhatikan hal ini, langsung tancap gas saja.

Berikut ini Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring

Kondisi Ban

Hal yang paling utama yang wajib anda cek adalah kondisi roda, berkenaan dengan roda, anda harus melihat tekanan angin, jari jari roda, dan tidak lupa adalah batang / poros roda. Apabila tekanan angin kurang, sebaiknya di tambah lagi. Untuk tekanan angin sendiri, menyesuaikan jenis ban yang dipakai dan untuk berapa orang berkendara dalam 1 motor. Kondisi poros juga menjadi hal paling penting, walaupun dalam hal ini jarang sekali ditemukan kesalahan, tapi jangan sampai menyesal dikemudian hari. Harus tetap dicek.

Baca Juga  8 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dan Tidak Mudah Kena Tipu

Kondisi Rem

Rem yang baik adalah rem tidak terlalu pakem dan saat menarik atau menginjak tangkai tidak berat. Terlagi bila anda pergi menggunakan kendaraan sewa, anda harus menyesuaikan tegangan rem ke posisi nyaman anda. Selain memperhatikan kenyamanan pada rem, anda juga harus memperhatikan kampas rem. Selain itu pastikan kembali rem kendaraan anda berfungsi dengan baik, tidak ada macet maupun blog.

Kondisi Oli

Banyak bikers yang jarang sekali memperhatikan poin ini, kebiasaan hanya mengingat kapan tanggal pertama ganti olinya. Padahal oli itu kalau udah sudah encer sekali, tidak perlu ditunggu sampai tanggal ganti oli. Harus segera diganti, hal ini untuk menjaga peforma kendaraan tetap stabil. Terlebih kalau untuk kegiatan touring, oli sangat penting, karena kalau motor sempat mogok karena oli, biaya perawatan akan jauh lebih besar.

Kondisi Lampu

Lambu di sini meliputi lampu depan, belakan, lampu sein kanan kiri, dan lampu indikator pada spidometer. Banyak terjadi tabrakan akibat pengendara lengah / tidak memperhatikan lampu sein, dan lampu rem. Fungsi lampu lampu pada kendaraan sendiri sangat berguna untuk pengendara itu sendiri maupun pengendara lain. Misalnya lampu depan, membantu pengendara untuk melihat jalanan lebih jelas dimalam hari. Lamu sein membantu pengendara lain untuk berhati hati bahwa kita mau berbelok, sedangkan lampu indikator memberitahukan pemilik kendaraan tentang kendaraan yang sedang ditunggangi

Baca Juga  Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Hanya 5 Menit

Kondisi rantai bila motor manual

Gunakan pelumas rantai khusus bila ingin bepergian. Posisikan rantai motor dalam keadaan pas, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Bila gear motor sudah lancip atau mau habis, sebaiknya diganti saja, demi menjaga keamanan saat berkendara terkait dengan slip.

Peralatan

Selain menyiapkan peralatan untuk pengendaranya itu sendiri, sebaiknya juga menyiapkan peralatan kunci untuk motor. Kunci kunci yang dibutuhkan biasa kunci busi, kunci 10, kunci 12, kunci 14, kunci 17 atau disesuaikan dengan motor yang digunakan. Jangan lupa untuk membawa alat tambal ban, untuk motor yang menggunakan ban tubles beli saja 1 set tire repair kit. Baca Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri

Nah itulah Tips Cek Kondisi Motor Sebelum Touring yang bisa admin iocom bagikan. Perlu di ingat bahwa, berkendaraan jarak jauh membutuhkan kondisi pengendara maupun kendaraan yang fit. Jadi sebaiknya jangan sampai lupa memeriksa kesiapan sebelum berangkat touring. Semoga bermanfaat!!!

Pencarian google:

  • tips dan cara touring yg benar
  • touring motor
Baca Juga  Oli Terbaik Untuk Yamaha N Max
Loading...