Home » Lini Umum » Tips » Tips Mencuci Mobil Agar Cat Mobil Awet

Tips Mencuci Mobil Agar Cat Mobil Awet

Tips mencuci mobil agar cat mobil awet – Mencuci merupakan sebuah perawatan yang harus dilakukan agar penampilan mobil menjadi lebih bersih dan terlihat kinclong. Maka tak heran, jika banyak diantara kita yang mengunjungi steam pencucian karena lebih praktis dibandingkan mencuci mobil sendiri.

TIps mencuci mobil agar cat awer

Meskipun terlihat lebih praktis, mencuci mobil di tempat steam ternyata dapat membahayakan kondisi cat warna mobil Anda. Hal ini dikarenakan bahwa ada segelintir tempat penyucian (steam) yang pelayanannya abal-abal.

Di indonesia sendiri keberadaan tempat cucian mobil (steam) memang dapat dengan mudah kita jumpai dipinggir-pinggir jalan. Namun agar terhindar dari tempat cucian mobil abal-abal, pastikan Anda memilih steam mobil yang memiliki pelayanan baik terhadap mobil kesayangan Anda. Tujuannya agar warna cat pada mobil tetap terjaga dan lebih awet.

Utamakanlah Mencuci Mobil Sendiri Agar Warna Cat Mobil Lebih Awet

Jika Anda ingin lebih aman dalam mencuci mobil, disarankan untuk memilih mencuci mobil sendiri. Tapi lain cerita jika Anda ingin membersihkan bagian bawah mobil yang kotor akibat tanah atau lain-lain, maka tak salah apabila Anda mengandalkan bantuan ke tempat steam pencucian mobil.

Tips mencuci mobil agar cat mobil awet

Langkah-langkah dalam mencuci mobil agar cat mobil awet adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum tempur dengan sejumlah peralatan dan juga sabun, pastikan Anda terlebih dulu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel menggunakan air. Caranya Anda dapat menyemprotkan air ke bagian body lalu mengusap-ngusapnya perlahan dengan tangan kosong. Jika terdapat noda keras atau debu kering, maka cara menghilangkannya cukup menyemprotkan air sampai noda atau kotoran tersebut luntur dengan sendirinya.
  2. Setelah kondisi body mobil terlihat bersih dan sudah tidak ada lagi kotoran yang menempel, maka selanjutnya adalah menyiapkan 1 buah ember berisi air yang sudah Anda campurkan dengan sabun/shampo khusus mobil.
  3. Gunakan spon khusus mencuci mobil untuk mulai mengosok-gosok setiap sisi body mobil. Mulailah mencuci dari bagian atas lalu bagian samping, depan, dan belakang. Setiap mengosok bagian permukaan mobil, pastikan spon yang Anda gunakan diperas secara berkala. Khusus mengosok bagian kaca, pastikan spon yang Anda gunakan berbahan dasar halus sehingga tidak menimbulkan goresan.
  4. Bilas terlebih dahulu bagian permukaan mobil yang sudah Anda gosok dengan sabun. Jangan terlalu lama dalam membilas bagian body, karena dikhawatirkan zat yang ada pada sabun akan masuk ke pori-pori cat dan akan merusak warna cat.
  5. Setelah semua bagian sisi mobil Anda bilas, maka usahakan posisi mobil berada pada cuaca yang tidak terlalu panas. Misalnya saat pagi atau sore hari. Jangan lupa untuk mengeringkan permukaan body yang basah menggunakan canebo lembut, lap secara horizontal atau vertikal sampai body benar-benar kering.
  6. Mencuci ban mobil. Gunakan shampo khusus ban mobil agar hasilnya menjadi bersih dan kinclong. Mulailah mengosok-gosok bagian dalam ban dengan lap bekas sambil menyiramkan air, kemudian disusul dengan menyikat ban.

Dengan menerapkan tips yang admin berikan, diaharapkan pemilik mobil tidak gelisah akibat body cat mobil yang rusak, akibat salah dalam proses pencuian. Demikain artikel Tips Mencuci Mobil Agar Cat Mobil Awet, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut: Shampo Mobil Yang Tidak Merusak Warna Cat

Notes : Anda bisa membeli sikat, spon atau shampo mobil pada toko-toko aksesoris mobil atau toko cat di daerah terdekat Anda.