Harga New Kawasaki KLX 150 BF SE, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

0

Kawasaki KLX 150 BF SE – Dewasa ini motor dengan label off – road semakin digandrungi para pecinta otomotif utamanya para muda yang gemar berpetualang. Memang, performa dan desain motor off – road dinilai pas dan cocok untuk berkendara di segala medan terutama saat digunakan untuk naik gunung, atau di jalanan tanah yang becek, bergelombang, dan tidak rata. Melihat fakta di atas, para perusahaan otomotif pun tak tinggal diam. Mereka berlomba – lomba menunjukkan eksistensinya dengan memproduksi motor berlabel off – road untuk menarik hati para konsumen. Salah satu perusahaan yang cukup diperhitungkan dalam produksi motor off – road ini adalah Kawasaki. Setelah sukses dengan Kawasaki KLX 150L – nya, kini perusahaan asal Jepang tersebut kembali merilis motor off – road garang terbarunya yang diberi nama Kawasaki KLX 150 BF. Penasaran berapa harga dan bagaimana detail spek nya? langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Review Spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150 BF SE

Kawasaki KLX 150 BF SE

Kawasaki KLX 150 BF adalah motor terbaru besutan Kawasaki yang merupakan lanjutan dari Kawasaki KLX series. Setelah motor sebelumnya dari seri KLX yakni Kawasaki KLX 150 L sukses di pasaran, kini Kawasaki kembali optimis Kawasaki KLX 150 BF juga akan diserbu konsumen karena dipastikan memiliki spesifikasi yang lebih update dan harganya pun sudah pasti terjangkau. Meskipun Kawasaki telah memastikan bahwa Kawasaki KLX 150 BF nya kali ini bakal lebih update dari seri sebelumnya, namun sebaiknya anda jangan terlalu berharap besar karena jika dilihat secara keseluruhan, upgrade pada Kawasaki KLX 150 BF ini tidak terlalu signifikan dari seri sebelumnya KLX 150 L.

Kawasaki sendiri memproduksi motor terbarunya kali ini dalam dua versi, yakni Kawasaki KLX 150 BF reguler atau biasa dan Kawasaki KLX 150 BF versi SE (Special Edition). Dengan adanya label Special Edition, tentunya motor ini akan memiliki sedikit perbedaan fitur dan performa dari versi biasanya.

Desain Kawasaki KLX 150 BF SE

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang motor Kawasaki KLX 150 BF, sekarang waktunya kita untuk  menelusuri secara detail terkait bagian luar atau eksterior dari motor terbaru Kawasaki. Pertama di bagian depan, di sini kita dapat melihat sebuah headlamp yang terpasang epik dengan rancangan modern dan sporty. Hal ini bisa dilihat dari desain headlamp yang tajam dan terkesan sipit yang menambah kesan garang dari motor laki ini. Di bagian samping kanan dan kiri headlamp, tak lupa Kawasaki juga mamasang lampu sein yang dirancang dan didesain sedemikian rupa sehingga menampakkan visual yang garang dan gagah dari motor Kawasaki KLX 150 BF ini. Dari depan, kita beralih ke bagian samping kendaraan. Di sini dapat kita lihat bodi yang memiliki bentuk memanjang, lebih panjang dari versi sebelumnya Kawasaki KLX 150 L. Selain itu di bagian ini juga tampak susunan mesin khas motor off – road yang dirangkai sedemikian rapi sehingga menampakkan motor ini semakin ganas di jalanan. Tidak berhenti sampai disitu, kegagahan motor ini juga turut didukung dengan adanya lekukan – lekukan striping halus yang memanjang dari depan ke belakang. Selain itu, ada juga tangki bahan bakar berkapasitas 6,9 liter yang terpasang di bagian depan jok. Dimana dengan kapasitas ini, kiranya sudah cukup untuk bagi pengendara untuk menempuh perjalanan jauh baik itu untuk medan berat seperti hutan atau menanjak di pegunungan.

Di bagian buritannya, motor Kawasaki KLX 150 BF ini juga sudah terpasang secara simetris dua buah stoplamp yang menambah kesan stylish dan modern khas motor off road. Spesifikasi bodi yang sama juga terdapat pada motor Kawasaki KLX 150 BF Special Edition. Hanya saja motor versi prime dari Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki warna yang lebih bagus yaitu tambahan warna hitam di bagian bodi dan pelek serta sudah dilengkapi dengan fitur – fitur menarik seperti hand guard dan lain – lain. Jika dilihat secara menyeluruh, desain dan bodi Kawasaki KLX 150 BF ini tidak memiliki perbedaan jauh dengan pendahulunya, Kawasaki KLX 150 L. Bahkan di beberapa komponen masih terlihat sama, hanya saja Kawasaki KLX 150 BF memiliki bodi yang lebih panjang dan terlihat lebih lancip dari pada Kawasaki KLX150 L. Namun kendati tidak berbeda jauh dari seri sebelumnya, overall desain dan bodi Kawasaki KLX 150 BF tetap terlihat modern, garang dan tentunya stylish khas motor petualang.

Dimensi Kawasaki KLX 150 BF SE

Lagi – lagi di sisi dimensi Kawasaki KLX 150 BF tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pendahulunya yaitu Kawasaki KLX 150 L. Hal ini bisa dimaklumi mengingat dimensi ini seakan sudah menjadi ukuran paten dari sebuah motor off road yang digunakan untuk medan – medan berat dan menanjak. Untuk dimensinya sendiri, Kawasaki KLX 150 BF memiliki panjang 2.070 mm, lebar 825 mm, dan tingginya 1.155 mm dengan jarak antar sumbu rodanya mencapai 1.340 mm. Sedangkan untuk beratnya sendiri, Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki bobot 118 kg. Jika melihat data di atas, dapat disimpulkan bahwa motor Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki dimensi yang ramping, pipih dan tentunya sangat ringan yang membuat motor ini dapat beramanuver dengan stabil dan ringan tanpa kendala berarti.

Selain itu, keunggulan lain dari motor Kawasaki KLX 150 BF ini adalah angka ground clearance – nya yang tinggi, yaitu mencapai 295 mm. Hal ini tentu membuat motor Kawasaki KLX 150 BF mampu melewati berbagai kondisi jalan. Mulai dari berbatu, menanjak, berlubang sampai berlumpur sekali pun. Namun sayangnya pihak Kawasaki tidak mengumumkan secara resmi perihal ketinggian jok dari motor Kawasaki KLX 150 BF ini. Namun jika dilihat dari foto yang beredar, Kawasaki KLX 150 BF akan memiliki jok yang cukup tinggi dan hanya mampu dijangkau oleh orang dewasa. Jadi kemungkinan motor ini hanya cocok bagi orang dewasa yang sudah berpengalaman. Meskipun memiliki jok yang tinggi, anda tak perlu khawatir karena ketika bermanuver, dapat dipastikan motor terbaru garapan Kawasaki ini akan tetap stabil dan ringan.

Jika dilihat secara keseluruhan rancangan rangka dimensi motor Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki banyak perbedaan dengan motor dari segmen – segmen lain. Hal ini wajar karena motor segmen off – road adalah motor yang dirancang khusus untuk dapat melewati medan – medan berat seperti tanjakan pegunungan, jalanan berlumpur, berlubang, bergelombang dan tentunya untuk kondisi aspal normal.

Ini bisa dilihat dari desain memanjang, pipih, dan ringan pada motor off – road. Berbeda dengan motor sport yang memiliki bodi lebih besar dan bobot yang lebih berat.

Kombinasi Panel Instrumen Kawasaki KLX 150 BF SE

Setelah mengetahui detail dari eksterior motor Kawasaki KLX 150 BF ini, sekarang kita beralih ke sektor panel instrumen indikator. Seperti pada sektor – sektor sebelumnya, sektor panel indikator pun tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan versi sebelumnya Kawasaki KLX 150 L. Secara detail, kita bisa melihat bahwa pihak Kawasaki telah menanamkan panel indikator dengan desain minimalis namun tetap modern dan stylish. Hal ini bisa dilihat dari kombinasi model analog dan digital yang menambah kesan ekslusif dari motor off – road ini. Seperti biasa, panel instrumen indikator Kawasaki KLX 150 BF ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni kanan, kiri, dan tengah. Di bagian kanan, ditampilkan informasi mengenai kecepatan motor yang disajikan dalam bentuk spedometer analog lengkap dengan jarum penunjuknya. Satuan kecepatan yang digunakan disini adalah km/jam, satuan yang mudah dimengerti oleh orang Asia khususnya Indonesia. Sedangkan di bagian indikator kiri dan tengah motor Kawasaki KLX 150 BF ini ditampilkan informasi mengenai kapasitas bahan bakar yang ada pada tangki, indikator lampu sein yang menyala, indikator tingkat transmisi, dan lampu tembak. Jika dilihat secara keseluruhan panel indikator motor ini terbilang cukup lengkap dengan desain yang sangat modern. Hal ini membuat pengendara dapat memegang kendali penuh atas motor yang dikendarainya dengan tampilan indikator yang enak dilihat.

Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 BF versi Special edition, panel indikator motor ini tidak memiliki perbedaan. Semuanya mirip dengan versi BF nya.

Mesin Tipe SOHC 2

Garangnya tampilan luar yang dimiliki motor Kawasaki KLX 150 BF tentu tak lengkap kalau tidak diimbangi dengan performa mesin yang jempolan. Nah, untuk mengetahui performa spesifik dari Kawasaki KLX 150 BF ini, mari kita bedah satu per satu sektor dapur pacu motor terbaru besutan Kawasaki tersebut. Seperti yang kita ketahui, Kawasaki KLX 150 BF adalah motor yang mengusung segmen off – road dan tentunya membutuhkan mesin yang memiliki tenaga tinggi untuk menembus medan – medan berat off road. Untuk itu, motor Kawasaki KLX 150 BF ini telah dibekali dengan mesin tipe SOHC yang memiliki 2 katup 4 dengan 4 langkah (tak) pembakaran berkapasitas 144 cc. Mesin ini memiliki diameter x langkah 58 x 54.4 mm dan perbandingan kompresi 9.5 : 1. Dengan spesifikasi mesin tersebut, Kawasaki KLX 150 BF mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar, yaitu 12 Ps (8.6 kW) pada putaran mesin 8000 rpm dan mampu mencapai maksimal torsi 11.3 Nm pada putaran mesin 6500 rpm.

Perlu anda ketahui kalau performa powerfull yang dihasilkan motor terbaru Kawasaki ini tak lepas dari dukungan sistem pembakaran yang menggunakan tipe NCV24 di mana keluaran tenaga maksimal akan disalurkan melalui kaki – kaki dan transimisi 5 tingkat kecepatan. Sementara untuk Kawasaki KLX 150 BF versi Spesai Edition nya, mesin yang digunakan juga tak jauh berbeda. Motor ini tetap menggunakan tipe mesin SOHC 4 langkah pembakaran yang memiliki 2 katup berkapasitas 144 cc dengan diameter x langkahnya berukuran 58 x 54.4 mm dan perbandingan kompresi 9.5 : 1. Selain itu, Kawasaki KLX 150 BF SE ini telah dilengkapi dengan air cooled yaitu sebuah komponen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin saat mengalami overheat. Jadi anda tak perlu khawatir mesin panas meskipun digunakan untuk perjalanan yang jauh dan medan yang tidak bersahabat. Dengan spesifikasi tersebut, Kawasaki KLX 150 BF SE mampu menghasilkan tenaga yang sangat kuat, yakni mencapai 8.6 kW pada putaran mesin 8000 rpm dan torsi maksimal hingga 11.3 Nm pada putaran mesin 6500 rpm. Sama seperti versi BF nya, tenaga yang dihasilkan Kawasaki KLX 150 BF SE ini juga didukung dengan sistem pembakaran tipe NCV24 yang disalurkan melalui 5 – tingkat kecepatan transmisi.

Tenaga dan performa tinggi yang dihasilkan kedua versi dari motor Kawasaki KLX 150 BF kiranya sudah cukup untuk menerjang berbagai medan off – road yang dikenal berat dan tidak mampu dilalui motor – motor biasa.

Suspensi Kawasaki KLX 150 BF SE

Mengingat jalanan off – road merupakan jalanan yang bergelombang dan berat, kenyamanan dalam berkendara menjadi keutamaan setiap motor segmen off – road tak terkecuali Kawasaki KLX 150 BF ini. Perlu anda ketahui bahwa Kawasaki KLX 150 BF baik versi biasa atau pun versi special edition telah dibekali dengan suspensi yang kokoh dan empuk yang membuat motor sangat stabil dan berkendara jadi nyaman meskipun jalan yang dilalui sangat buruk. Di bagian depan, Kawasaki KLX 150 BF mengandalkan suspensi tipe Inverted Forks 35 mm yang memang khusus digunakan untuk motor off – road. Sedangkan di bagian belakang motor ini juga telah dibenamkan suspensi Uni – Trak with adjustable Preload yang terkenal sangat nyaman dan kokoh. Kombinasi dua suspensi kokoh dan canggih tersebut diklaim mampu memberikan kenyamanan berkendara maksimal karena suspensi ini mampu meredam setiap getaran dan guncangan yang terjadi pada motor akibat kondisi jalanan yang berat. Selain kenyamanan, Kawasaki KLX 150 BF juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang bagus. Untuk pengereman belakangnya saja motor ini telah menggunakan teknologi rem Single – piston 190 mm yang terhubung pada ban berukuran 4.10 – 18 59 P. Sedangkan untuk sistem pengereman depannya motor Kawasaki KLX 150 BF ini menggunakan Single petal disc Twin – piston 240 mm yang dihubungkan dengan ban berukuran 2.75 – 21 46 P.

Kombinasi rem yang sangat pas untuk motor off – road sehingga pengendara mampu mengendalikan kecepatan motornya secara leluasa dengan keadaan jalan yang bergelombang, berlubang, atau menanjak.

Fitur Kawasaki KLX 150 BF SE

Selain memiliki performa dapur pacu maksimal dan desain eksterior yang garang, Kawasaki KLX 150 BF ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan khas motor off road yang pastinya menunjang performa motor terbaru dari Kawasaki ini. Sebagan fitur berikut ini memang telah kami bahas di poin – poin sebelumnya, namun untuk mempertegas kelebihan motor Kawasaki KLX 150 BF ini, berikut kami bahas secara khusus untuk anda. Pertama Kawasaki KLX 150 BF baik versi reguler maupun spesial edition telah dilengkapi dengan suspensi berteknologi tinggi yaitu Inverted Fork 35 mm dan Uni – Trak di bagian belakang yang jarang kita temui pada motor – motor segmen lain. Dengan dukungan suspensi ini anda tak perlu lagi khawatir saat melewati medan bergelombang karena dipastikan motor akan tetap stabil dan nyaman. Namun untuk masalah keseimbangan semua tergantung skill anda dalam berkendara off – road. Kedua untuk menunjang keselamatan Kawasaki telah menanamkan fitur pengereman single petal disc yang memudahkan pengendara mengendalikan kecepatan dari motornya. Namun sayangnya sistem pengereman ini belum didukung dengan teknologi ABS seperti yang ada pada motor – motor sport kebanyakan. Meski begitu agaknya kekurangan ini tidak terlalu terasa mengingat Kawasaki KLX 150 BF adalah motor yang diproyeksikan untuk jalanan berat, bukan aspal perkotaan.

Sementara itu panel instrumen indikator motor ini juga terbilang cukup baik dengan desain kombinasi analog dan digital yang stylish memberikan kendali penuh pada pengendara atas motornya. Dengan tampilan indikator yang lengkap anda dapat mengetahui keadaan motor secara detail saat motor dihidupkan. Selanjutnya untuk masalah kelistrikan, Kawasaki KLX 150 BF ini masih menggunakan tipe yang sama seperti motor pendahulunya Kawasaki KLX 150 L. Yaitu menggunakan DC – CDI.

Khusus untuk Kawasaki KLX 150 BF Spesial Edition, motor ini memiliki beberapa fitur khusus yang tidak dimiliki Kawasaki KLX 150 BF biasa. Diantaranya hand guard yang siap melindungi tangan dari benturan serta melindungi tuas rem agar tidak rusak saat motor terjatuh atau terbentur benda keras. Selain itu Kawasaki KLX 150 BF SE ini juga telah dilengkapi dengan Engine Guard yang melindungi mesin dari paparan suhu luar serta benturan. Selain itu Engine Guard ini juga berguna untuk membatasi kaki pengendara dengan mesin sehingga suhu panas pada mesin tidak akan terkena kaki. Jadi ketika anda berkendara untuk jarak yang jauh dan kondisi jalan yang tidak normal, anda tak perlu lagi khawatir kaki akan terasa panas karena Engine Guard pada Kawasaki KLX 150 BF Spesial Edition ini telah membatasi kaki anda dengan mesin. Pihak Kawasaki juga memberikan beberapa kelebihan lain pada motor Kawasaki KLX 150 BF Special Edition nya, yaitu pilihan warnanya yang lebih stylish serta velg nya yang juga berwarna sehingga menambah kesan garang dari motor petualang Kawasaki KLX 150 BF SE ini.

Harga Kawasaki KLX 150 BF SE

Nah, melihat desain sporty dan mesin performa tinggi dari Kawasaki KLX 150 BF ini, mungkin anda bertanya – tanya berapa harga dari Kawasaki KLX 150 BF. Nah, seperti yang telah kami sebutkan di awal, Kawasaki KLX 150 BF tidak akan dibanderol dengan harga yang terlalu mahal. Jadi dapat dipastikan Kawasaki KLX 150 BF masih bisa dijangkau untuk kalangan menengah. Perlu juga anda ketahui bahwa Kawasaki KLX 150 BF SE akan dibanderol lebih mahal dari versi biasanya. Hal ini dikarenakan Kawasaki KLX 150 BF Special Edition memiliki fitur yang tidak dimiliki pada Kawasaki KLX 150 BF versi reguler. Dilansir dari situs resmi Kawasaki Indonesia, Kawasaki KLX 150 BF versi reguler akan dibanderol dengan harga Rp. 30.900.000,- sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 BF Spesial Edition akan dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi, yakni Rp. 32.500.000,-.

Sebuah harga yang pantas mengingat performa tinggi yang dimiliki motor serta desainnya yang sangat garang. Harga yang kami cantumkan di atas adalah harga untuk wilayah On The Road Jabodetabek. Untuk wilayah kota lain kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi. Sekian review mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150 BF (Special Edition), yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang mengincar motor off-road terbaik dengan berbagai fitur yang mumpuni. Baca juga artikel review lain Kawasaki Versys-X 250 dan Suzuki Burgman 400 ABS serta Spesifikasi dan Harga Kawasaki ZX-10R

/ins>

You might also like More from author