Home » Review » Harga New Kawasaki Versys – X 250 & Spesifikasi Lengkap 2017

Harga New Kawasaki Versys – X 250 & Spesifikasi Lengkap 2017

Kawasaki Versys – X 250 – Salah satu perusahaan otomotif raksasa asal Negeri Sakura, yaitu Kawasaki memang di kenal sebagai perusahaan yang gemar memproduksi motor – motor gede dengan kapasitas cc tinggi yang kwalitasnnya bisa di andalkan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya produk Ninja Series dari Kawasaki yang mampu merajai pasar motor gede di Indonesia atau bahkan di dunia. Hal ini bukannya tanpa alasan, motor gede produksi Kawasaki memang dikenal memiliki desain garang dan performa maksimal. Identitas Kawasaki sebagai produsen motor gede semakin dipertegas dengan dirilisnya motor terbaru mereka yang bertajuk Kawasaki Versys – X 250 baru-baru ini. Kawasaki Versys – X 250 sendiri pertama kali diperkenalkan kepada publik pada ajang EICMA 2016 dan secara resmi dirilis ke Tanah Air tepat tiga minggu setelahnya. Lalu bagaimanakah spesifikasi dan harga Kawasaki Versys – X 250? Nah, buat anda para pecinta moge, tentunya wajib membaca review singkat yang kami bagikan berikut ini.

Review Spesifikasi dan harga Kawasaki Versys – X 250

Kawasaki Versys – X 250

Kehadiran Kawasaki Versys – X 250 berlabel motor adventure ini memang sudah ditunggu – tunggu oleh para pecinta otomotif di Tanah Air khususnya bagi mereka yang hobi touring. Apalagi jika melihat fakta bahwa dua motor adventure Kawasaki sebelumnya yakni Versys 1000 dan Versys 650 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dan tentunya harganya lebih mahal. Dengan hadirnya Kawasaki Versys – X 250 ini, tentunya masyarakat bisa mendapatkan motor adventure dengan kapasitas mesin yang pas, performa maksimal dan tentunya harga yang tidak terlalu mahal. Kawasaki menawarkan dua tipe berbeda pada motor adventure terbarunya kali ini, pertama Kawasaki Versys – X 250 City dan kedua Kawasaki Versys – X 250 Tourer. Kedua tipe ini tentu berbeda dimana Kawasaki Versys – X 250 Tourer memiliki kelebihan fitur canggih tersendiri. Sedangkan Kawasaki Versys – X 250 tampil lebih polos dengan desain yang ramping karena tidak terdapat fitur – fitur seperti yang ada pada Kawasaki Versys – X 250 versi Tourer. Namun ini bukan berarti performa Kawasaki Versys – X 250 City rendah. Karena motor ini tetap dibekali dengan berbagai komponen berkelas khas motor touring dari Kawasaki.

Desain Kawasaki Versys – X 250

Setelah mengetahui gambaran sekilas tentang Kawasaki Versys – X 250 ini, sekarang mari kita kupas secara detail bagian eksterior atau tampilan luarnya. Jika dilihat dari tampilan desain, baik Kawasaki Versys – X 250 City maupun Kawasaki Versys – X 250 versi Tourer tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Di bagian depan, Kawasaki Versys – X 250 City dibekali dengan single headlamp yang dibalut dengan vocer lancip meruncing ke arah bawah yang membuat penampilan motor ini tampak sangar dari depan.

Tidak hanya garang tampilannya, single headlamp ini juga telah dilengkapi dengan lampu LED yang mampu menyala super terang ketika di malam hari. Jadi anda tak perlu khawatir ketika berkendara pada kondisi jalanan yang minim pencahayaan. Sama persis seperti Kawasaki Versys – X 250 City, Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga memiliki desain headlamp yang lancip meruncing ke bawah serta dilengkapi dengan teknologi LED yang sangat terang. Di bagian kiri – kanan lampu utama, juga tak ketinggalan dua lampu sein yang didesain cukup epik dan menyatu dengan kegarangan motor Kawasaki Versys – X 250 ini.

Karena motor adventure ini didesain untuk keperluan touring dan petualangan, di bagian atas headlamp telah terpasang wide screen yang dapat melindungi pengendara dari paparan angin secara langsung dan debu – debu yang berpotensi mengganggu penglihatan ketika berkendara. Jadi anda tak perlu khawatir terpapar angin kencang atau hujan saat melaju dengan kecepatan tinggi saat menggunakan Kawasaki Versys – X 250 baik versi City maupun Tourer. Dari depan, kita beralih ke samping.

Disini kita dapat melihat tangki bahan bakar dengan desain yang lebih ramping dari motor – motor Kawasaki lain. selain itu tangki ini juga memiliki garis bodi yang langsung menyatu dengan guratan garis fairing di samping kiri dan kanan. Khusus untuk Kawasaki Versys – X 250 Tourer, motor ini dilengkapi dengan pelindung tangan di bagian kemudi. Sementara itu kedua versi dari Kawasaki Versys – X 250 ini akan sama – sama memiliki desain jok bertingkat yang langsung menyatu antara depan dan belakangnya.

Di bagian belakang, Kawasaki Versys – X 250 telah dilengkapi dengan stoplamp yang memiliki desain modern dan futuristic (menginkuti alur bagian belakang) dimana lampu ini juga dilengkapi dengan teknologi LED. Selain itu, ada juga behel yang berfungsi untuk menempatkan box atau sebagai pegangan pembonceng. Semua komponen bagian belakang motor Kawasaki Versys – X 250 ini didesain sedemikian rupa hingga motor ini tampak gagah dan terkesan berotot.

Baik Kawasaki Versys – X 250 City maupun Versys sudah dibekali dengan engine cover yang melindungi mesin dari benturan berbahaya, suhu dari luar, dan membatasi panas dari mesin agar tidak mengenai kaki. Selain itu, kedua versi motor ini juga telah dibekali dengan air folow yang bakal memberikan keseimbangan motor serta mencegah mesin cepat panas ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Jika dilihat secara keseluruhan, Kawasaki Versys – X 250 versi City atau pun Tourer memiliki desain yang simpel namun tetap garang dan elegan untuk ukuran motor sport Adventure.

Dimensi Kawasaki Versys – X 250

Mengingat label Kawasaki Versys – X 250 adalah motor adventure, pihak Kawasaki sudah pasti mendesain motornya kali ini dengan desain yang cukup ramping nan kokoh untuk menunjang kegiatan touring anda. Selain itu, dimensi motor Kawasaki Versys – X 250 ini juga akan ditunjang dengan adanya teknologi backbone (tulang punggung) yang mampu menopang beban susunan komponen mesin pada motor canggih ini.

Sayangnya baik Kawasaki pusat maupun Kawasaki Indonesia tidak menjabarkan terkait detail dari dimensi motor terbarunya kali ini. Namun jika dilihat dari foto yang beredar, motor ini terlihat sangat nyaman jika digunakan untuk berkendara di berbagai kondisi jalan baik itu menanjak, menurun, atau bahkan bergelombang sekalipun. Hal ini tak terlepas dari desain ground clearance yang dirancang lebih tinggi dan posisi tempat riding yang baik berkat stang kemudi yang mengadopsi model handel bar berukuran panjang pada jok di posisi paling rendah dan dipisahkan oleh tangki bahan bakar. Dengan posisi ini, pengendara dipastikan tetap nyaman saat bermanuver maksimal pada berbagai kondisi jalan.

Instrumen Kawasaki Versys – X 250

Setelah puas mengupas bodi dari Kawasaki Versys – X 250, kini kita beralih ke bagian indikator kendaraan dimana kedua versi Kawasaki ini memiliki panel indikator yang tidak jauh berbeda. Baik Kawasaki Versys – X 250 versi City atau Tourer dilengkapi dengan panel indikator futuristik kombinasi analog dan digital. Perpaduan ciamik antara indikator analog dan digital ini pun dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu bagian kanan, kiri, dan juga tengah. Pada bagian indikator kanan, disini akan diberikan informasi mengenai bahan bakar, kecepatan dalam satuan km/jam, dan indikator oli. Indikator kanan ini ditampilkan dalam bentuk digital. Sementara itu di bagian kiri indikator akan ditampilkan informasi tentang pengereman ABS, lampu netral dan indikator mesin. Lalu di bagian tengah indikator Kawasaki Versys – X 250 akan mengusung model analog plus jarum penunjuk yang menampilkan informasi tentang kecepatan rpm dan indikator posisi gigi, waktu, serta jam. Selain memiliki interface yang epik dan canggih, indikator Kawasaki Versys – X 250 ini juga terbilang sangat lengkap. Dengan begini, pengemudi akan memegang kendali penuh dan lebih mudah mengatur performa motor yang sedang digunakannya.

Mesin Kawasaki Versys – X 250

Pembahasan selanjutnya kita beralih ke sektor dapur pacu dimana disini kita akan menemukan mesin berteknologi canggih khas motor gede produksi Kawasaki yang mampu menghasilkan tenaga handal. Untuk Kawasaki Versys – X 250 City, motor ini mengandalkan mesin DOHC yang memiliki 8 katup dengan 4 langkah pembakaran Parallel Twin berkapasitas kubikasi mencapati 249 cc. Dengan spesifikasi mesin ini, Kawasaki Versys – X 250 City mampu menghasilkan tenaga yang bisa dibilang luar biasa, yaitu 46 Ps serta dapat menghasilkan torsi maksimal 27.1 Nm. Dengan demikian Kawasaki Versys – X 250 City mampu memberikan manuver maksimal hanya dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu spesifikasi gahar dari mesin Kawasaki Versys – X 250 City ini juga memiliki tingkat kompresi yang cukup baik, yaitu 11.3 : 1 serta dilengkapi dengan teknologi fuel injection. Jadi motor terbaru dari Kawasaki ini dipastikan tetap irit bahan bakar meskipun memiliki performa dan tenaga yang besar.

Hal ini juga seakan menepis anggapan bahwa selama ini motor produksi Kawasaki adalah motor yang boros bahan bakar. Nah, kecepatan tinggi dari Kawasaki Versys – X 250 City ini akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 – tingkat percepatan return. Sementara itu, saudara dekatnya yakni Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Kawasaki Versys – X 250 City. Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga mampu menghasilkan tenaga dan performa maksimal khas motor petualang. Di bagian mesin, Kawasaki Versys – X 250 Tourer telah mengusung mesin tipe DOHC yang memiliki 8 katup dan 4 silinder Parallel Twin berkapasitas 249 cc. Untuk menghindarkan mesin dari kondisi overheat, mesin Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga telah dibekali dengan Liquid cooler yang siap menjaga suhu mesin tetap rendah meskipun digunakan berlama – lama dan untuk perjalanan yang jauh atau yang biasa disebut dengan touring. Mesin garang dari motor besutan Kawasaki ini diklaim mampu tenaga hingga 34 ps dan torsi maksimal mencapai 27.1 Nm. Tenaga dan performa tinggi mesin ini akan disalurkan dengan sistem transmisi 6 – tingkat percepatan return. Untuk memaksimalkan performanya, Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga dilengkapi dengan bore x stroke yang berukuran 62.0 x 41.2 mm yang mana komponen ini memiliki tingkat perbandingan kompresi yang sama seperti Kawasaki Versys – X 250 City yaitu 11.3 : 1.

Sementara untuk mengimbangi tingginya performa mesin Kawasaki Versys – X 250 Tourer ini, pihak Kawasaki tak lupa menyematkan teknologi sistem bahan bakar Fuel Injection yang berukuran 2 x 28 mm dengan dual valve throttle yang digabungkan dengan sistem pengapian digital yang diklaim mampu menekan penggunaan bahan bakar seminimal mungkin tanpa sedikit pun mengurangi performa motor itu sendiri. Jika dilihat dari sektor dapur pacu ini, dapat disimpulkan kedua versi motor ini memiliki performa dan tenaga yang hampir sama.

Suspensi Kawasaki Versys – X 250

Mengingat Kawasaki Versys – X 250 baik dari versi City maupun Tourer memiliki performa dan kecepatan tinggi, tentunya Kawasaki juga memperhatikan kenyamanan dan keamanan para penggunanya saat berkendara. Hal ini ditunjukkan dengan dihadirkannya suspensi berteknologi tinggi dan rem cakram khas motor sport adventure. Kita mulai dari Kawasaki Versys – X 250 City. Di bagian belakang motor ini, telah tertanam suspensi tipe Bottom – Link Uni – Trak. Sementara di bagian depan motor terbaru dari Kawasaki ini akan mengandalkan suspensi dengan tipe Telescopic Fork yang memiliki ukuran 41 mm. Tidak hanya itu, suspensi Kawasaki Versys – X 250 City ini juga memiliki kelebihan tersendiri terutama di bagian belakang. Di sini kita bisa menemukan dukungan fitur gas – charged yang berfungsi untuk meredam setiap guncangan dan getaran pada motor. Sangat cocok bagi anda yang gemar touring ke pelosok yang jalannya masih belum sehalus aspal perkotaan. Selain itu, Kawasaki Versys – X 250 City ini juga akan menggunakan velg jari – jari berdiameter 17 inch untuk belakang dan 19 inch untuk bagian depan. Kedua velg tersebut dibalut rapi dengan ban berukuran 130/80 65S di bagian ban belakang dan 10/90 57S pada ban depan. Untuk memastikan keselamatan berkendara, Kawasaki Versys – X 250 City telah dilengkapi dengan cakram rem berdiameter 290 mm petal disc di depan dan 220 mm petal disc di bagian belakang. Kedua rem motor ini juga telah menggunakan teknologi rem ABS yang membuat pengendaranya merasa mudah dalam mengendalikan motor terutama pada saat mengurangi kecepatan. Sementara untuk Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga memiliki suspensi yang hampir sama dengan Kawasaki Versys – X 250 versi City. Motor touring ini dibekali dengan suspensi Telescopic Fork berukuran 41 mm di bagian depan dan juga Bottom Link Uni Track di bagian belakang yang sudah dilengkapi dengan gas – charged shock.

Dengan spesifikasi suspensi tersebut, dapat dipastikan Kawasaki Versys – X 250 Tourer mampu berjalan stabil meskipun berjalan pada kondisi jalan bergelombang atau bahkan berlubang. Dari suspensi kita beralih ke roda. Disini Kawasaki Versys – X 250 Tourer menggunakan ban depan yang berukuran lebih besar dari ban belakang. Untuk ban depannya yakni memiliki ukuran 100/90-19M/C 57S dan 130/80-17M/C 65S untuk ban belakangnya. Lalu untuk mendukung keselamatan berkendara, Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang sama dengan saudaranya Kawasaki Versys – X 250 City. Dimana telah terpasang dua rem cakram yang masing – masing berukuran 220 mm petal disc single type di bagian belakang dan 290 mm petal disc single type di bagian belakang. Keduanya juga telah dilengkapi dengan teknologi ABS yang mempermudah pengaturan kecepatan motor itu sendiri.

Fitur Kawasaki Versys – X 250

Selain memiliki body garang dan mesin berperforma tinggi, Kawasaki Versys – X 250 juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang jarang terdapat pada motor – motor sport lain. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kedua versi dari Kawasaki Versys – X 250 ini telah dilengkapi sistem pengereman ABS yang mampu mempermudah pengendaranya untuk mengatur kecepatan motornya, terutama dalam kondisi darurat dimana pengendara dituntut untuk melakukan rem mendadak. Selain dari sisi keamanan, Kawasaki Versys – X 250 juga mengedepankan sisi kenyamanan dengan suspensi super canggih yang telah dilengkapi dengan gas – charged dimana suspensi ini dianggap mampu meredam segala goncangan pada motor saat melewati jalan dengan tekstur yang tidak terlalu baik. Khusus untuk Kawasaki Versys – X 250 Tourer, motor ini sedikit memiliki keunggulan fitur dari pada Kawasaki Versys – X 250 City. Hal ini wajar mengingat Kawasaki Versys – X 250 Tourer dibanderol dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari saudara kembarnya tersebut. Pada motor Kawasaki Versys – X 250 Tourer anda akan mendapatkan tambahan fitur berupa box di bagian belakang yang tentu sangat berguna untuk kegiatan touring, slider, dan hand guard yang melindungi tangan dari benturan benda kerang dan mencegah tuas rem agar tidak bengkok ketika jatuh dan terbentur jalan. Tidak hanya itu, Kawasaki Versys – X 250 Tourer juga memiliki engine guard yang melindungi mesin dari benturan dan pengaruh suhu dari luar. Suhu panas yang dihasilkan mesin juga dapat dicegah dengan adanya guard engine ini.

Hadirnya fog lamp juga menambah kemewahan Kawasaki Versys – X 250 Tourer ini dimana lampu ini memiliki cahaya yang amat terang dan sesuai namanya, fog lamp mampu menembus kabut tebal sekalipun. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi ketika berkendara pada keadaan kabut tebal di pegunungan saat melakukan touring. Selain itu ada juga perlengkapan DC outlet untuk keperluan beragam gadget pengendara, dan standar tengah. Namun kendati tidak memiliki fitur selengkap Kawasaki Versys – X 250 versi Tourer, Kawasaki Versys – X 250 City tetap hadir dengan garang dan mampu menghasilkan performa yang maksimal.

Harga Kawasaki Versys – X 250

Setelah kita mengetahui spesifikasi detail dari kedua versi Kawasaki Versys – X 250, kini saatnya kita mengintip berapa harga yang dibanderol Kawasaki untuk motor keluaran terbarunya ini. Jika dilihat dari spesifikasi dan berbagai keunggulan fiturnya, sudah pasti Kawasaki Versys – X 250 tipe Tourer memiliki harga yang lebih tinggi dari pada Kawasaki Versys – X 250 City. Dilansir dari situs resmi Kawasaki Indonesia, Kawasaki Versys – X 250 Tourer akan dilepas dengan harga Rp. 72.700.000,- untuk wilayah On The Road Jabodetabek. Harga tersebut mungkin akan sedikit lebih tinggi untuk wilayah di luar Jabodetabek (harga sesuai kota).

Dengan harga yang sebegitu tinggi, sayangnya Kawasaki Versys – X 250 Tourer hanya menyediakan dua varian warna saja, yakni hijau dan merah. Sementara untuk Kawasaki Versys – X 250 City akan dibanderol lebih murah dari pada Kawasaki Versys – X 250 Tourer karena motor ini memiliki fitur yang lebih rendah dari pada versi Tourernya. Banderol Rp. 61.000.000,- dinilai pantas untuk menghargai spesifikasi dan body garang dari Kawasaki Versys – X 250 City ini.

Namun perlu diketahui kalau harga yang tercantum di atas baru harga On The Road Jabodetabek. Untuk wilayah kota lain mungkin harganya lebih mahal meskipun tidak terpaut terlalu jauh. Demikian, dan baca juga artikel tentang Kawasaki KLX 150 BF SE dan Spesifikasi dan Harga Kawasaki ZX-10R.