Harga KTM Duke 250, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

0

KTM Duke 250  – Jika kita cermati, belakangan pasar otomotif di berbagai negara, khususnya Indonesia, memang di dominasi oleh berbagai varian besutan perusahaan asal Jepang saja, seperti Yamaha, Honda, hingga Suzuki. Mereka seakan terus berlomba – lomba mencitpakan motor berteknologi tinggi di berbagai segmen, mulai dari off – road, racing look, street fighter, sampai motor matic untuk menarik perhatian konsumen.

Akan tetapi tampaknya hal tersebut tidak akan selamanya begitu, buktinya salah satu perusahaan otomotif asal benua biru, Austria setidaknya mulai mampu mengganggu dominasi mereka di pasar dunia. Meskipun tak setenar Yamaha, Honda, maupun Suzuki, namun KTM tak ragu ikut meramaikan persaingan motor sport khususnya untuk segmen street fighter. Ini di perkuat dengan dirilisnya salah satu produk andalan mereka KTM Duke 250 pada 2015 lalu. Hmm… penasaran bagaimana spesifikasi detail dari motor KTM Duke 250 ini? Berikut kami ulas secara mendalam detail spesifikasi KTM Duke 250 untuk anda.

Review Spesifikasi dan harga KTM Duke 250

KTM Duke 250

KTM Duke 250

KTM Duke 250 adalah motor keluaran terbaru yang diproduksi oleh KTM dan secara resmi dirilis ke pasar dunia pada 2015 lalu. Motor ini pertama kali diperlihatkan ke publik pada perhelatan Tokyo Motorcycle Show 2015 yang diadakan di negeri Sakura, Jepang.

Sedangkan di Indonesia sendiri, KTM secara resmi mengumumkan perilisan motor terbarunya ini pada ajang IIMS atau Indonesia International Motor Show tak lama setelah perilisannya di Jepang. Motor sport street fighter ini pun mulai mengaspal di Indonesia pada tahun yang sama.

Bersamaan dengan perilisan KTM Duke 250, KTM juga turut merilis saudara kembar dari motor ini yang diberi nama KTM RC 250. Kedua motor ini memiliki performa hampir sama. Hanya saja bodi dan desain mereka nampak berbeda, dimana KTM Duke 250 adalah motor versi naked sedangkan KTM RC 250 adalah motor versi full fairing. Dengan dirilisnya dua motor ini nampaknya pihak KTM ingin melengkapi jajaran motor berdasarkan kapasitas mesin yang mereka gunakan dimana sebelumnya sudah ada motor 200 cc yaitu KTM Duke 200 dan KTM RC 200. Kehadiran KTM Duke 250 di pasar dunia khususnya Indonesia seakan menjadi angin segar bagi para pecinta motor berkapasitas 250 cc.

Pasalnya motor produksi KTM ini mampu menawarkan pengalaman berkendara baru dengan sensasi khas motor – motor Eropa yang memiliki standar dan performa yang telah diakui dunia. Meskipun dari segi bodi dan desain kalah garang dengan saudaranya KTM RC 250, namun KTM Duke 250 memiliki keunggulan berupa tingkat pengendaliannya yang lebih mudah karena bodinya yang tak menggunakan fairing. Selain itu kedua motor street fighter ini juga memiliki perbedaan massa yang signifikan, yaitu mencapai 8 kg.

Dari segi kenyamanan, KTM Duke 250 juga bisa dikatakan lebih unggul dari pada KTM RC 250 karena motor ini memiliki sektor ergonomi yang memungkinkan pengendaranya duduk tegak saat berkendara. Berbeda dengan KTM RC 250 yang memaksa pengemudinya untuk sedikit menundung layaknya ketika balapan. Kelebihan lain dari motor KTM Duke 250 ini adalah bagian sasisnya yang telah mengadopsi dari KTM di kasta ketiga perlombaan balap dunia, Moto 3. Sasis dengan tipe trellis baja ini membuat motor memiliki stabilitas tinggi dengan kendali maksimal.

Bodi dan Desain KTM Duke 250

Di atas telah kami jelaskan gambaran sekilas tentang motor terbaru besutan KTM ini. Nah, sekarang mari kita kupas satu persatu bagian eksterior dari KTM Duke 250. Jika dilihat secara detail, KTM Duke 250 ini memang memiliki desain yang hampir sama dengan motor KTM Duke 390. Bahkan sekilas kedua motor ini sangat mirip dan hampir tak bisa dibedakan.

Namun ada kesamaan ini bukanlah kesalahan desain. Pihak KTM memang memiliki alasan khusus dibalik desain ini yaitu agar para konsumennya tidak kehilangan sensasi mengendarai motor top Eropa dengan menghadirkan desain bodi motor 390 cc pada motor berkapasitas 250 cc.

Sederhana sekali bukan? Desain yang dibuat mirip dengan motor berkapasitas besar ini tentu membuat KTM Duke 250 terlihat sangat gahar dan kokoh serta desain naked yang memperlihatkan dengan jelas mesin berotot dibagian bawah. Di bagian depan motor ini telah dibekali dengan headlamp yang cukup mumpuni.

Head lamp berukuran besar dengan tipe lampu Halogen diklaim mampu memberikan pencahayaan yang baik bagi pengendara saat kondisi jalanan minim penerangan. Di bagian atas head lamp motor KTM Duke 250 ini telah dikombinasikan panel instrumen digital yang stylish dan user friendly dimana disini telah tersedia informasi lengkap terkait pergerakan motor mulai dari bahan bakar, lampu, hingga kecepatan motor yang dihitung dalam km/jam. Sementara itu lampu sein yang terpasang pada KTM Duke 250 ini juga memiliki desain yang sangat epik.

Dengan lampu sein berukuran mini yang terpasang di bagian kanan dan kiri head lamp membuat motor ini semakin terlihat garang ketika dilihat dari depan. Selain itu ada juga pelek 10 jari berwarna kuning dan juga rem cakram yang produksi Bybre yang terdapat pada ban tipe tubeless.

Komponen ini juga dapat anda temukan di bagian roda belakang. Tak lupa stop lamp bagian belakang yang didesain mini namun mampu menyala terang memberikan kesan minimalis namun tetap sporty pada KTM Duke 250 ini. Karena KTM Duke 250 ini adalah motor versi naked moto, maka di bagian samping kita tak akan menemukan fairing gagah yang sering dijumpai pada motor – motor sport pada umumnya, namun disini KTM Duke 250 langsung memperlihatkan kegagahan bodi – bodi mesin yang berwarna abu – abu metal dan hanya ditutupi dengan beberapa rangka baja berwarna kuning yang berkombinasi apik dengan warna rodanya.

Tak hanya itu, komponen lain yang menambah kejantanan motor besutan KTM ini adalah telah terpasangnya satu buah tangki berukuran jumbo di depan jok pengemudi yang diklaim mampu menampung bahan bakar hingga 11 L. Ukuran bahan bakar yang sudah terbilang cukup untuk ukuran motor street fighter. Di bagian kiri dan kanan tangki ini juga terdapat sayap unik khas KTM yang siap menarik minat para penggemar motor gede.

Panel Instrumentasi KTM Duke 250

Di saat kebanyakan motor sport keluaran terbaru menggunakan kombinasi style digital dan analog, KTM melalui KTM Duke 250 nya kali ini berani menampilkan panel instrumentasi indikator bergaya full digital yang memberikan kesan elegan, modern dan futuristik. Tidak hanya cantik di sisi desain, fitur – fitur yang ada di dalam panel instrumentasi indikator KTM Duke 250 ini juga cukup lengkap dan user friendly. Anda yang masih awam di dunia motor pun dapat langsung mengerti apa – apa saja yang ada di dalam panel indikator ini karena petunjuk – petunjuknya mudah dimengerti.

Beberapa indikator seperti tingkat transmisi, speedometer pengukur kecepatan, indikator bahan bakar, dan juga jarak tempuh sudah tercantum lengkap di dalam panel tersebut. Hal ini tentu membuat pengendara dapat dengan mudah menguasai kondisi motor dan memegang kendali penuh atas motor yang tengah dikendarainya.

Dimensi KTM Duke 250

Berbicara mengenai dimensi, motor KTM Duke 250 ini terbilang unik karena desainnya yang memanjang dimana bagian roda belakang dibuat lebih panjang dari pada joknya. KTM Duke 250 memiliki panjang 2029 mm, lebar 836, serta 1267 untuk tingginya. Dimensi yang panjang dan besar ini tentu menunjang performa mesin berteknologi canggih untuk menciptakan manuver – manuver mantap nan stabil khas motor street fighter. KTM Duke 250 memiliki jarak sumbu roda 1367 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 170 mm. Selain itu desain sudut kemudi yang mencapai 65o dan juga stang yang dibuat sedikit lebih tinggi + wheel base membuat posisi berkendara anda menjadi lebih tegak sehingga tidak mudah pegal ketika digunakan untuk perjalanan jauh baik sendiri maupun berboncengan. Sedangkan untuk bobotnya, KTM Duke 250 hanya memiliki bobot total 139 kg (bahan bakar full). Massa yang cukup ringan untuk ukuran motor street fighter. Tentunya bobot yang ringan ini membuat performa KTM Duke 250 semakin garang di jalanan.

Lalu untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar, KTM Duke 250 telah terpasang tangki bahan bakar yang cukup besar dimana tangki ini mampu menampung BBM hingga kapasitas 11 L. Kapasitas yang terbilang cukup agar anda tidak sering mengisi bahan bakar ketika menempuh jarak jauh. Selain itu desain tangki yang besar ini juga mendukung kenyamanan berkendara anda. Anda juga tak perlu khawatir ketika menggunakan KTM Duke 250 pada jalan yang berlubang atau polisi tidur yang terlalu tinggi karena motor ini memiliki keunggulan berupa ground clearance nya yang tinggi mencapai 170 mm. Dengan tingginya jarak ground clearance motor ini juga cocok digunakan untuk menembus jalanan banjir tanpa khawatir mesin terendam air.

Tipe Mesin KTM Duke 250

KTM Duke 250 mesin

Setelah membahas tuntas bagian eksterior menawan dari KTM Duke 250, kini saatnya kita beralih ke dalam motor tepatnya pada sisi dapur pacu. Seperti yang sejak tadi didengung – dengungkan, motor KTM Duke 250 ini memiliki performa mesin yang luar biasa dan dapat bermanuver kencang dijalanan kota. Bahkan performa luar biasa yang dimiliki KTM Duke 250 didukung dengan bodi motor yang memanjang dan sedikit slim. Hal ini membuat hambatan yang diterima motor lebih terminimalisir sehingga kecepatannya pun bisa lebih tinggi dari motor – motor sport yang kebanyakan menggunakan bodi full fairing.

Di dalam dapur pacu, KTM telah membekali KTM Duke 250 nya kali ini dengan mesin teknologi tinggi bertipe DOHC 4 stroke yang memiliki 4 katup dan berkapasitas 248.8 cc. Mesin ini memiliki ukuran bore dan stroke masing – masing 72 mm x 61.1 mm yang membuat mesin ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang powerful. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi air cooled yang mampu menjaga suhu mesin tetap rendah. Jadi bagi anda yang gemar melakukan touring atau menempu jarak jauh, tak perlu lagi khawatir mesin motor mengalami overheat.

Untuk masalah power yang dihasilkan, mesin KTM Duke 250 didukung dengan teknologi Engine Management System garapan Bosch yang mampu mengoptimalkan mesin sehingga dapat memuntahkan tenaga hingga 23 Kw pada putaran mesin 9000 rpm dan torsi maksimal mencapai 24 Nm pada putaran mesin 7250 rpm. Karena performa dari KTM Duke 250 ini sangat tinggi dan berpotensi boros bahan bakar, KTM tak lupa menyematkan teknologi pengirit bahan bakar berupa sistem injeksi canggih beserta sistem electronic yang diproduksi oleh Bosch. Dengan ini dipastikan motor ini tetap irit meskipun tenaga yang dihasilkan cukup besar.

Kelebihan lain yang dimiliki motor KTM Duke 250 ini adalah daya akselerasinya yang sangat cepat dan tinggi. Motor ini mampu mencapai kecepatan 60 km/jam (dari nol) hanya dengan waktu 3,5 detik saja. Cukup menarik bukan? Pacuan kecepatan motor ini juga memiliki batas yang cukup tinggi dimana KTM Duke 250 mampu digas hingga kecepatan maksimal 180 km/jam. Kecepatan tinggi ini disalurkan melalui sistem transmisi 6 – tingkat percepatan plus dukungan teknologi kopling PASCTM antihopping (lebih mirip slipper clucth). Menariknya lagi, motor KTM Duke 250 ini adalah motor yang terbilang ramah lingkungan karena emisi buangannya yang bersih. Hal ini dikarenakan KTM Duke 250 menggunakan knalpot catalyc converter yang mampu menyaring senyawa – senyawa berbahaya sebelum dibuang ke alam.

Suspensi dan Rangka KTM Duke 250

Setelah mengetahui performa luar biasa yang dimiliki KTM Duke 250, kini saatnya kita mengintip komponen yang membuat motor ini amat stabil dan nyaman saat digunakan untuk berkendara yakni suspensi dan rangka. KTM Duke 250 dirancang dan dibangun dengan rangka model teralis (steel trellis frame) yang ringan namun sangat kuat. Rangka ini juga diketahui dibuat melalui proses powder coated yang membuatnya amat ringan. Rangka teralis ini memang didesain khusus untuk mendukung performa motor agar tetap stabil. Rangka ini juga terlihat cantik dengan leburan warna orange menyala khas motor – motor KTM. Tak hanya membuat KTM Duke 250 nampak lebih bagus, warna ini juga menunjukkan rangka agar nampak mencolok mengingat motor terbaru dari Eropa ini adalah motor dari versi naked yang tidak menggunakan fairing. Tidak hanya disusun dari rangka mumpuni, KTM Duke 250 juga mengedepankan kenyamanan pengendaranya dengan terpasangnya supensi – suspensi berteknologi tinggi. Di bagian depan, KTM Duke 250 telah menggunakan suspensi WP Upside Down yang memiliki diameter 43 mm yang pastinya mempunyai presisi dan kestabilan yang tinggi. Menariknya, suspensi depan dari KTM Duke 250 ini ternyata mirip dengan yang digunakan pada motor KTM RC8 R. Sementara di bagian belakang motor ini menggunakan suspensi WP Shock Absorber yang memiliki kestabilan tinggi dan mampu meredam getaran serta goncangan yang terjadi pada motor sepanjang perjalanan. Suspensi ini juga telah tertegrasi dengan die – cast swingarm rigid yang ringan dan mirip dengan yang ada pada KTM Duke 650.

Dari suspensi kita beralih ke kaki – kaki. Disini kita dapat menemukan velg berukuran 3,00 x 17 di bagian belakang dan juga 4,00 x 17 untuk bagian belakang. Velg yang keseluruhannya dicat berwarna orange menyala ini dibalut rapi dengan ban berukuran 110/70ZR – 17 untuk depan dan 150/60ZR – 17 untuk bagian belakang. Ban yang digunakan pada KTM Duke 250 ini juga diketahui memiliki kelebihan berupa cengkramannya yang baik pada berbagai kondisi aspal baik itu basah maupun kering. Selain itu ban ini juga memiliki durability yang tinggi sehingga lebih awet dan tahan lama. Sementara untuk sektor keamanan, KTM Duke 250 juga telah melengkapinya dengan rem – rem berteknologi sangat canggih di kelasnya. Hal ini bisa kita lihat pada bagian depan motor yang telah dilengkapi dengan teknologi rem cakram single 4 kaliper piston berukuran 300 mm By Brembo dan juga cakram single 1 kaliper piston berukuran 230 mm di bagian belakang yang juga berlabel By Brembo. Keduanya juga telah didukung dengan teknologi ABS yang memungkinkan roda agar tidak terkunci saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Dengan adanya sistem pengereman canggih ini, resiko kecelakaan berkendara pun jadi terminimalisir asal pengendara juga memiliki skill mengemudi yang mumpuni dan tentunya taat rambu – rambu lalu lintas.

Fitur Unggulan KTM Duke 250

Seperti yang kita ketahui, KTM Duke 250 adalah motor kelas dunia yang memiliki harga mahal. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan pasalnya motor asal benua biru ini memiliki fitur – fitur canggih khas motor sport. Diantaranya adalah tampilan garang yang dimiliki KTM Duke 250 ini memiliki kemiripan dengan tipe di atasnya yakni KTM Duke 390. Hal ini membuat anda dapat lebih bergaya dengan harga yang lebih murah dari KTM Duke 390. Selain itu fitur kenyamanan yang ditawarkan motor KTM Duke 250 ini juga terbilang jempolan. Dengan adanya dukungan suspensi Upside Down pada bagian depan dan cakram Bybre garapan pabrik terkenal Brembo membuat motor ini amat nyaman digunakan pada berbagai kondisi jalanan. Sektor panel instrumen motor ini juga patut menjadi unggulan dengan tampilannya yang full digital serta background warna oranye khas KTM membuat desainnya nampak sangat modern. Informasi yang tercantum di dalamnya juga sangat lengkap. Mulai dari tachometer, speedometer, trip meter, jam, indikator transmisi, odometer, indikator bahan bakar, hingga indikator temperatur mesin semua tercantum untuk memudahkan pengendara memahami kondisi terkini motornya tersebut. Teknologi LED di bagian lampu depan dan belakang juga menjadi keunggulan lain dari motor KTM Duke 250 ini.

Video KTM Duke 250

Harga KTM Duke 250

Nah, setelah puas mengetahui setiap jengkal motor KTM Duke 250, anda pasti penasaran berapa sebenarnya harga yang dibanderol untuk motor naked ini. Jika ditinjau dari spesifikasi, motor ini memang pantas jika dibanderol dengan harga mahal. Dukungan mesin DOHC 4 stroke berkapasitas 250 cc agaknya memang pantas dihargai dengan nilai tinggi. Namun untungnya besarnya performa yang dimiliki KTM Duke 250 ini agak tertolong dengan bodi naked yang dimiliknya sehingga harganya pun tidak terlalu melambung tinggi. Ya, seperti yang kita ketahui, naked moto adalah motor – motor yang memiliki bodi terbuka tanpa fairing dimana mesin motor terpampang jelas dan hanya tertutupi oleh sedikit rangka motor.

Di Tanah Air, KTM membanderol motor street fighter 250 cc nya ini dengan harga Rp 69.500.000,-. Namun perlu anda ketahui kalau harga tersebut adalah harga untuk wilayah On The Road Jabodetabek. Wilayah di luar itu kemungkinan harganya akan sedikit lebih mahal. Nah Itu dia review lengkap kami tentang motor KTM Duke 250. Baca juga Harga CBR 250RR dan Kawasaki ZX 10R

/ins>

You might also like More from author