Harga Honda BR-V, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Harga Honda BR-V dan Spesifikasi – Lagi-lagi merek otomotif kenamaan Honda berhasil menarik perhatian konsumen tanah air lewat produk mereka yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 lalu di ajang bergengsi GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Untuk Anda yang tertarik memiliki sebuah kendaraan roda empat yang muat banyak diserta gaya eksterior kekinian, maka Honda BR-V jawaban pasti. PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang resmi produk otomotif Honda di Indonesia meluncurkan BRV sebagai kendaraan crossover atau pada segmen low SUV. Memang untuk segmen tersebut, Honda sudah menyediakan varian HR-V, namun Honda telah memastikan bahwa BR-V akan menarget pasaran yang berbeda.

Banyak yang menyebutkan bahwa BR-V ini juga mirip dengan Honda Mobilio khususnya di bagian tampilan luar, yang membedakan ialah bodinya yang lebih bongsor serta ground clearancenya yang berjarak lebih tinggi dibandingkan Mobilio. Akan tetapi, BR-V ini sebetulnya dikembangkan dari platform All New Honda Jazz. Mengapa bisa begitu? Karena dapat dilihat dari tipe mesinnya yang tersemat di bagian dapur pacu yaitu i-VTEC 1.500 cc 4-silinder, mesin ini masih satu generasi dengan mesin dari Honda Jazz tersebut. Mesin yang dipasangkan pada BR-V ini menawarkan tarikan yang halus layaknya Jazz dengan kombinasi power bertenaga maksimal seperti mobil SUV.

harga honda brv

Untuk bagian interiornya sendiri, BR-V justru terinspirasi dari kabin HR-V yang terbukti dari ruang dalam luas dengan desain interior mewah. Interior serba premium yang disematkan itu juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan kelas tinggi, membuat BR-V siap sedia untuk petualangan apapun dan dimanapun. Bagi Anda yang merasa penasaran seperti apa harga dan review spesifikasi yang ditawarkan oleh produsen otomotif Negeri Sakura ini, maka simak penjelasan atau informasi berikut.

Harga Honda BR-V

Terdapat 4 macam varian Honda BRV yang ditawarkan ke pasaran otomotif tanah air. Harga yang dibanderol mulai dari 230 jutaan rupiah ke atas dengan 2 macam transmisi yang disediakan, yaitu tipe MT (Manual) serta CVT (Continous Variable Transmission). Untuk transmisi CVT sendiri memang lebih mahal ketimbang yang manual. Berikut ini daftar harga Honda BR-V dari yang termurah sampai dengan yang paling mahal:

Harga Honda BR-V
Honda BR-V S 6MTRp 233.000.000,-
Honda BR-V E 6MTRp 243.000.000,-
Honda BR-V E CVTRp 253.000.000,-
Honda BR-V Prestige CVTRp 268.000.000,-

Harga mobil Honda BR-V di atas merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kondisi pasaran yang ada di Indonesia. Harga akan berbeda untuk kota atau area yang berbeda dimana Anda tinggal. Harga di atas diambil langsung dari website resmi Honda Indonesia. Terdapat banyak varian yang ditawarkan seperti hitam, putih, merah, silver, dan sebagainya. Selain harga BR-V, kami juga akan memberikan spesifikasi lengkap kendaraan ini yang bisa dilihat pada info di bawah.

Spesifikasi Honda BR-V

Berikut ini spesifikasi mobil Honda BR-V secara lengkap dari mesin, eksterior, interior, dan sebagainya. Perlu Anda catat bahwa meskipun harga untuk tiap varian mobil yang ditawarkan berbeda, namun tipe mesin yang disematkan pada keempat varian tersebut sama (tipe mesin SOHC kapasitas 1.5 Liter). Yang membedakannya ialah fitur-fitur yang dipasangkan di dalamnya dimana semakin mahal harga dibanderol, maka fitur varian mobil itu akan menjadi semakin lengkap dan canggih. Simak tabel spesifikasi di bawah ini untuk mengetahui lebih detail tentang spek Honda BR-V:

Tipe Mesin

 

Isi Silinder

Daya Maksimum

Torsi Maksimum

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

Bahan Bakar

Kapasitas Tangki

 

Transmisi

Dimensi

P x L x T

Jarak sumbu roda

Jarak Pijak Depan/Belakang

Jarak bodi ke tanah

Tempat Duduk

Berat Kosong

 

Rangka dan Roda

Struktur Rangka bodi

Steering/sistem

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

Rem Depan

Rem Belakang

Ukuran Ban

Ukuran Velg

 

Pelengkap

Keamanan

 

 

 

Teknologi

 

 

 

 

Hiburan

 

 

 

 

 

Keselamatan

 

1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

1,497 cc

88 Kw (120 PS) / 6.600 rpm

14,8 kg.m (145 Nm) /4.600 rpm

PGM-FI

Bensin

42 Liter

 

CVT & MT 6-speed

 

4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm

2.662 mm

1.500 mm / 1.500 mm

200 mm

7 penumpang

N/A

 

 

 

G-CON + ACE

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

MacPherson Strut

H-Shape Torsion Beam

Ventilated Disc

Drum

195 / 60 R16

Sporty Alloy Wheel (S, E 6MT, E CVT) & Bold Alloy Wheel (Prestige)

 

Immobilizer

Alarm System

Wave key system + keyless entry

 

LED Light Guide

Power window

Power Door Lock

Nanoe Technology (Prestige)

 

Double DIN (1.5 L S) dan 6″ Display Audio Monitor (1.5L E dan Prestige) AM/FM Single Disc MP3/WMA +USB Port + Aux Input +Made for Ipod/Iphone (+ Android for E 6MT, E CVT, Prestige)

 

Side Impact Beam

Dual Front SRS Airbags

Sabuk Keselamatan (Front & Rear)

Seat Belt Reminder

ISOFIX & Tether

Parking Sensor: rear parking camera(E 6MT, E CVT, Prestige)

VSA (Prestige)

Hill Start Assist (Prestige)

Untuk spesifikasi model/jenis lain silahkan kunjungi link berikut LINK.

Review Honda BR-V

Interior Honda BR-V

Interior yang disediakan oleh BR-V menampilkan gaya modern dengan kabin luas yang mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Honda BR-V adalah mobil small SUV yang dilengkapi ruang kabin model MPV sehingga membuat penumpang semakin nyaman saat mengendarainya tanpa harus berdesak-desakan. Penataan panel khususnya juga bagian dashboard kelihatan user friendly sehingga memudahkan pengemudi untuk meraih dan mengatur fitur-fitur lengkap yang ada pada interiornya atau tombol pengaturan yang tersedia.

Pada desain interior Honda BR-V bagian dashboardnya ini dilengkapi dengan style mewah dan canggih, demi menambah kesan premium maka dibalut dengan bahan yang berkualitas. Ruangan kabinnya dibuat sedemikian rupa terinspirasi dari All New Honda Jazz dengan dominasi warna dashboard hitam elegan serta menawan. Selain itu, pada bagian ini juga nampak fitur-fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan berkendara Anda, seperti koneksi Bluetooth yang berfungsi untuk menyambungkan panggilan dari smartphone Anda serta dapat memainkan musik dari gadget yang diinginkan. Kemudian masih ada HDMI mode serta Android Mode yang berguna untuk memunculkan tampilan baik android maupun iPhone Anda pada layar sistem audio video. Pada varian tertentu, sistem audio video Honda BR-V memakai teknologi canggih Nanoe yang memperbaiki kualitas udara pada kabin interior mobil. Semua fitur-fitur canggih serta modern tersebut dapat Anda atur selama perjalanan dengan mudahnya melalui touchscreen display berukuran 6.1 inchi.

Untuk bagian tempat duduk alias jok, juga disertai fitur-fitur seperti panel instrument One Touch Tumble, fitur potensioner untuk seatbelt, dan fitur 50:50 folding row 3 technology dimana Anda bisa dengan mudah mengatur kursi tempat duduk agar mendapatkan kabin yang lebih luas serta nyaman. Jika Anda membutuhkan bagasi lebih pada interior BR-V Anda maka manfaatkan fitur tersebut. Yang terakhir juga terpasang AC Double Blower yang menawarkan sensasi dingin di kabin sampai ke bagian paling belakang.

Eksterior Honda BR-V

Desain eksterior Honda BR-V memang terkesan gagah berani serta kokoh digadang-gadang sangat tangguh di segala medan layaknya sebuah mobil SUV.  Berbeda dengan saudaranya yaitu HR-V maupun CR-V dimana mereka lebih mendekatkan diri pada style macho serta agresif, Honda BR-V ini lebih membawa gaya sporty ala All New Honda Jazz dan memadukannya dengan desain eksterior Honda Mobilio yang kelihatan anggun berkelas. Hal ini membuat BR-V kelihatan lebih kalem tapi juga stylish berkat adanya struktur garis yang elegan sempurna. Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan mobil-mobil sejenis yang lainnya, untuk mobil kelas crossover, bodi BR-V jauh lebih ramping.

Beralih pada bagian lampu depan utama (headlamp) yang bentuknya mengusung gaya long shape disertai garis tegas ke arah samping dilengkapi teknologi canggih projector headlamp. Jika diperhatikan, desain ini akan mengingatkan kita pada bentuk lampu Honda HR-V dengan dimensi lampu yang tidak terlalu lebar. Headlamp sangat menarik apalagi mendampingi grille dengan bentuk frame bertingkat yang mendapatkan sentuhan lapisan krom menawan ditambah logo Honda di bagian tengahnya. Begitu pula dengan bumper depan juga nampak halus berpadu dengan lampu kabut canggih, jaraknya juga tinggi dan tidak terlalu menyentuh ke tanah.

Untuk desain bagian sampingnya, Anda akan melihat bahwa lekukan bodinya tajam serta dinamis. Honda memang sengaja mendesain mobil ini agar memiliki tubuh sempurna demi meningkatkan fungsi aerodinamis kendaraan roda empat ini. Agar membuatnya semakin tampil sporty, pabrikan otomotif tersebut melengkapi bagian desain samping dengan aksesoris fender berwarna hitam dari material fiber di sisi bawahnya kemudian melingkar ke depan dan mengikuti lekuk bodi mobil. Untuk mempermanis eksterior mobil Honda BR-V, terdapat fitur spion retractable mirror.

Dimensi Honda BR-V

Ukuran dimensi Honda model BR-V bisa dibilang sangatlah pas sehingga banyak yang mengatakan bahwa BR-V merupakan mobil SUV kompak sebab ukurannya tidak terlalu besar namun juga tidak bisa dibilang kecil. Seperti yang sudah Anda ketahui dari daftar spesifikasi lengkap yang kami sajikan di atas sebelumnya, dimensi dari bodi BR-V memiliki panjang panjang, lebar, dan tinggi 4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm dengan jarak sumbu roda 2.662 mm. Kalau dibandingkan dengan Honda Mobilio, memang dimensi dari mobil BR-V ini jauh lebih tinggi apalagi ditambah jarak bodi ke tanah sekitar 200 mm. Mobil ini tentu cocok digunakan untuk berkendara kemana saja di atas kondisi jalan apapun misal jalanan yang kurang rata atau berlubang, belum lagi berkat ground clearance yang tinggi membuat handling menjadi lebih mudah.

Agar pengendara mobil semakin nyaman, maka Honda melengkapi sistem suspensi bagian depannya dengan MacPherson Strut, sedangkan suspensi bagian belakang didukung oleh H-Shape Torsion Beam. Beralih ke bagian kaki-kaki bawah, terdapat velg berukuran 16 Sporty Alloy Wheel (S, E 6MT, E CVT) dan juga Bold Alloy Wheel (Prestige). Velg ini dibalut dengan ban 195/60/R16. Pada dimensi mobil Honda BR-V, terdapat sistem pengereman dengan teknologi ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) yang memudahkan pengemudi mengontrol laju kendaraan nantinya.

Fitur Honda BR-V

Banyak sekali fitur-fitur yang tersemat pada mobil ini baik fitur bagian luar maupun fitur yang tersedia di bagian dalamnya. Dari segi keamanan serta keselamatan, fitur Honda BR-V juga sangatlah lengkap serta mengusung fitur berteknologi canggih, sebut saja fitur pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) yang berfungsi agar roda tidak terkunci saat Anda mendadak melakukan pengereman. Selain itu, teknologi canggih EBD ini juga memungkinkan pengendara agar lebih mudah dalam menstabilkan kendaraan mereka ketika dalam perjalanan. Fitur-fitur keamanan standar lainnya yang ada seperti seatbelt, dual airbags, dan lain sebagainya.

Untuk fitur keselamatan, Honda membekali mobil ini dengan fitur Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist agar mobil lebih stabil dan Anda pun juga akan lebih mudah dalam mengendalikan mobil. Ditambah lagi terdapat fitur teknologi Immobilizer Key, keyless entry, dan alarm system semua terasa lengkap. Sayangnya terdapat fitur-fitur lainnya yang hanya tersedia pada varian tertinggi mobil Honda BR-V seperti Prestige. Singkatnya, mobil ini tidak hanya memiliki keunggulan dalam hal desain interior maupun eksterior, tetapi juga soal fitur keselamatan dan kenyamanan.

Suspensi Honda BR-V

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Honda membekali sistem suspensi bagian depannya dengan MacPherson Strut, sedangkan suspensi bagian belakang didukung oleh H-Shape Torsion Beam. Kedua suspensi ini akan semakin memudahkan pengendara untuk menstabilkan serta mengatur handling mobil. Semua varian BR-V dari yang paling murah hingga yang termahal mempunyai suspensi tipe ini. Untuk sistem penggeraknya sendiri ialah roda depan yang menjadi kelemahan dari mobil ini. Pasalnya sistem penggerak roda depan lebih cocok digunakan di atas jalanan aspal meski jalanannya kurang rata atau bergelombang. Namun sistem roda depan seperti ini akan sulit untuk melintasi jalanan yang lebih ekstrim. Padahal mobil berjenis seperti Honda BR-V ini sangatlah sering dipakai untuk melintasi jalannan apapun.

Mesin Honda BR-V

Bagian terakhir adalah dari segi dapur pacunya, Honda menyematkan mesin bertipe i-VTEC yang sering juga dipakai pada mobil-mobil lainnya. Mesin mobil Honda BR-V ini mampu menghasilkan power yang lumayan besar meskipun bersilinder kecil yang mencapai 120 ps pada putaran mesin 6.600 rpm dengan torsi maksimal sampai 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Kapasitas mesin ini ialah 1.5 Liter dengan 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesin tersebut digadang-gadang sanggup membuat konsumsi bahan bakar bensinnya tidak mudah boros sehingga akan sangat nyaman dipakai sebagai mobil untuk aktivitas harian.

Honda BR-V terdiri dari 4 macam varian dengan transmisi manual dan otomatis, yaitu Honda BR-V S, E MT, E CVT, dan Prestige. Anda bisa memilih diantara 4 varian yang ditawarkan tersebut dengan model Prestige sebagai varian termahal dilengkapi fitur lebih lengkap dari varian lainnya.

Baca juga:

Video Honda BR-V

Itu tadi informasi mengenai harga Honda BR-V, spesifikasi & review yang semoga dapat membantu Anda untuk memilih mobil mana yang paling cocok dengan selera dan budget Anda. Untuk persaingannya sendiri dalam pasaran otomotif Indonesia, selain Honda BR-V masih ada banyak sekali mobil-mobil yang memiliki spesifikasi imbang bahkan lebih baik pada kelas yang sama, contohnya seperti yang sama-sama dari pabrikan asal Jepang yaitu Toyota Rush, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan Juke, dan Daihatsu Terios, maupun merek produsen otomotif negeri lainnya semacam Ford EcoSport. Anda hanya perlu memilah mana yang terbaik.

Gambar Gravatar
Saat kamu menentukan pilihan, selesaikanlah. Maka tentukan pilihan yang terbaik.