Home » Review » Review Mobil » Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

InformasiOtomotif.com – Tulisan ini akan membahas mengenai Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman. Memiliki kendaraan pribadi adalah dambaan setiap orang. Karena menggunakan kendaraan pribadi lebih fleksibel digunakan dan tidak akan merepotkan Anda. Apalagi ketika sedang berada dalam keadaan yang tergesa-gesa. Jika Anda adalah seseorang dengan aktivitas yang memiliki mobiltas tinggi. Kendaraan  pribadi sepertinya sudah bukan menjadi sebuah impian tetapi kebutuhan. Kendaraan pribadi ada bermacam-macam jenisnya.

Tapi yang paling umum digunakan adalah sepeda motor dan mobil. Tetapi salah satu kendaraan pribadi yang cocok untuk digunakan bersama keluarga adalah mobil. Cuaca yang tidak menentu bisa Anda pikirkan untuk menjadi alasan mengapa Anda harus memiliki mobil dari pada sepeda motor. Bayangkan jika hujan? Mobil adalah kendaraan yang tepat untuk melindungi Anda saat hujan. Bayangkan juga jika sedang panas? Mobil juga kendaraan yang tepat untuk melindungi Anda saat kepanasan. Andapun tidak perlu takut kulit akan menjadi belang. Nah, mobil yang satu ini memiliki memiliki performa mesin yang tangguh dan suspensi yang cukup empuk dengan segala teknologi canggih.

Nissan 2017

Mobil yang bisa Anda gunakan untuk diajak bermanuver di jalanan ini adalah Nissan Xtrail. Mobil dengan kapasitas mesin 2500 cc untuk tipe Nissan X Trail 2.5 dan 2000 cc untuk tipe Nissan X Trail 2.0 cocok sangat nyaman digunakan di jalan yang tidak rata sekalipun. Mobil SUV bertajuk Nissan X-Trail ini memang hadir untuk Anda yang suka berpetualang. Mobil Nissan X-Trail hadir dengan memakai rancangan konsep yang menarik.

Mencoba untuk memadukan antara sektor interior, eksterior, dapur pacu yang handal dan stabilitas mobil yang bagus. Mobil Nissan X-Trail ini resmi dipasarkan di Indonesia pada tanggal 12 September 2014. Sebelumnya mobil Nissan X-trail ini dirilis secara perdana pada tahun 2001 silam. Namun saat ini sealu ada pembaruan di setiap desainnya karena banyaknya orang yang menyukai mobil ini.   Ada banyak seri mobil dari Nissan All New X-Trail ini.

5 Seri Mobil Nissan All New X-Trail

  1. Nissan X Trail 2.0 MT
  2. Nissan X Trail 2.0 CVT
  3. Nissan X Trail 2.5 CVT
  4. Nissan X-Trail Extremer
  5. Nissan X-Trail Hybrid

Namun yang akam direview pada artikel ini adalah seri ini terkait seri 1 sampai 3. Setelah resmi diluncurkan 3 tahun lalu, kini di tahun 2017 ada seri terbaru dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Trail ini. SUV bertajuk Nissan X-Trail ini memang hadir dengan mengusung konsep yang selalu memiliki daya tarik bagi masyarakat. Nissan X-Trail begitu menarik sebab memadukan antara sektor eksterior, interior, dapur pacu handal serta stabilitas mobil yang tiada banding. Maka, tidak heran jika Nissan X Trail tetap menjadi salah satu mobil yang banyak diminati. Faktor yang membuat Nissan X-Trail menjadi salah satu mobil yang begitu diminati adalah dilihat dari desain fisiknya. Mobil ini didesain dengan tampilan eksterior yang sangat berkarakter.

Stabilitaspun tidak usah Anda ragukan sebab mobil ini sangat cocok digunakan di berbagai jalan di Indonesia yang masih kurang layak. Nissan X-Trail sendiri juga sudah terpasang monitor 360 derajat yang memungkinkan pengguna dapat memonitor apa saja objek yang berada di sekitar mobil. Apalagi sistem lampu utama Nissan X Trail juga didesain dengan day time running light sehingga cahaya yang dihasilkan terang denganhanya memakan energi yang rendah. Wah, banyak sekali bukan keistimewaan Nissan X-Trail ini? Mau tahu spesifikasinya lebih lanjut? Simak ulasannya di bawah ini.

Review Spesifikasi dan Harga Nissan X-Trail

Nissan X trail Terbaru

Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman

Tampilan Mewah Nissan X–Trail dengan Desain yang Elegan

Dimulai dari sektor eksterior spesifikasi Nissan X-Trail, mobil SUV karya Nissan ini selalu hadir dengan menawarkan tampilan eksterior dengan gaya desain mewah dan elegan. Bukan hanya desain yang mewah, beberapa lekuk bodi juga dibuat begitu aerodinamis. Sehingga  pada setiap sisi bodi Nissan X-Trailpun kian membuat tampilan mobil ini tampak begitu menawan. Apalagi pada sektor depan Nissan X-Trail ini, disematkan pula headlamp auto On/Off  berteknologi LED Daytime Running Light. Headlamp auto On/Off ini didesain dengan mengusung gaya yang modern dan berkarakter gagah. Lampu ini mampu memberikan penerangan secara maksimal, terutama ketika Anda berkendara saat malam hari di jalanan yang sedikit sekali peneranganya. Bahkan, lampu sein pun juga terpasang manis pada bagian depannya dengan mengandalkan lampu LED sehingga menampilkan kesan SUV premium yang berkarakter.

Nissan_Rogue_2017_Door

Lanjut kebumper depannya, Nissan X Trail juga tidak kalah elok dengan bumper khas SUV. Bumper depan Nissan X-Trail begitu berkarakter gagah. Apalagi ditambah dengan Foglamp yang siap menerangi perjalanan Anda dari kabut tebal yang mengganggu. Adapun dilihat dari samping, terlihat Roof Rail dan Side Skirt yang dibentuk dengan kesan simpel yang kian membuat mobil ini tampil begitu elegan. Pada sektor bodi samping terlihat juga sedikit lekukan samar namun tampak begitu tegas dan berotot yang semakin memperkuat Nissan X-Trail ini sebagai mobil yang gagah dan berwibawa. Sedangkan untuk body bagian belakang Nissan X-Trail begitu didesain dengan tampilan premium. Tail Light-nya yang besar dan  menjorok horizontal, mengusung stop lamp berteknologi LED yang semakin menyempurnakan kesan sporty. Tampaknya, sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X Trail ini memang menampilkan tampilan desain mewah yang berkarakter SUV petualang.

Sektor Interior Nissan X-Trail Dilengkapi Material yang Berkualitas

Setelah mereview dari sisi desainnya, beralih pada pada ruang kabin dari sektor interior spesifikasi Nissan X-Trail. Ketika Anda memasuki ruang kabin mobil ini maka Anda akan disuguhkan ruang kabin yang cukup luas. Pada ruang kabin Nissan X-Trail tersebut terdapat jok yang berbahan material soft. Dibuat dari bahan yang sangat baik dengan pilihan kulit yang nyaman untuk diduduki dalam perjalanan jauh. Bahkan, ruang kabinnya tersebut juga mampu menampung hingga 8 penumpang sekaligus pengemudinya. Di sisi lain, spesifikasi yang ditawarkan Nissan X-trail ini adalah adanya kabin tiga sap jok. Tentu saja dengan kabin ini menjadi nilai plus pada mobil Nissan X-Trail. Terlebih jok yang ada baris kedua, bisa Anda lipat secara fleksibel dengan format kursi terpisah 60/40. Bisa pula Anda geser ke depan sehingga memudahkan penumpang Anda untuk leluasa berbaring jika ingin tidur. Menariknya, dashboard hingga pintu panel ditutup dengan pelapis yang lembut hingga terlihat begitu elegan. Pada dashboard terpasang sebuah layar touchscreen dengan luas tujuh inchi.

Nissan-X-Trail-five-seat-interior design

Layar tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Around View Monitor di mana fitur ini akan memantau keadaan sekitar secara 360° dari atas kendaraan. Dilengkapi dengan 4 kamera yang ditampilkan dalam format bentuk split screen close-up di monitor. Selain itu, di sekitar layar sentuh tersebut juga ada tombol panel Integrated 2 DIN AM/FM CD player (MP3 Compatible) yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan musik. Dilengkapi pula fitur Advanced Drive-Assist Display di depan pengemudi. Fitur ini akan menginformasikan kepada Anda terkait kondisi kendaraan dan perjalanan di depan mata Anda. Untuk steering wheel dari spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dilengkapi panel Steering Switch Audio Control yang akan memudahkan pengemudi dalam mengontrol sistem audio sistem dengan panel pada kemudinya.

Nissan x trail mobil suv nyaman

Tak hanya sampai di situ saja, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih pada pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System. Teknologi Hands free  inilah yang menjadi keunggulan utama dari Nissan X Trail. Teknologi ini memungkinan pintu secara otomatis akan terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard. Yang menjadi nilai plus pada Nissan tipe X Trail 2.5 CVT, pintu tengah dari mobil ini bisa dibuka hingga 77 derajat. Hal itu akan lebih memudahkan Anda ketika memasukan barang ketika bagasi di belakang sudah penuh.

Dimensi Luas dengan Suspensi yang Handal dan Kokoh

Dalam kaitannya dengan dimensi dari Nissan X Trail, mobil ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tingginya 1.720 mm. Adapun jarak sumbu rodanya adalah 2.705 mm. Dengan dimensi inilah yang membuat bobot mobil ini mencapai 1.501 Kg. Nissan X-Trail juga memiliki ground clearance setinggi 210 mm. Dengan ukuran jarak terendah ke tanah atau ground clearance tersebut, maka mobil ini cocok sekali jika Anda kendarai di berbagai medan jalan. Entah itu jalan di perkotaan maupun jalan di pedesaan yang berkelok-kelok. Di sisi lain, untuk menunjang stabilitas dalam berkendara maka Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman ini dilengkapi dengan suspensi kokoh pada sektor depan. Mobil produk Nissan ini mengandalkan tipe Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar.

Sedangkan untuk sisi belakang, disematkan tipe suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar. Kedua suspensi tersebut diklaim mampu meredam dan menahan setiap getaran atau goncangan ketika Anda melewati jalanan terjal, bergeronjal, atau pun jalan yang berlubang. Eits, tidak hanya sampai di situ saja, untuk menunjukan tingkat kenyamanan yang lebih sempurna, Nissan X-Trail juga dilengkapi dengan roda berukuran 225/65 R17 lengkap dengan dua tipe pengereman. Untuk rem depan menggunakan Ventilated Disc dan untuk yang belakang menggunakan tipe Disc. Uniknya, kedua pengereman tersebut juga dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan BA. Teknologi inilah yang akan memberikan tingkat pengereman yang sempurna dan handal. Nissan sangat memperhatikan kenyamanan dan keselamatan pengemudi, untuk itulah Nissan X-Trail dibekali dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan.

Dapur Pacu Mesin Nissan X-Trail

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan menilik pada sektor dapur pacu mobil Nissan X-trail.  Mobil yang dikeluarkan oleh Nissan ini hadir dengan menawarkan 2 varian mesin yang berbeda, yakni 2.0 liter dan 2.5 liter. Dengan adanya dua varian tersebut maka Anda akan lebih lelusa dalam memilih varian mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Mengingat kedua varian dari Nissan X-Trail ini ini memiliki harga yang tentu berbeda. Bagi varian 2.0 L, mobil ini ini menagndalkan tipe mesin MR20DD dengan 4 silinder dan 16 katup. Selain itu juga dilengkapi dengan teknologi DOHC dan Dual CVTCS yang berkapasitas mesin 1997cc. Yang menjadi unggulan lainnya adalah mesin ini mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6.000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kg.m per 4.400 rpm.

Adapun untuk tipe transimisnya seri ini menggunakan 6 percepatan manual. Sementara itu untuk tipe 2.5 L, Nissan akan mengandalkan tipe mesin QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder. Mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi Dual CVTCS. Teknologi tersebutlah yang membauat mobil ini bisa menghasilkan power maksimum 171 PS per putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23.8 kg.m setiap berputar 4.000 rpm. Nah, perbedaan lain dari dua varian Nissan X-Trail juga terletak pada sistem injeksi di mana versi 2.5 L yang menggunakan Multi Point Injection. Adapun versi 2.0 L menggunakan Direct Injection. Akan tetapi keduanya sama-sama mampu membuat penggunaan bahan bakar berkapasitas 60 L yang jauh lebih irit. Dengan diberikannya teknologi mesin yang sangat handal maka wajar jika mobil ini terasa cocok sekali digunakan untuk Anda yang suka berpetualang. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah gambaran spesifikasi lengkap Nissan X-Trail.

Nissan_Rogue_2017_Lamp_Design

Spesifikasi Nissan X-Trail

Spesifikasi Nissan X-Trail
Mesin
  • Engine type : MR20DD 2.0 L DOHC 16 valve, Dual CVTCS
  • No. Of cylinders : 4
  • Engine size / Displacements : 1997 cc / 2488 cc
  • Maximum Power : 144 PS / 6000 rpm
  • Maximum Torque : 20.4 kg.m /4400rpm
  • Transmission Type : 6 speed manual transmission
  • Drive System Type : Front Wheel Drive
  • Fuel Supply System: Direct Injection
  • Bore x Stroke :84 x 90.1
Dimensi
  • Min. Turning Radius : 5.6 m
  • Fuel Capacity : 60 litres
  • Curb Weight : 1501 kg
  • Overall Length : 4640 mm
  • Overall Width : 1820 mm
  • Overall Height : 1720 mm
  • Wheelbase: 2705 mm
  • Ground Clearance : 210 mm
Suspensi
  • Front Suspensions Type: Independent MacPherson Strut with StabilizerBar
  • Rear Suspensions Type : Independent Multi-link with Stabilizer Bar
  • Tire size : 225/65 R17
  • Wheels : Alloy 17″ x 7J
  • Front Brakes Type : Ventilated Disc
  • Rear Braker Type : Disc
Eksterior
  • LED Daytime Running Light
  • Electric Door Mirrir ith Folding Function
  • LED Turn Signal Lamp on Outside Rear View Mirror
  • Headlamp Auto On/Off
  • Follow Me Home Headlamp Function
  • Welcom light (lock/unlock) function
Interior
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Steering Switch Audio Control
  • Fabric Seat
  • Integrated 2DIN AM/FM CD Player
Fitur Keselamatan
  • Variable Intermittent Windshield Wiper wih Mist and Drip Wipe Function.
  • Intermittent Rear Window Wiper with Reverse Interlock Function
  • Active Ride Control
  • Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Vehicle Dynamic Control
  • Hill Start Assist
  • Active Trace Control
  • Seat Belt- ELR 3 Point (x2) with Pretensioner and Load Limiter
  • ISOFIX Child Seat Anchor
  • Dual SRS Airbag
  • Rear Parking Sensor (4 points)

Dengan spesifikasi mobil yang begitu lengkap dan canggih, maka wajar jika harga yang diberandol agak mahal. Ya, dilihat dari performa mesinna maka harga pada pasaran otomotif nasional disesuaikan. Harganya sendiri dibagi menjadi 3 kelas karena memang mobil SUV besutan Nissan ini dipasarkan di Indonesia dalam 3 varian yang berbeda. Untuk varian terendahnya diisi oleh Nissan X-Trail 2.0 M/T dan varian yang paling mahal yaitu X-Trail 2.5 CVT. Namun perlu anda ketahui ada Nissan X-Trail Extremer dan juga Nissan X-Trail Hybrid dengan selisih harga yang cukup jauh. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat bagan daftar harga Nissan X-Trail di bawah ini.

Video Nissan X-Trail

Harga Nissan X-Trail

 Harga Nissan X-Trail
Harga Nissan X Trail 2.0 MT
  • Rp. 395.000.000
Harga Nissan X Trail 2.0 CVT
  • Rp. 419.600.000
Harga Nissan X Trail 2.5 CVT
  • Rp. 451.800.000
Nissan X-Trail Extremer
  • Rp. 466.800.000
Nissan X-Trail Hybrid
  • Rp. 634.200.000 (X Indonesia)

Harga Nissan X-Trail di atas berlaku untuk daerah Jabodetabek dan masih dapat berubah sewaktu-waktu. Beda daerah tidak menutup kemungkinan juga akan berbeda harganya. Dengan diberikannya beragam teknologi yang cukup hebat tersebut tidak heran jika membuat harga mobil Nissan X-Trail ini diberandol cukup mahal. Setelah mengetahui spesifikasi yang ada pada Nissan X-Trail, maka selanjutnya Anda harus tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari mobil keluaran Nissan ini. Harga Nissan X-Trail diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya

Kelebihan  dan Kekurangan Nissan X-Trail

interior-mobil-suv-nissan-x-trail-terbaru-2017

Kelebihan Nissan X-Trail

Mobil SUV Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman memiliki kelebihan dengan mesin yang memiliki daya pacu yang kuat. Memiliki kemampuan melalui jalanan yang ekstrem. Sebab suspensinya yang mampu meredam dan menahan setiap getaran atau goncangan ketika Anda melewati jalanan terjal, bergeronjal, atau pun jalan yang berlubang. Mesin dan komponen kaki-kaki tangguh yang mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6.000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kg.m per 4.400 rpm. Dilengkapi dengan adanya fitur keamanan yang lengkap. Sebab roda Nissan X-Trail berukuran 225/65 R17 lengkap dengan dua tipe pengereman.

Untuk rem depan menggunakan Ventilated Disc dan untuk yang belakang menggunakan tipe Disc. Pengereman ini dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan BA. Teknologi inilah yang akan memberikan tingkat pengereman yang sempurna dan handal. Kelebihan Nissan X-Trail lainnya juga dibekali dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan. Selain itu, Nissan X-Trail memiliki legroom dan headroom lega. Kapasitas bagasinya juga super besar. Melakukan perawatan pada mobil ini juga tergolong murah. BBM nya juga irit. Dengan segala kelebihan yang ada pada Nissan X-trail, etapi bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Adapun kelemahan dari mobil ini adalah :

Nissan x trail interior design

Kelemahan Nissan X-Trail

Instrumen cluster mobil terletak di tengah dashboard. Handlingnya kurang presisi. Bagasinya yang  besar ini melahap kapasitas kursi pada baris kedua. Anda juga akan lebih banyak membutuhkan BBM oktan tinggi. Harganya yang tergolong mahal juga bisa dikatakan menjadi kelemahan dari mobil ini. Dengan harga yang dipatok sedemikian, tidak jarang mobil ini hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu. Tapi tenang saja, dengan harga yang dipatok, sesuai dengan segala kelebihan yang ada di mobil ini. Apalagi jika Anda adalah orang yang hobi berpetualang di jalanan yan medannya berkelok-kelok. Mobil ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Tidak perlu khawatir dengan harga yang dipatok tinggi. Toh, saat ini banyak dealer-dealer mobil yang menjual mobil dengan cara dikredit. Jadi bagaimana? Masihkah Anda ragu untuk memiliki Nissan X-Trail?

Nah, setelah melihat spesifikasi, kelebihan serta kelemahan Nissan X-Trail, Mobil Suv Paling Tangguh dan Nyaman ini semoga bisa membantu Anda untuk memilih. Yang jelas, dengan tampilan desain yang begitu sporty, mewah, dan tampak begitu berkarakter banyak orang yang melirik untuk segera memilikinya. Apakah orang itu termasuk Anda? So, miliki segera Nissan X-Trail.