Review Honda CBR 250RR vs Kawasaki 250 Januari 2017

Honda CBR 250 Terbaru vs Kawasaki Ninja 250 – Persaingan antar perusahaan otomotif dunia nampaknya akan lebih memanas akhir tahun ini. Pasalnya Honda telah mengumumkan perilisan motor terbaru mereka dari kelas 250 cc yang diperkirakan akan memiliki spesifikasi berkualitas tinggi serta digadang – gadang akan menjadi pesaing terkuat dari Kawasaki Ninja 250. Motor tersebut adalah Honda CBR 250. Meskipun belum dirilis resmi nama tersebut, namun banyak spekulasi di kalangan pecinta motor kalau motor Honda terbaru ini akan diberi nama Honda CBR 250RR. Sama seperti pesaing, Kawasaki seakan tidak mau kalah. Kali ini mereka merilis motor terbaru mereka dari Ninja series yang diberi nama Kawasaki Ninja 250R. Salah satu gebrakan terbesar pada motor ini adalah dibenamkannya mesin 4 silinder yang sebelumnya belum pernah mereka gunakan. Sungguh sangat menarik melihat persaingan kedua motor ini dipasaran. Nah, sekarang siapakah yang lebih hebat di antara kedua motor sport kelas premium tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Honda CBR 250RR

Oke pembahasan kita mulai dari Honda 250 terlebih dahulu. Motor yang telah diperkenalkan bulan Oktober kemarin ini memang belum dirilis secara resmi. Jadi untuk spesifikasinya pun kita hanya bisa meraba – raba dari data berbagai sumber terpercaya. Menurut sumber yang terpercaya, kabarnya Honda CBR 250 sudah di lengkapi dengan teknologi canggih yang dianggap mampu menyaingi Kawasaki yang selama ini selalu mendominasi produksi motor sport di kelas 250 cc.

Mengingat desain – desain motor sport Honda sebelumnya terkesan kurang keren dan kuno. Kini melalui Honda CBR 250 Honda mencoba menghadirkan desain bodi yang sangar dan fantastis khas motor balap. Desain full fairing ini terlihat meruncing di depan yang dimaksudkan agar Honda 250 mampu melaju dengan kecepatan maksimal tanpa adanya hambatan udara.

Hadirnya Honda CBR 250 ini juga patut membuat para rivalnya waspada. Pasalnya Honda telah menanamkan beragam teknologi terkini pada motor sportnya tersebut. Salah satunya adalah desain dual headlamp berteknologi LED dan mempunyai fitur LED DRL. Selain itu motor ini juga dilengkapi dengan Bubble windscreen serta LED tail dengan desain terbaru yang lebih sporty. Satu lagi yang membuat Honda CBR 250 lebih baik dari para rivalnya adalah adanya teknologi ride by wire dan mode ride yang tidak dimiliki motor lain di kelasnya. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat menyetting motornya sesuai kenyamanan berkendara. Fitur ini juga biasanya hanya bisa ditemukan di motor berkapasitas 600 cc ke atas.

Dengan adanya teknologi ini, bisa dibilang Honda 250 adalah motor kelas 250 cc tercanggih yang pernah ada. Untuk bagian suspensi depan Honda juga kembali berinovasi dengan digunakannya suspensi Upside Down untuk menambah kenyamanan pengendaranya.

Honda membekali motor sport terbarunya ini dengan mesin 2 silinder yang memiliki kubikasi 250 cc. Menurut kabar, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 40 Ps. Kecepatannya akan dioptimalkan dengan sistem transmisi manual 6 tingkat agar kinerja mesin responsif serta akselerasi semakin maksimal. Tidak hanya itu, Honda 250 juga tetap menerapkan teknologi PGM-FI seperti motor – motor produksinya terdahulu. Teknologi ini meningkatkan responsifitas mesin motor Honda CBR 250 serta mengefisienkan pemakaian bahan bakar. Menurut informasi, Honda 250 ini akan dibanderol cukup mahal, namun tidak akan jauh dari motor – motor pendahulunya. Namun harga ini tentunya akan terbayar dengan motor berteknologi canggih yang siap memuaskan para pecinta motor sport. Ban depan dan belakangnya sendiri akan menggunakan Multi spoke alloy wheels yang diselimuti ban besar serta piringan cakram yang akan menjaga keamanan pengendaranya. Untuk lebih lengkapnya, berikut spesifikasi Honda CBR 250.

harga-honda-cbr250rr-1

MESIN
Tipe : 4-stroke, 8 Valve, Parralel Twin Cylinder Liquid cooled with auto electric fan
Kapasitas : 249,7 cc
Rasio kompresi : 11.5 : 1
Diameter x Langkah : 62.0 x 41.4 mm
Throttle system : Throttle – By – wire system accelerator position sensor
Sistem bahan bakar : PGM FI
Transmisi : 6 speed
Starter : Electric
BODI
Dimensi : 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak terendah ke tanah : 145 mm
Jarak sumbu roda : 1.389 mm
Kapasitas tangki : 14.5 L
Tinggi tempat duduk : 790 mm
RANGKA
Tipe : Diamond frame
Suspensi depan/belakang : Upside Down/Alumunium Swing Arm
Ban depan/belakang : 110/70 – 17 54S / 140/70 – 17 66S
Rem depan : Hydraylic disc dual piston
Rem belakang : Hydraulic disc single piston

Selanjutnya….

/ins>