Home » Review » Review Motor » Harga Kawasaki D-Tracker 150 SE Mei 2017, Review & Spesifikasi

Harga Kawasaki D-Tracker 150 SE Mei 2017, Review & Spesifikasi

Harga Kawasaki D-Tracker 150 SE – Kawasaki Motor memang salah satu perusahaan otomotif paling handal dalam soal motor sportnya dan lagi-lagi mereka mengeluarkan produk terbaru yang diberi nama New Kawasaki D Tracker 150 SE. Sebelumnya Kawasaki juga telah meluncurkan berbagai macam motor sport seperti Kawasaki Ninja 250 FI serta Kawasaki KLX 150 dan 250 yang juga mempunyai performa handal. Dan kali ini demi menggebrak pasaran otomotif mereka menghadirkan versi terbaru dari D-Tracker dalam kategori Supermoto.

Kawasaki D-Tracker 150 SE

Sama seperti generasi sebelumnya, Kawasaki terbaru yaitu D-Tracker 150 Special Edition (SE) mengusung mesin berkapasitas 150 cc. Untuk edisi spesial ini pastinya spesifikasi dan performa yang ditawarkan akan lebih bertenaga dan handal dibandingkan versi biasa. Tampilan motornya sendiri juga terkesan gahar, macho, dan gesit meski bodinya memiliki ukuran yang bisa terbilang mungil. Dengan speknya tersebut, motor ini dapat digunakan dalam ajang balapan di berbagai macam medan seperti medan halus dan juga medan-medan yang terjal. Bodinya yang kecil pastinya mampu bergerak lincah kesana kemari dengan cepat dan meski Anda membawanya berkendara di jalanan, motor ini akan dapat menerobos kemacetan berkat desainnya yang tidak berukuran begitu besar.

Desain urbannya yang keren dimana dibalut dengan striping berwarna menawan dan bergaris spesial menjadikannya sebuah full-size supermoto idaman. Model special edition ini pastinya juga mempunyai kelebihan dibandingkan dengan model biasa atau standart khususnya untuk beberapa fitur seperti dilengkapi dengan Handle Cover, Fatbar, Velg hitam, Frame cover, suspensi depan berwarna gold, dan Skid Plate.

Harga Kawasaki D-Tracker 150 SE

Luncuran terbaru dari PT Kawasaki Motor Indonesia atau disingkat KMI ini mempunyai harga yang terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis motor trail lainnya. Memang supermoto ini kelihatan sangat mirip dengan motor trail karena supermoto memang sebetulnya sebuah motor trail namun dengan ban yang dikhususkan untuk berjalan di aspal. Meski begitu motor D-Tracker ini tetap mampu melintasi medan jalan terjal asalkan tidak terlalu berat.

Jika penasaran berapa harganya di wilayah ibu kota dan sekitarnya, maka berikut tabel harga Kawasaki D-Tracker 150 SE terbaru:

Harga Kawasaki D-Tracker 150 SE
Kawasaki D-Tracker 150 StandartRp 30.900.000
Kawasaki D-Tracker 150 SERp 32.900.000

Harga Kawasaki D-Tracker di atas merupakan harga yang ada di area Jadetabekser, sehingga untuk area lainnya mungkin sedikit berbeda dan harga di atas juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Kawasaki D-Tracker 150 SE

Mesin

Tipe

Sistem valve

Tenaga Maksimum

Torsi Maksimum

Diameter x Langkah

Volume Silinder

Sistem Pengapian

Sistem Bahan Bakar

Perbandingan Kompresi

Jumlah Transmisi

Tipe Starter

Tipe Kopling

 

4-Langkah, Pendingin Udara

SOHC 2 valve

12 PS / 8000 rpm

11,3 Nm / 6500 rpm

58,0 mm x 54,4 mm

144 cc

Digital DC-CDI

Injeksi (PGM FI)

9.5 : 1

5 Percepatan

Electric dan Kick Starter

Wet multi-disc, manual

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

Jarak Poros Roda

Jarak ke Tanah

Berat

Kapasitas Bensin

 

2,015 x 950 x 1,130 mm

1,355 mm

270 mm

118 kg

7 Liter

Rangka

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

Rem Depan

Rem Belakang

Ban Depan

Ban Belakang

 

35 mm inverted fork with up-side down

Uni-Trak, with 5-way adjustable preload

Single 300 mm petal disc Twin-piston

Single 220 mm petal disc Single-piston

100/80 – 17 M/C 52P

120/80 – 17 M/C 58P

Fitur

 

 

Indikator bahan bakar

Fatbar

Handle Cover

Frame cover

Skid Plate

Velg hitam


Desain Kawasaki D-Tracker 150 SE

Setelah kemunculan Kawasaki KLX, produk terbaru yaitu D-Tracker 150 dimunculkan oleh PT KMI dengan model terbaru. Desain Kawasaki D-Tracker 150 SE ini menampilkan tampilan terbaru yang lebih agresif dan berani dibandingkan versi-versi sebelumnya. Memang motor ini sangatlah cocok dikendarai untuk mereka yang ingin mencari motor adventure dengan kualitas tinggi dan premium. Penampilannya yang gahar dapat dilihat mulai dari bagian depan yaitu fascia, bagian bodi samping, hingga ke bagian buntut belakang. Keseluruhan desain bodi mempunyai desain yang sangat unik namun tetap memberikan ciri khas sebuah supermoto.

Jika pada model terdahulu, desain lampu depan dibentuk ‘V’, maka untuk desain lampu di bagian depan versi terbaru ini dibentuk dengan konsep ala Transformer, sementara di bagian sampingnya tersemat shorud baru. Kemudian di bagian buntutnya juga kelihatan tersisip model baru yang modern dan gaya yang melengkapi keseluruhan bodi motor dan menyatu dengan konsepnya sebagai supermoto. Lalu di bagian samping juga kelihatan proporsional dengan

Kemudian yang menjadi perhatian adalah pada bagian posisi tempat duduk atau riding yang diposisikan agar tetap memberikan kenyamanan bagi pengendaranya terutama ketika motor melintasi medan jalanan yang cukup berat. Desain Kawasaki D-Tracker 150 SE terbaru ini memiliki dimensi panjang hingga 1.900 mm, dan lebarnya yang mencapai 770 mm, serta tingginya 1.060 mm, dan beratnya sekitar 114 kg dimana sangat pas dan saling melengkapi agar motor tetap dapat dikendarai senyaman mungkin.

Selain pada bagian bodi, bagian lainnya yang kelihatan menonjol adalah soal ukuran velg alias bagian kaki-kaki. Ukuran untuk bagian velg ini sangat kentara dibuat lebih besar dari sebelumnya dan kelihatan sangat kekar. Tidak heran karena ukuran velg yang digunakan pada model Special Edition ini mencapai 17 inch, sedangkan untuk versi sebelumnya hanya dibekali velg berukuran lebih kecil yaitu 14 inch saja. Untuk warna velg versi special edition ini juga berbeda dari versi standartnya, karena jika di versi standart warna velgnya adalah stainless steel chrome, maka untuk versi spesial ini warna yang disematkan adalah velg berjari-jari lapis hitam. Dan perlu juga Anda ketahui bahwa Anda dapat memilih 2 macam warna D-Tracker yaitu Lime Green dan Shine Yellow.

Panel Indikator dan Spidometer

Ada tampilan sangat fresh yang disematkan pada model Kawasaki D-Tracker 150 Special Edition ini yaitu adanya pada panel dashboard dengan berbagai macam indikator baru yang pada versi sebelumnya tidak disematkan. Indikator baru ini menunjukkan berbagai macam kondisi motor yang sedang dikendarai, misalnya saja indikator lampu utama, gigi netral, dan indikator lampu sein. Selain itu pada panel dashboard ini juga sudah dilengkapi dengan indikator bahan bakar serta fuel meter. Dan terakhir adalah desain menawan pada bagian kanan dimana terdapat indikator panel speedometer yang dilengkapi dengan teknologi trip meter analog.

Suspensi Kawasaki D-Tracker 150 SE

Selain soal keunggulan yang diberikan pada panel dashboard, ada keunggulan lain yang tersemat yaitu di bagian suspensinya baik depan maupun belakang. Suspensi Kawasaki D-Tracker 150 SE untuk bagian depan tersemat jenis upside down dimana sangat mampu memberikan kenyamanan berkendara khususnya ketika berada di medan jalan kurang rata karena suspensi ini memudahkan handling yang dilakukan pengemudi. Lalu untuk bagian belakang tersemat suspensi jenis uni-track yang melengkapi performa suspensi depan. Jika berbicara soal keamanan maka untuk motor ini disematkan rem depan berjenis single disc brake dengan piringan cakram 300 mm, sedangkan untuk rem belakang adalah jenis cakram 220 mm. Selain itu, spesifikasi untuk Kawasaki D-Tracker 150 SE ini di bagian kakinya juga memakai gir terbaru yang berjumlah 45 mata padahal sebelumnya D-Tracker versi lama hanya memasang gir dengan 41 jumlah mata gir, tentunya hal ini menjadi peningkatan yang baik. Untuk edisi SE warna suspensi gold yang nampak mencolok menjadikan supermoto ini semakin keren untuk dilihat dan semakin unik.

Pelengkap Kawasaki D-Tracker 150 SE

Sebagai pelengkap, Kawasaki Special Edition memasangkan berbagai macam fitur-fitur baru yang tidak ada pada versi standartnya, yaitu Handle Cover, Fatbar, Skid Plate, dan Frame cover. Lalu di bagian bawah mesinnya juga terpasang sebuah cover penutup untuk mencegah agar lumpur maupun kotoran lainnya tidak mudah masuk. Kemudian ada lagi sebuah head cover baru yang melapisi bagian lampu depan yang membuat tampilannya semakin garang, lampu ini sendiri juga tak berbentuk bulat dan malahan ada banyak lekukan-lekukan tajamnya.

Kesimpulannya, pada edisi motor terbaru ini ada banyak sekali fitur-fitur yang ditambahkan dengan dilengkapi teknologi dan sistem lebih modern. Tentunya hal ini akan membuat motor semakin kelihatan menarik dan hebat. Meski begitu edisi spesial ini juga masih saja mempertahankan beberapa elemen lama yang ada di versi atau generasi sebelumnya, contohnya seperti jenis mesin alias dapur pacu yang akan kita bahas di bawah ini.

Mesin Kawasaki D-Tracker 150 SE

Mesin Kawasaki D-Tracker 150 SE berkapasitas 144 cc jenis SOHC 2 katup yang mampu menelurkan tenaga maksimal hingga  12 PS pada perputaran mesin 8000 rpm dan torsi maksimum sampai 11,3 Nm pada perputaran mesin 6500 rpm seperti yang sudah terlihat jelas pada tabel spesifikasi di atas. Meski torsi yang dihasilkan oleh D-Tracker SE ini sepertinya lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah torsi yang mampu dihasilkan pada generasi sebelumnya, akan tetapi kekuatan yang diberikan lebih bertenaga padahal mesin yang dipakai tetaplah sama. Mesin ini juga didukung dengan transmisi manual 5 percepatan. Ditambah lagi mesin supermoto berkompresi 9.5 : 1 ini berukuran diameter x langkah sebesar 58,0 x 54,4 mm. Perlu Anda ketahui bahwa spek Kawasaki ini pada ruang dapur pacunya juga telah bersertifikat Euro 3 dan juga dilengkapi dengan pendingin udara agar suhunya bisa lebih stabil.

Secara keseluruhan baik pada bagian desain, fitur, suspensi, mesin, dan bagian-bagian lainnya maka Kawasaki D-Tracker secara resmi telah memberikan peningkatan berarti untuk edisi terbaru SE ini. Peningkatan tersebut meski tak banyak dilihat pada bagian mesinnya yang nyaris sama dengan edisi sebelumnya dan cc mesin yang terlalu standart, namun dapat terlihat jelas di bagian desain dan fitur-fitur modern tambahan yang ada. Kalau soal kekurangan, mungkin hanya ada di bagian harganya saja yang bisa dibilang tidak terlalu murah karena mencapai 30 jutaan rupiah, jadi jika Anda ingin beli namun tak punya cukup budget maka Anda bisa memilih untuk memberli model standart yang tetap sama gaharnya.

Demikian review mengenai harga Kawasaki D-Tracker 150 SE dan spesifikasinya, semoga informasi di atas dapat semakin membantu Anda dan menjadi referensi berarti sebelum memutuskan untuk membeli motor supermoto ini.