Harga New Yamaha R15, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Harga New Yamaha R15, Spesifikasi & Review – Kabar berita mengenai adanya pembaruan Yamaha R15 beberapa waktu lalu oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Facturing (YIMM) masih menjadi perbincangan. Dan tepat awal tahun 2017, perusahaan tersebut memperkenalkan New Yamaha R15 dengan beberapa perubahan. Yamaha R15 sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 di Indonesia, sedangkan untuk peluncuran produk terbarunya ini Yamaha juga mendatangkan 2 pembalap Moto GP kenamaan, yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Vinales sendiri resmi ditunjuk sebagai brand ambassador dari New Yamaha R15 yang diadakan di Sentul International Circuit, Bogor.

Untuk Yamaha R15 tipe terbaru, Anda bisa melihat tampilan yang lebih segar daripada generasi sebelumnya. Facelift yang ada dapat dilihat pada bagian depan dan juga beberapa bagian di samping bodi motor balap ini. Pembaruan dilakukan dengan berfokus pada beberapa sektor seperti fitur-fitur modern dan canggih serta desainnya agar Yamaha dapat semakin mudah bersaing dengan para pesaing terberatnya seperti Honda yang sama-sama pabrikan asal Jepang. Apalagi persaingan motor balap Yamaha R15 semakin ketat dengan produk buatan Honda yaitu All New CBR150R.

r 15 lama vs r15 baru

Sebelum kita membahas tentang harga New Yamaha R15 dan spesifikasi secara lebih mendalam, perlu Anda ketahui bahwa pabrikan otomotif Jepang ini memperkenalkan R15 tepat pada bulan April tahun 2014 lalu dan respon masyarakat sangatlah antusias. Tidak tanggung-tanggung, motor balap yang mendapat julukan sebagai ‘Baby R6’ ini telah memiliki banyak penggemar berat. Dan ketika mendengar bahwa New Yamaha R15 akan dilaunching, sontak hal tersebut makin membuat konsumennya penasaran, pasalnya motor ini digadang-gadang akan menyematkan tampilan yang mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan unsur Super Sportnya. Ditambah lagi, motor sport ini akan didukung oleh dapur pacu bertenaga ditambah teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang dikatakan akan membuat konsumsi bahan bakarnya tidak mudah boros alias super irit.

Jika Anda merasa penasaran berapa harga dan spesifikasi maupun kelebihan-kelebihan lain dari New Yamaha R15 ini, maka berikut kami berikan reviewnya secara mendetail, simaklah.

Harga New Yamaha R15

Sayangnya belum ada keterangan resmi tentang harga New Yamaha R15 terbaru, bahkan di website resminya sekalipun. Namun yang dapat dipastikan adalah, R15 facelift ini akan dibanderol jauh lebih tinggi dari sebelumnya bahkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Akan tetapi, banyak pengamat otomotif yang memperkirakan bahwa motor R15 2017 ini akan naik sekitar 3,5 juta dibandingkan tahun sebelumnya mengingat banyaknya upgrade dan perubahan yang diberikan oleh Yamaha. Harganya mungkin akan berkisar antara 33 sampai dengan 35 jutaan rupiah. Berikut ini daftar harga New Yamaha R15:

Harga New Yamaha R15
All New Yamaha R15Rp 33 juta s.d 35 jutaan (Perkiraan)

Akan ada banyak varian warna yang ditawarkan Yamaha R15 seperti warna Matte Black, Racing Blue, dan Matte Red. Namun perbedaan warna tersebut tidak akan berpengaruh pada harga New Yamaha R15. Sekali lagi perlu dicatat, harga di atas merupakan perkiraan saja dan pastinya akan mengalami perubahan sewaktu-waktu, apalagi jika harga resmi sudah disampaikan oleh pihak Yamaha. Kami akan segera mengupdate harga tersebut ketika mendapatkan informasi terbaru. Harga yang kami berikan adalah harga OTR (On The Road) untuk area Jakarta dan sekitarnya, harga-harga pada wilayah atau area lainnya bisa berbeda.

Spesifikasi New Yamaha R15

Berikut ini adalah spesifikasi All New Yamaha R15 secara lebih mendetail serta lengkap. Simak informasinya, jika merasa penasaran dengan informasi speknya:

Tipe Mesin

Kelas

Isi Silinder

Jumlah/ Posisi Silinder

Diameter x Langkah

Daya Maksimum

Torsi Maksimum

Sistem pemasukan bahan bakar

Perbandingan Kompresi

Kapasitas Minyak Pelumas Mesin

 

Bahan Bakar

Kapasitas Tangki

 

Transmisi

Dimensi

P x L x T

Jarak sumbu roda

Jarak bodi ke tanah

Berat Kosong

Tipe Starter

Tinggi tempat duduk

 

Rangka dan Roda

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

Rem Depan

Rem Belakang

Ukuran Ban Depan

Ukuran Ban Belakang

Ukuran Velg

 

Kelistrikan

Tipe Baterai

Busi

Pengapian

Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA

150

155.1 cc

Single Cylinder

58.0 x 58.7 mm

14,2 kW/10000rpm

14,7 Nm/8500rpm

Fuel Injection

11.6 ± 0.4 : 1

Total =1.05 L ; Berkala = 0.85 L ; Ganti Filter Oli = 0.95 L

Bensin

11 Liter

 

Manual

 

1990 mm x 725 mm x 1135 mm

1.325 mm

155 mm

137 kg

Elektrik

815 mm

 

Deltabox

Telescopic Fork (Inverted)

Link monoshock

Disc brake

Disc brake

100/80-17M/C 52P

140/70-17M/C 66S

17 inchi

 

 

GTZ4V/YTZ4V

NGK/MR8E9

TCI

Untuk spesifikasi model/jenis lain silahkan kunjungi link berikut LINK.

Review New Yamaha R15

yamaha r 15 baru 2017

Desain dan speedometer New Yamaha R15

Desain New Yamaha R15 akan jauh lebih menawan dan menarik dibandingkan versi sebelumnya, tampilannya akan lebih sporty berkat adanya konsep super sport ala Yamaha R series. Tidak hanya itu, bodinya akan dibuat agar dapat memiliki sistem aerodinamis yang lebih baik sehingga motor balap ini dapat meluncur menembus angin dengan kecepatan tinggi tanpa susah payah. Yang menjadi keunggulan dari desain R15 adalah bentuk bodinya yang mengusung tema full fairing, membuatnya jadi nampak lebih keren dan gayanya sendiri dibuat lebih meruncing serta ramping sehingga akan semakin memperlihatkan kesan racing.

Sebagai motor sport yang menjadi unggulan dari produk otomotif Yamaha, desain sportnya akan lebih ditonjolkan melalui bentuk lampu depannya (headlamp) yang kelihatan menyipit serta lebih tajam, sangat eye-catching di jalanan. Belum lagi lampu tersebut akan didukung dengan teknologi LED yang mampu memberikan pencahayaan sangat terang di sepanjang perjalanan malam hari atau saat sedang kondisi gelap. Lalu, di bagian samping motor nampak sebuah tangki bahan bakar berukuran besar dan kokoh dimana dapat menampung bensin sampai 11 liter, membuat motor ini mampu dikendarai dalam perjalanan jauh sekalipun terutama jika Anda berencana untuk melakukan mudik.

Beralih ke bagian jok atau tempat duduknya, motor New Yamaha R15 dibuat meninggi pada bagian belakangnya. Jok yang mengusung konsep sport meninggi untuk penumpang belakang ini menjadikan kesan motor balap semakin kentara. Ditambah lagi kalau Anda melihat part sampingnya, maka tersemat knalpot gas pembuangan dengan desain racing yang makin memperkuat tampilan modernnya. Lalu, kalau Anda melihat bagian belakang motor, maka lampu yang disematkan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan headlamp, karena bagian stoplampnya juga sama-sama mengusung teknologi LED untuk penerangan maksimal. Namun, motor ini masih akan dilengkapi dengan lampu hazard yang menjadikan motor ini layak sebagai motor touring yang siap dibawa kemana saja dan di segala macam medan jalanan.

Setelah membahas tentang desain bodi dari All New Yamaha R15 ini, maka kita juga tidak boleh ketinggalan dalam membahas bagian panel instrument alias dashboardnya. Desain eksterior New Yamaha R15 untuk bagian dashboard telah mengusung konsep racing yang mewah. Alasannya adalah, panel indikator yang dipasangkan pada motor balap Yamaha terbaru ini keseluruhannya membawa teknologi panel full digital. Panel tersebut akan memberikan berbagai macam informasi khususnya mengenai perpindahan kecepatan motor dari speedometer yang dilengkapi dengan dengan shift timing light. Panel ini pun juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengendara. Selain itu, panel ini masih didukung dengan gear position untuk menampilkan informasi tentang posisi percepatan saat Anda mengendarai motor ini.

Banyak sekali fitur-fitur canggih serta modern pada panel instrumen ini, selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada fitur nama dimana pengendara dapat memasukkan namanya sebanyak 6 digit ke tampilan LCD speedometer yang terpasang. Lalu masih ada banyak tambahan fitur-fitur menarik lainnya yang diterapkan untuk mendukung Multi Information Display yang ada pada panel instrumen motor ini. Intinya, Yamaha berhasil untuk memberikan desain dashboard yang siap memberikan banyak info penting yang dibutuhkan oleh pengendara terkait dengan keadaan atau kondisi motornya berkat kecanggihan teknologi serta fitur yang disematkan.

Dimensi New Yamaha R15

Jika kita berbicara tentang dimensi New Yamaha R15 ini, maka hal tersebut tidak boleh lepas dari info mengenai rangka dan ukuran bodinya. Perlu diketahui bahwa Yamaha memberikan sedikit perubahan pada bagian ukuran dan berat motor jika dibandingkan dengan tipe-tipe tahun yang lalu. Ukurannya memang menjadi lebih besar dan bodinya menjadi lebih berat, namun hal tersebut tidak mempengaruhi performa bodi motor ini secara keseluruhan.

Mengenai rangkanya sendiri, Yamaha telah memberikan rangka Deltabox yang terkenal akan kekokohan serta kekuatannya, sehingga membuat motor tidak gampang rusak menghadapi berbagai kondisi jalan atau bahkan medan. Untuk ukuran dimensi bodinya, motor ini bisa dikatakan lumayan besar dan juga berat, pasalnya motor R15 mempunyai ukuran panjang 1990 mm dengan lebar 725 mm dan tingginya ialah 1135 mm, sedangkan motor ini mempunyai berat kosong 137 kg. Memang sangat berat akan tetapi justru hal tersebut membuat motor ini jadi lebih stabil serta mudah untuk dikendalikan dan aman untuk dikendarai.

Meski ukurannya besar dan berat, namun motor ini masih kelihatan ramping untuk memberikan sistem aerodinamis yang baik. Bagian tinggi joknya juga standar yaitu setinggi 815 mm dan ketinggian tersebut sudah sesuai dengan postur tubuh dari kebanyakan orang Indonesia. Berkat ketinggian yang standard, maka pengemudi tidak perlu untuk susah payah berjinjit ketika mengendarai motor ini. Mengenai ground clearance atau jarak bodi ke tanah juga cukup tinggi, 155 mm sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau motor ini menemui medan bergelombang yang kurang rata. Kesimpulannya, dimensi dari All New Yamaha R15 sudah mempunyai ukuran dan desain yang sangat bagus khususnya bagi konsumen Indonesia.

Fitur New Yamaha R15

Yamaha-R15-v3.0

New Yamaha R15 berbekal fitur-fitur canggih idaman baik untuk fitur keamanan dan kenyamanannya yang makin mendukung performa dari motor balapan ini. Salah satu fitur tersebut dapat kita lihat dari adanya Variable Valve Actuation (VVA). Seperti yang sudah kita ungkapkan sebelumnya, fitur ini akan makin memaksimalkan kerja dari Yamaha R15 agar mesinnya menjadi lebih bertenaga sedangkan konsumsi bbm-nya menjadi lebih irit. Teknologi ini juga membuat torsi semakin rata di setiap putaran mesinnya. Selain itu, juga tersedia fitur Assist & Slipper Clutch dimana berfungsi untuk membuat kopling semakin ringan dan akselerasinya menjadi lebih cepat, sedangkan perpindahan giginya juga makin halus. Fitur New Yamaha R15 ini akan membuat pengendara semakin mudah, nyaman, dan aman untuk mengendalikan motor sport keren ini.

Suspensi New Yamaha R15

Saat ini kita berbicara mengenai review suspensi dan juga kaki-kaki dari Yamaha R15 yang terkenal sangat kokoh serta kuat untuk menopang bodi motor Yamaha ini. Suspensi depan yang disematkan oleh pabrikan asal Negeri Sakura tersebut ialah Telescopic Fork (Inverted), sedangkan untuk suspensi belakangnya sendiri Yamaha melengkapi dengan suspensi Link Monoshock. Suspensi tersebut mampu membuat motor meredam goncangan keras ketika berada di jalanan yang kurang rata. Beralih ke bagian kaki-kakinya, ukuran ban yang dipakai adalah 100/80-17M/C 52P untuk ban depan, sedangkan ban belakang berukuran 140/70-17M/C 66S yang didukung oleh velg kuat ukuran 17 inchi. Dengan kombinasi ban serta velg racing tersebut, menjadikan handling dapat dilakukan dengan lebih mudah dan ringan. Belum lagi desain dari ban serta velgnya yang tampil sangat gagah. Untuk mendukung suspensi serta ban maupun velg yang diberikan, masih tersemat rem depan dan belakang Disc Brake dengan diameter 282 mm sehingga Anda dapat melakukan pengereman secara optimal, bahkan ketika kendaraan harus berhenti mendadak dari jarak dekat. Dapat dipastikan bahwa suspensi New Yamaha R15 sangatlah memuaskan.

Mesin New Yamaha R15

Yang terakhir, mari kita beralih untuk membicarakan soal dapur pacu alias jeroan dalam motor ini. Motor Yamaha R15 mempunyai mesin yang sangat tangguh dan bisa dikatakan memiliki performa yang terhandal di kelasnya. Mesin yang diusung adalah tipe SOHC dengan 6 percepatan dan 4 Katup berkapasitas silinder 155.1 cc yang lebih besar dari kapasitas mesin generasi sebelumnya yang hanya 150 cc. Mesin tersebut diklaim bisa menyemburkan power sebesar 14,2 kW pada putaran mesin 10.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 14,7 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm. Mesin New Yamaha R15 ini juga didukung dengan sistem transmisi manual serta teknologi fuel injection yang mengoptimalkan proses kerja mesin dan menjadikannya lebih irit. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi Liquid Cooled yang mencegah agar mesin tidak mengalami overheat atau kepanasan selama perjalanan Anda. Dan seperti yang sudah sempat dijelaskan sebelumnya bahwa agar mesin mendapatkan tenaga serta torsi maksimal, maka Yamaha memberikan teknologi VVA. Belum lagi Yamaha menyematkan Electric starter sehingga Anda dapat mudah untuk menghidupkan mesinnya.

Demikian informasi tentang review harga Yamaha R15 2017 ini yang baru saja diperkenalkan oleh pabrikan otomotif Jepang Yamaha. Memang Yamaha saat ini sedang bersaing cukup ketat dengan pabrikan otomotif lainnya seperti Honda dan Suzuki dimana mereka juga mempunyai produk-produk unggulannya sendiri yang bertanding di kelas atau segmen yang sama dengan Yamaha R15. Di India sendiri, motor Yamaha R15 disebut sebagai V3 yang siap menjegal Honda CBR150R yang sudah terlebih dahulu memasuki pasaran otomotif.

Video New Yamaha R15

Secara keseluruhan, Yamaha berhasil memberikan pembaruan yang lebih canggih daripada versi lama sebelumnya. Meski harganya jadi lebih mahal, tetapi akan sepadan dengan spesifikasi premium yang diberikan pada motor facelift ini. Tidak tanggung-tanggung Yamaha juga menyematkan fitur Assist & Slipper Clutch dan rupanya fitur tersebut baru pertama kali ini diterapkan pada motor sport di kelas 150 cc karena fitur itu biasanya hanya terpasang pada motor berkapasitas lebih besar. Inilah harga New Yamaha R15 dan spesifikasi yang ada.

/ins>

You might also like More from author