Home » Review » Review Motor » Harga Honda Vario 110 eSP, Spesifikasi & Review Maret 2017

Harga Honda Vario 110 eSP, Spesifikasi & Review Maret 2017

Harga Honda Vario 110 eSP – Geliat pergerakan pasar motor matic di Indonesia memang selalu tinggi di setiap tahunnya. Hal ini tak lepas dari besarnya minat masyarakat khususnya dari kalangan menengah ke bawah pada motor tipe skutik ini, yang di nilai lebih mudah di operasikan, dan lebih trendy. Terlebih ditunjang dengan semakin banyaknya motor – motor skutik yang dirilis oleh berbagai pabrikan otomotif seperti Yamaha, Suzuki, atau pun Honda semakin memanjakan konsumen dalam memilih motor matic idamannya. Berbicara mengenai motor matic, pada pesempatan ini, kami akan mengulas mengenai salah satu variant motor skutik canggih keluaran perusahaan raksasa Honda yang di labeli dengan nama Honda Vario 110 eSP. Pastinya semua pembaca sudah akrab kan dengan nama tersebut. Karena kalau kita lihat, mulai dari awal kemunculannya beberapa tahun yang lalu hingga sekarang, keluarga “Vario” bisa di bilang selalu mendapatkan respon yang bagus masyarakat, dan penjualannya pun terbilang tinggi.

Nah, buat anda yang belum tahu, sebelum Honda Vario 110 eSP ini, Honda sudah memproduksi banyak sekali seri motor Vario seperti Honda Vario 125, Honda Vario 150, hingga Honda Vario 110. Dan untuk Honda Vario 110 eSP sendiri adalah motor hasil upgrade dari Honda Vario 110 yang ditambah beberapa elemen fitur dan teknologi yang canggih.

Review Spesifikasi dan Harga Honda Vario 110 eSP

New honda vario ESP 110

Vario 110 eSP

Setelah sebelumnya mendulang sukses besar melalui Honda Vario 150 dan Honda Vario 125, PT. Astra Honda Motor (AHM) tidak berniat menghentikan pergerakannya di segmen motor skutik. Bahkan mereka semakin memperkuat usaha dengan kembali merevisi salah satu produknya yang bernama Honda Vario 110 untuk ditambahkan beberapa teknologi dan fitur – fitur canggih. Hasilnya, setelah beberapa bulan memperkenalkan Honda Vario 150, perusahaan asal negri Matahari Terbit ini secara resmi merilis motor terbarunya yang diberi nama Honda Vario 110 eSP.

Salah satu perubahan mencolok yang dibawa oleh Honda Vario 110 eSP ini adalah telah disematkannya teknologi eSP. Yaitu sebuah teknologi yang dikembangkan oleh pihak Honda sendiri. Berbeda dengan pendahulunya Honda Vario 110 yang tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut. Sebenarnya, selain Honda Vario 110 eSP, Honda masih memiliki senjata lain di sektor motor skutik 110 cc. Diantaranya ialah Honda Scoopy dan Honda Beat. Namun Honda memastikan kehadiran Honda Vario 110 eSP tidak akan mengganggu pemasaran kedua motor skutik tersebut. Sebaliknya dengan hadirnya Honda Vario 110 eSP, Honda berniat semakin mempertegas posisi mereka di segmen motor skutik. Jika dilihat dari segi  spesifikasinya, motor Honda Vario 110 eSP ini tidak berbeda jauh dari pendahulunya, yakni Honda Vario 110 FI.

Beberapa perbedaan hanya terdapat pada striping yang terlihat lebih dinamis dan beberapa fitur seperti Answer Back System, Idling Stop System, dan yang paling utama tentu saja fitur eSP. Dengan adanya fitur – fitur ini tentu membuat Honda Vario 110 eSP semakin nyaman ketika digunakan dari pada versi sebelumnya. Begitu pula dari sektor mesin, Honda Vario 110 eSP juga masih akan menggunakan mesin berkapasitas 110 cc. Kendati memiliki kapasitas yang sama seperti Honda Beat dan Honda Scoopy, pihak Honda mengatakan bahwa Honda Vario 110 eSP memiliki performa yang lebih baik ketimbang dua jenis motor tersebut. Berbeda dengan Honda Beat dan Honda Scoopy yang cocok untuk para kaula muda, Honda Vario 110 eSP lebih cocok untuk anda yang tidak suka membuang – buang waktu dan ingin cepat sampai tujuan karena motor ini memiliki desain dinamis dan gesit untuk melibas berbagai kondisi jalan kota yang terkenal macet dan padat. Penasaran bagaimana spesifikasi detail dari motor besutan Honda ini? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Desain Honda Vario 110 eSP

Nah, setelah mengetahui informasi singkat mengenai perilisan Honda Vario 110 eSP. Sekarang saatnya kita menginjak spesifikasi yang dimiliki motor ini. Di awal, kami akan membahas sektor terluar atau eksterior dari Honda Vario 110 eSP terlebih dahulu. Sebagai versi upgrade dari Honda Vario 110, tentu motor Honda Vario 110 eSP ini akan memiliki bodi yang sedikit lebih cantik dari pada saudara tuanya tersebut. Secara keseluruhan, memang desain fisik yang dimiliki Honda Vario 110 eSP tidak jauh berbeda dengan Honda Vario 110. Dipertahankannya model Honda Vario 110 ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya desain bodi yang dimiliki motor ini disebut masih cukup bagus dan eye catching untuk para pecinta otomotif utamanya kalangan anak muda.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara kedua motor ini adalah adanya striping baru yang terlihat lebih fresh dengan kombinasi grafis warna yang lebih minimalis namun tetap terlihat elegan. Di bagian depan motor ini, kita dapat menemukan head lamp yang didesain meruncing ke bawah sehingga memberikan kesan modern pada motor Honda Vario 110 eSP ini. Selain desainnya yang sangat elegan, head lamp motor ini juga telah dilengkapi dengan teknologi lampu LED yang mampu menghasilkan cahaya sangat terang. Dengan begini anda tak perlu lagi khawatir ketika hendak berkendara dalam keadaan minim cahaya atau pun jalan tertutup kabut. Dari depan kita beralih ke samping, di bagian ini, bisa dilihat Honda Vario 110 eSP masih mempertahankan model bodykit lama yang dipakai oleh Honda Vario 110. Bodykit ini memiliki beberapa lekukan tajam yang semaking mempertegas kesan modern yang dimiliki motor ini.

Warna Baru Honda Vario ESP 110 2017

Sementara itu di bagian belakang, Honda Vario 110 eSP ini dilengkapi dengan stop lamp yang didesain berbentuk lancip. Di bagian ini Honda juga telah menyematkan sebuah folded hook yang dapat digunakan untuk membawa barang ketika berkendara. Uniknya, folded hook ini bisa dilipat ketika sedang tidak digunakan. Berbicara mengenai tempat penyimpanan, bagian depan motor ini telah dilengkapi dengan double inner rack dengan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai barang kecil seperti botol air mineral, tas mini, hingga gadget. Dilihat secara keseluruhan, memang Honda Vario 110 eSP ini memiliki desain yang lebih cantik dari pada para pendahulunya. Hal ini tak luput dari berbagai improvisasi yang dihadirkan Honda dari versi sebelumnya yaitu Honda Vario 110. Apalagi ditunjang dengan dihadirkannya kelir monotone atau satu warna untuk varian tertinggi yang semakin menambah ke-eleganan motor besutan Honda ini.

Dimensi Honda Vario 110 eSP

Setelah mengetahui desain luar dari Honda Vario 110 eSP, selanjutnya akan kami bahas mengenai dimensi yang dimiliki motor besutan pabrik asal Jepang ini. Jika dilihat secara sekilas, memang Honda Vario 110 eSP memiliki desain yang sangat ramping dan minimalis. Benar saja, secara fisik, Honda Vario 110 eSP memiliki dimensi yang paling mini jika dibandingkan dengan para saudaranya baik itu Honda Vario 110, Honda Vario 150, atau pun Honda Vario 125. Hal ini sepertinya tidak akan menjadi kekurangan dari motor ini karena desain ramping yang dimilikinya justru akan semakin mendukung performa dan kegesitannya di jalanan. Di bagian ini, Honda Vario 110 eSP memiliki panjang 1.888 mm, lebar 679 mm, tinggi 1.091 mm dan bobot kosong mencapai 96 kg.

Dimensi ramping ini sangat cocok untuk menembus jalanan kota yang terkenal akan angka kemacetannya yang cukup tinggi. Dengan begini resiko keterlambatan anda sampai ke tempat tujuan pun bisa lebih diminimalisir. Selain dimensinya yang ramping, kelebihan lain dari motor ini terletak pada ground clearance yang tinggi. Ground clerance motor ini memiliki jarak tertinggi dengan tanah mencapai 140 mm. Ukuran ini dianggap cukup pas untuk melindungi mesin dari benturan polisi tidur yang terlalu tinggi dan cukup nyaman untuk postur tubuh orang Asia khususnya Indonesia. Sementara itu di bawah jok ada terdapat bagasi yang memiliki kapasitas cukup besar, yakni 13 liter. Cukup luas untuk menyimpan berbagai benda yang biasa dibawa seperti buku, dompet, botol air mineral, dan lain – lain.

Panel Instrumen Honda Vario 110 eSP

Pembahasan selanjutnya kita beralih ke sektor panel instrumen indikator atau yang biasa dikenal dengan dashboard. Di sini, terlihat jelas Honda masih mempertahankan desain dari versi sebelumnya yaitu Honda Vario 110. Meski mempertahankan versi lama, namun Honda akan tetap memberikan beberapa sentuhan lembut agar panel indikator ini tetap terlihat modern khas motor masa kini. Perlu anda ketahui bahwa panel indikator khususnya di bagian speedometer motor ini dilengkapi dengan dua cluster yang terletak di bagian atas dan bawah.

Di bagian bawah, panel indikator ini menampilkan informasi mengenai bahan bakar. Sedangkan di bagian terdapat speedometer yang dihias dengan frame bulat dan menggunakan model analog. Keseluruhan panel indikator ini didesain dengan model dan konsep yang amat minimalis namun tetap good looking  dan informatif. Lalu untuk melindungi dashboard Honda Vario 110 eSP ini, Honda telah membekali motor ini dengan cover speedometer beraksen silver sehingga semakin menegaskan kesan modern yang dibawa motor Honda Vario 110 eSP ini.

Selain memiliki desain yang elegan, panel instrumen indikator yang diusung Honda Vario 110 eSP ini juga sangat informatif dan tentunya user friendly. Jadi anda tidak perlu bingung walau pun baru pertama kali menggunakan motor besutan Honda ini. Selain itu dengan informasi lengkap yang terdapat di dalam panel tersebut juga membuat pengendara merasa memegang kendali penuh atas motor yang dikendarainya serta mengetahui kondisi terkini dari motor tersebut.

Mesin Honda Vario 110 eSP

Pembahasan selanjutnya kita beralih ke sektor dapur pacu. Di sektor ini, Honda Vario 110 eSP tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan versi sebelumnya, Honda Vario 110. Hal ini bisa dilihat pada nilai kubikasi mesin yang masih tetap menggunakan 110 cc. Honda Vario 110 eSP sendiri sudah dibekali dengan mesin CVT 4 berteknologi SOHC 4 langkah 108.2 cc. Mesin ini dinilai mampu menghasilkan tenaga hingga 8,7 Ps pada putaran mesin 7.500 rpm. Sedangkan untuk torsinya, mesin motor ini dapat menghasilkan torsi hingga 0,93 kgf.m pada putaran mesin 6.000 rpm.

Kecepatan yang dihasilkan mesin ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis. Di sisi lain, banyak anggapan yang menilai bahwa mesin motor skutik cepat panas terutama saat digunakan dalam jangka waktu lama dan jarak yang cukup jauh. Tapi dengan menggunakan Honda Vario 110 eSP, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini karena mesin motor ini telah dilengkapi dengan teknologi liquid cooler yang siap menjaga suhu mesin tetap stabil meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, anda juga tak perlu mengkhawatirkan kapasitas kubikasi yang kecil karena motor ini tetap mampu bermanuver maksimal di jalanan kota. Performa maksimal yang dimiliki motor ini juga dipastikan tidak akan boros bahan bakar karena Honda Vario 110 eSP telah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection yang dinilai ampuh dalam mengefisienkan penggunaan bahan bakar. Jika disimpulkan, Honda Vario 110 eSP akan memiliki performa yang maksimal dengan mesin canggih berteknologi tinggi. Apalagi ditunjang dengan bodi ramping yang dimilikinya sehingga hambatan yang diterima pun semakin minimal.

Rangka Honda Vario 110 eSP

Bahasan selanjutnya, kami akan menyinggung masalah keamanan dan kenyamanan motor Honda Vario 110 eSP dimana akan melibatkan suspensi, kaki – kaki, dan tentunya komponen pengereman. Motor Honda Vario 110 eSP ini memang memiliki bodi yang terbilang ramping. Namun hal ini bukanlah alasan motor tersebut tidak dapat atau tidak nyaman ketika digunakan untuk membonceng seseorang. Dengan bantuan kaki – kaki yang kokoh dan ground clearance yang tidak terlalu rendah membuat motor Honda Vario 110 eSP ini sangat nyaman ketika digunakan sebagai kendaraan untuk mobilitas tinggi. Sementara untuk menunjang kenyamanannya, Honda Vario 110 eSP telah dibekali dengan suspensi – suspensi canggih khas motor Honda.

Seperti di bagian depan motor ini telah disematkan suspensi teleskopik standar dan suspensi tipe lengan ayun di bagian belakang. Kombinasi kedua suspensi berkualitas tinggi ini diklaim mampu meredam segala jenis getaran yang ditimbulkan oleh motor saat melewati jalan bergelombang atau pun berlubang. Selain itu, Honda Vario 110 eSP juga masih menjaga tradisi motor Honda Vario Series dimana versi – versi sebelumnya terkenal dengan kenyamanannya yang amat baik saat digunakan ketika single riding atau pun berboncengan. Hal ini tak lepas dari dukungan kerangka jenis tulang punggung yang sangat kokoh sehingga motor akan tetap stabil ketika digunakan di jalanan yang sedang padat atau pun dalam keadaan jalan yang tidak bersahabat sekalipun.

Kembali ke bagian kaki – kaki, motor Honda Vario 110 eSP ini masih tetap mempertahankan kaki – kaki yang digunakan pada motor Honda Vario 110 versi sebelumnya yaitu ban depan berteknologi tubeless berukuran 80/90 – 14 M/C 40P di bagian depan dan 90/90 – 14 M/C 46P di bagian belakang. Beralih ke sektor pengereman, di sektor ini nampaknya Honda benar – benar memperhatikan keselamatan pengendaranya. Hal ini wajar mengingat performa yang dimiliki Honda Vario 110 eSP terbilang cukup tinggi.

Apalagi jika mengingat motor ini digunakan untuk menembus jalanan kota yang notabene memaksa pengendaranya untuk lebih sering melakukan pengereman. Untuk itu, Honda telah menyematkan teknologi rem cakram hidrolek untuk bagian depan, serta rem jenis tromol di bagian belakang. Tidak berhenti sampai di situ, kedua sistem pengereman ini juga masih akan didukung dengan teknologi CBS (Combi Brake System) yang memungkinkan pengendara lebih mudah dalam mengkontrol kendaraan kendaraan ketika direm sehingga akan lebih aman.

Ftur Honda Vario 110 eSP

Sama seperti sektor – sektor sebelumnya, fitur – fitur yang terdapat pada Honda Vario 110 eSP tidak terlalu berbeda jauh dengan versi sebelumnya, yakni Honda Vario 110. Hanya saja Honda Vario 110 eSP memiliki sedikit keunggulan di sektor ini. Pertama, salah satu fitur yang cukup fungsional pada motor ini adalah adanya Dual Keen Eyes headlights berteknologi LED. Head lamp dengan desain sangar ini mampu menghasilkan cahaya yang sangat terang sehingga pengalaman berkendara pun menjadi semakin aman. Menariknya lagi, lampu LED yang diusung oleh Honda Vario 110 eSP ini juga diklaim memiliki usia yang lebih lama dan tentunya tidak membutuhkan perawatan khusus.

Selain head lamp yang berteknologi modern, sisi ban yang dipakai Honda Vario 110 eSP juga tidak bisa dianggap remeh. Di sini, Honda Vario 110 eSP telah menggunakan ban berteknologi tubeless di bagian depan maupun belakang motor. Selanjutnya, Honda Vario 110 eSP juga telah dibekali dengan teknologi Answer Back System yang dapat memudahkan pemilik motor ketika mencari motornya di tempat parkir. Hal ini tentu sangat berguna bagi anda yang seling lupa menaruh motor di tempat parkir.

Dengan demikian, waktu yang biasanya habis karena digunakan untuk mencari motor bisa semakin terpangkas dan tentunya lebih efisien waktu. Berikutnya ada juga fitur Parking Brake Lock. Fitur ini berfungsi untuk mencegah motor loncat ketika dinyalakan atau agar motor tetap dalam kondisi stabil ketika berhenti di tanjakan. Selain itu ada juga fitur keamanan CBS yang mampu mengoptimalkan kinerja rem. Dengan begini anda tak perlu lagi khawatir terjatuh meskipun melakukan rem mendadak.

Selanjutnya ada juga teknologi Side Stand Switch. Fitur ini adalah fitur yang berfungsi untuk mencegah mesin menyala ketika standar belum dinaikkan. Dengan kata lain anda tidak akan menyalakan mesin motor Honda Vario 110 eSP kecuali standar sudah dinaikkan. Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat standar lupa dinaikkan. Fitur ini juga diketahui merupakan fitur khas dari motor Honda dan terbukti selalu ada di setiap motor skutik keluaran pabrikan asal negeri Matahari terbit ini.

Sementara itu untuk mengamankan motor anda, Honda Vario 110 eSP ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih berupa Key Shutter. Teknologi ini berfungsi sebagai pengamanan kunci bermagnet yang dinilai efektif untuk mengurangi resiko curanmor dan tindak kriminalitas lainnya. Fitur canggih lain yang dimiliki motor ini adalah adanya Idling Stop System (ISS) yang berguna untuk mematikan mesin secara otomatis saat motor dalam keadaan berhenti pada jangka waktu tertentu (biasanya di lampu merah). Dengan demikian, konsumsi bahan bakar motor Honda Vario 110 eSP pun bisa lebih diminimalisir. Dan seperti biasa, kunci pada Honda Vario 110 eSP sudah terintegrasi secara langsung dengan bagasi motor.

Video Honda Vario 110 eSP

Harga Honda Vario 110 eSP

Nah, setelah puas membedah detail dari spesifikasi Honda Vario 110 eSP, mungkin anda sudah tidak sabar ingin mengetahui berapa harga yang dibanderol untuk satu unit motor ini. Namun sebelum itu, sebaiknya anda harus ingat jika motor ini adalah motor versi upgrade dari Honda Vario 110. Jadi wajar jika harganya lebih mahal dari motor tersebut. Oya, motor Honda Vario 110 eSP ini memiliki dua versi, yakni versi biasa (reguler) dan ISS. Untuk Honda Vario 110 eSP biasa di banderol dengan harga Rp. 15.900.000,- sedangkan untuk versi ISSnya di jual dengan harga Rp. 16.700.000,-. Baca juga Spesifikasi dan Harga Honda Beat Street eSP dan Harga Yamaha Fino 125 Blue Core.