Home » Review » Harga New Suzuki Burgman 400 ABS & Spesifikasi Maret 2017

Harga New Suzuki Burgman 400 ABS & Spesifikasi Maret 2017

Suzuki Burgman 400 ABS – Akhir – akhir ini pasar otomotif dunia seakan dibanjiri dengan produk – produk inovasi atau upgrade dari motor – motor sport berbodi besar atau motor adventure touring dan off – road. Namun tahukah anda, ternyata tidak hanya motor sport saja yang terus dikembangkan. Salah satu perusahaan otomotif ternama asal Jepang, Suzuki sekarang sedang gencar – gencarnya mengembangkan teknologi motor matic. Beberapa tahun belakangan memang sering kita lihat motor matic berbodi besar digunakan di jalanan kota – kota besar di Indonesia. Ya, motor matic dengan bodi bongsor tersebut merupakan inovasi dari motor matic sekaligus menjadi fokus utama Suzuki dalam perilisan motor terbarunya kali ini. Salah satu motor matic unggulan dari Suzuki ini diberi nama Suzuki Burgman 400 ABS. Penasaran bagaimana spesifikasi detail dan berapa harga dari Suzuki Burgman 400 ABS? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Review Spesifikasi dan harga Suzuki Burgman 400 ABS

Review Suzuki Burgman 400 ABS

Suzuki Burgman 400 ABS adalah motor terbaru dari Suzuki yang merupakan penerus dari seri 200 cc yang terlebih dahulu telah dilepas ke pasaran sejak beberapa waktu yang lalu. Melihat kesuksesan motor matic sebelumnya, dengan dirilisnya Suzuki Burgman 400 ABS ini Suzuki yakin bahwa motor terbarunya akan diserbu oleh konsumen di pasaran. Namun jika dibandingkan dengan seri terdahulu, Suzuki Burgman 400 ABS memiliki banyak perubahan di berbagai komponen terutama di bagian depan atau muka motor yang terlihat lebih besar yang membuat motor ini tampak lebih epik dan elegan. Tidak hanya masalah tampilan luar, Suzuki juga mengupgrade sebagian besar bagian – bagian dapur pacu dan sistem kenyamanannya. Hal ini ditunjukkan dengan digunakannya partisi berkualitas jempolan yang membuat pengendara merasa sangat nyaman berkendara walau pun menempuh jarak yang sangat jauh. Selain itu, inovasi juga diberikan pada sektor roda dimana pada Suzuki Burgman 400 ABS ini telah terpasang velg tapak lebar yang mendukung laju motor Suzuki Burgman 400 ABS agar lebih kencang, stabil dan tentunya memberikan akselerasi paling maksimal.

Dari data yang diperoleh, velg yang digunakan motor ini memiliki ukuran 15 inch. Untuk ukuran motor matic, velg ini sudah terbilang besar dan bagus. Hal ini tentu membuat pengendara mampu bermanuver maksimal di jalan tanpa mengalami kendala berarti. Tidak hanya itu, motor matic garapan Suzuki ini juga telah dibekali dengan berbagai fitur menarik yang siap menarik minat setiap orang yang melihatnya. Sebut saja fitur charger pada dashboard yang berfungsi sebagai charger darurat ketika gadget anda kehabisan daya di tengah jalan. Ada juga fitur shutter key (anti maling) yang memberikan keamanan lebih ketika motor ini diparkir. Suzuki Burgman 400 ABS ini juga dibekali dengan bagasi yang sangat luas untuk menyimpan berbagai kebutuhan anda.

Desain Suzuki Burgman 400 ABS

Di atas telah kami berikan gambaran sekilas mengenai motor Suzuki Burgman 400 ABS. Selanjutnya mari kita ulas satu persatu tentang spesifikasi motor terbaru besutan Suzuki ini. Pertama kita menuju ke bagian eksterior. Seperti yang telah kami sebutkan, Suzuki Burgman 400 ABS adalah motor matic yang hadir dengan bodi bongsor super besar serta desain yang elegan dan modern. Hal ini juga tak terlepas dari penempatan komponen eksterior seperti headlamp dan lampu sein yang epic serta lekukan – lekukan yang didesain nyaris sempurna. Di bagian depan, kita dapat menemukan dua headlight yang didesain lebar seperti mata namun tajam ke bawah. Jika dipandang dari depan desain headlamp ini memang menambah kegarangan dari motor matic ini. Selain itu lampu utama ini juga telah dilengkapi dengan teknologi dual LED Headlights. Sama seperti motor terbaru kebanyakan, adanya teknologi LED Headlights ini membuat pengendara merasa nyaman meskipun berkendara dalam keadaan jalanan yang gelap karena cahaya yang dihasilkan sangatlah terang. Bagusnya lagi, lampu LED Headlights ini juga tidak mengkonsumsi energi terlalu banyak kendati cahaya yang dihasilkan cukup baik. Selain headlamp, lampu sein Suzuki Burgman 400 ABS ini juga memiliki desain yang bagus dimana lampu sein ini dipasang secara terpisah di bagian depan bodi samping. Lalu untuk melindungi pengendara dari paparan angin, di bagian depan Suzuki Burgman 400 ABS telah dilengkapi dengan wide screen yang kuat dan tentunya transparan.

Dari depan kita sedikit mundur ke tengah. Disini kita dapat melihat foot boards yang cukup luas. Hal ini tentu membuat pengendara lebih nyaman karena dapat memposisikan kaki secara leluasa. Cocok bagi anda yang cepat pegal ketika menempuh jarak yang jauh. Selain dukungan foot boards yang luas, kenyamanan pengemudi juga ditambah dengan desain jok yang sangat bagus. Suzuki Burgman 400 ABS memiliki jok bertingkat dimana antara jok pengemudi dan pembonceng dipisahkan dengan bckrest yang memiliki tinggi 15 mm. Ini membuat pengemudi lebih nyaman saat mengendarai motor terutama saat menempuh jarak yang jauh. Dari depan dan tengah kita beralih ke belakang. Salah satu inovasi terbaru dari Suzuki di sektor ini adalah telah terpasangnya LED Rear combination lamps yang mana di dalamnya telah terdapat stop lamps dan lampu sein yang dirancang dalam satu paket dan terlihat elegan. Tak lupa terdapat logo Suzuki terpampang berwarna chrome pada bodi belakang. Selain desain lampu belakang yang elegan, di bagian ini juga ada pula behel meruncing. Selain memberikan kesan sporty pada motor Suzuki Burgman 400 ABS ini, behel tersebut juga berfungsi sebagai bagi pembonceng.

Dimensi Suzuki Burgman 400 ABS

Dilihat dari gambarnya saja kita dapat menyimpulkan kalau Suzuki Burgman 400 ABS ini memiliki dimensi yang cukup besar untuk ukuran motor matic. Dengan panjang 2.240 mm, lebar 760 mm, dan tinggi mencapai 1.350 kiranya sudah cukup untuk memberikan kestabilan berkendara di jalanan kota. Suzuki Burgman 400 ABS memiliki jarak sumbu roda 1,585 mm dan jarak terendah ke tanah adalah 125 mm. Serta untuk mencukupi kebutuhan berkendara jarak jauh, Suzuki Burgman 400 ABS telah dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang cukup besar dimana tangki ini mampu menyimpan bahan bakar maksimal mencapai 13.5 L. Hal ini tentu membuat anda tak perlu berkali – kali mengisi bahan bakar ketika menempuh jarak yang jauh. Selain itu, Suzuki Burgman 400 ABS ini juga memiliki jok atau tempat duduk yang tidak terlalu tinggi. Dengan begini anda tak perlu khawatir harus berjinjit ketika berhenti di lampu merah atau ketika hendak menaiki motor terbaru dari Suzuki ini.

Sisi kenyamanan lain yang ditonjolkan dari Suzuki Burgman 400 ABS ini adalah di bagian ground clearance nya. Layaknya motor off – road, Suzuki Burgman 400 ABS ini didesain dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk memastikan kenyaman pengendara ketika melewati polisi tidur atau jalanan bergelombang. Tinggi ground clearance ini adalah 125 mm. Ukuran yang cukup tinggi untuk sebuah motor matic.

Panel Instrumentasi Suzuki Burgman 400 ABS

Layaknya motor – motor modern keluaran terbaru, Suzuki Burgman 400 ABS juga telah dilengkapi dengan panel instrumen indikator yang cantik, stylish dan tentunya lengkap. Desain kombinasi antara indikator analog dan digital membuat panel instrumen ini tampak elegan. Pada panel ini, kita telah disajikan tentang beragam informasi mengenai keadaan motor. Baik itu dari segi bahan bakar, kecepatan dalam satuan km/jam, tingkatan kecepatan pada transmisi, nyala lampu sein, dan lain – lain. Tak hanya desainnya yang bagus, panel instrumentasi indikator Suzuki Burgman 400 ABS ini juga cukup user friendly. Jadi anda tak perlu bingung ketika pertama kali memakai motor ini karena di dalam panelnya telah diberi petunjuk – petunjuk yang sangat mudah untuk dimengerti. Dengan adanya panel yang terbilang cukup lengkap ini, dapat dipastikan pengendara akan lebih mudah dalam mengendalikan motornya ketika di jalanan. Selain itu pengendara juga akan lebih mengerti terkait kondisi terkini motor yang sedang digunakan dalam hal ini Suzuki Burgman 400 ABS.

Mesin Suzuki Burgman 400 ABS

Jika anda berpikiran kalau selama ini motor matic memiliki tenaga kecil, mulai sekarang buang jauh – jauh anggapan tersebut setelah mengetahui mesin dari Suzuki Burgman 400 ABS ini. Pasalnya motor terbaru garapan pabrikan asal Jepang ini sudah dibekali dengan mesin berkapasitas besar dan berteknologi tinggi khas motor – motor sport gagah. Meskipun Suzuki Burgman 400 ABS memiliki bodi yang besar, bukan berarti motor ini memiliki kecepatan yang rendah. Karena seperti yang telah disebutkan di atas digunakannya mesin berteknologi tinggi membuat performa motor Suzuki Burgman 400 ABS ini tak perlu lagi diragukan. Di sektor dapur pacu, pihak Kawasaki telah membenamkan mesin dengan tipe DOHC 4 – stroke berdiameter langkah 81.0 mm x 77.6 mm yang memiliki kapasitas 399 cc yang dikemas dalam satu silinder. Rasio kompresi yang digunakan motor ini adalah 10.6 : 1. Dengan rancangan mesin seperti ini, Suzuki Burgman 400 ABS mampu menghasilkan performa maksimal di jalanan. Tidak hanya itu, mesin performa tinggi milik Suzuki Burgman 400 ABS ini juga diklaim tahan panas dan anti overheat karena telah dilengkapi dengan teknologi liquid – cooled. Teknologi ini dapat memastikan mesin tetap dingin meskipun digunakan dalam waktu yang sangat lama dan jarak tempuh yang jauh.

Tenaga besar yang dihasilkan mesin Suzuki Burgman 400 ABS ini juga akan didukung dengan teknologi yang dibuat oleh Suzuki sendiri, yakni Suzuki’s Automatic Idle Speed Control (ISC) yang mampu mengoptimalkan setiap tenaga yang keluar agar sesuai dengan yang diinginkan oleh pengendara. Tak lupa pula dukungan teknologi iridium spark plug yang bakal mengoptimalkan sektor pengapian agar bekerja lebih efektif dan efisien. Teknologi ini juga memungkinkan bahan bakar yang masuk dan tenaga yang keluar bisa seimbang. Namun sayangnya pihak Suzuki tidak menjabarkan secara detail terkait berapa nilai tenaga dan torsi maksimal yang dihasilkan dari mesin motor ini. Tapi jika dilihat dari spesifikasi mesin di atas, tenaga motor ini tidak akan terlampau jauh dengan motor – motor sport street fighter (atau bahkan bisa setara). Dengan besarnya tenaga yang dihasilkan, Suzuki tentunya juga memperhatikan sektor bahan bakar agar tidak terlalu boros. Seperti biasa, Suzuki telah menyematkan teknologi fuel injection pada Suzuki Burgman 400 ABS yang membuatnya sangat irit bahan bakar walau pun digunakan untuk jarak yang sangat jauh sekali pun. Selain fuel injection, ada juga fitur ECO Drive yang membuat motor ini irit bahan bakar. Fitur yang langsung terhubung dengan ECU ini berfungsi untuk menunjukkan gaya berkendara yang irit bahan bakar dan tentunya membuat Suzuki Burgman 400 ABS lebih ramah lingkungan, sangat menarik bukan.

Suspensi Suzuki Burgman 400 ABS

Selain didukung dengan desain stylish, mesin tenaga tinggi, dan rangka yang kokoh, Suzuki Burgman 400 ABS diketahui juga memiliki suspensi yang kuat dan unik. Di bagian depan, kita dapat menemukan suspensi tipe Telescopic coil sprind, oil damped berukuran 41 mm yang sangat nyaman saat digunakan untuk jalan yang tidak bersahabat. Lalu keunikan ada pada suspensi belakang motor ini dimana suspensi bertipe Swing arm monoshock tidak ditempatkan di bagian belakang layaknya motor – motor matic pada umumnya, tapi suspensi kokoh ini diletakkan secara melintang (horizontal) di bagian tengah motor. Meskipun letaknya tak lazim seperti pada umumnya, namun menurut Suzuki penempatan ini dinilai sangat cocok untuk meredam setiap guncangan dan getaran yang terjadi pada motor akibat kondisi jalan yang tidak rata. Dan benar saja, penggunaan suspensi dan penempatannya ternyata cukup efektif dalam memberikan kenyamanan untuk pengendara saat mengendarai Suzuki Burgman 400 ABS ini. Tidak hanya penempatannya yang unik dan ciamik, suspensi belakang motor Suzuki Burgman 400 ABS ini juga didukung dengan teknologi 7 – way adjustable spring preload. Teknologi ini memungkinkan setiap pengendara untuk bisa mengatur sendiri (custom) terhadap daya redam dari suspensi belakang ini sesuai kebutuhan dan selera masing – masing. Sangat menarik. Kenyamanan tingkat tinggi yang dihadirkan oleh Suzuki Burgman 400 ABS ini juga tentunya diimbangi dengan sistem keamanan yang tinggi pula. Dimana disini Suzuki Burgman 400 ABS telah dibekali dengan rem depan berupa twin disc brake berdiameter 260 mm dan single disc brake berdiameter 210 mm untuk rem bagian belakangnya. Sama seperti teknologi yang tercantum pada nama motor ini, rem yang digunakan telah dilengkapi dengan teknologi ABS control yang dapat memastikan putaran roda tidak berhenti total (terkunci) walau pun dilakukan pengereman secara mendadak.

Fitur Suzuki Burgman 400 ABS

Seperti yang telah kami singgung di atas, Suzuki Burgman 400 ABS ini hadir dengan beragam fitur menarik yang siap menarik hati para konsumen untuk membawa pulang motor matic super ini. Contohnya di bagian keamanan, motor ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan SAIS (Suzuki Advanced Immobiliser System) yang mampu membedakan kunci asli motor dan kunci palsu atau imitasi yang saat ini sering digunakan para pelaku kriminal untuk membawa kabur motor. Ada juga fitur shutter key dimana fitur ini memanfaatkan magnet untuk menutup bagian kunci kontak dan hanya bisa dibuka oleh kunci original motor itu sendiri. Hal ini tentu melengkapi sistem SAIS sehingga motor anda dipastikan aman saat diparkir dimana pun. Selain fitur keamanan, Suzuki Burgman 400 ABS masih memiliki fitur menarik lain seperti Opulent Front Storage di bagian depan yang dapat dimanfaatkan sebagai charger karena telah terdapat output listrik 12v DC dan juga tempat untuk menyimpan sarung tangan. Rear brake lock system dalam bentuk tuas juga melengkapi kecanggihan Suzuki Burgman 400 ABS ini dimana sistem ini mampu di operasikan naik turun saat hendak mengunci roda bagian belakang.

Kelebihan & Kekurangan Burgman 400 ABS

Meniliki kelebihan dan kekurangan motor Suzuki Burgman 400 ABS, sudah barang tentu motor terbaru besutan Suzuki ini memiliki banyak kelebihan dari pada kekurangannya. Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki motor – motor lain adalah adanya bagasi yang sangat luas di bagian bawah jok motor ini. Di bagian ini anda dapat menemukan bagasi super besar berkapasitas 42 L. Dengan kapasitas sebesar ini, anda mampu menyimpan 2 buah helm half face dengan leluasa dan masih terdapat celah. Selain itu anda juga tidak perlu khawatir ketika di tengah jalan kehabisan daya smartphone karena seperti yang telah kami jelaskan, Suzuki Burgman 400 ABS ini memiliki fitur charger yang dapat dimanfaatkan sebagai pengisi daya darurat untuk smartphone anda. Tak perlu takut merusak baterai karena daya yang dihasilkan juga telah disesuaikan dengan kebutuhan baterai setiap smartphone. Tenaga besar yang dihasilkan mesin Suzuki Burgman 400 ABS ini juga menjadi salah satu keunggulan yang cukup diperhitungkan. Dimana ketika kebanyakan motor matic memiliki tenaga dan tarikan yang kecil, Suzuki Burgman 400 ABS tampil beda dengan mesin nyaris mendekati motor sport street fighter dengan performa luar biasa.

Satu – satunya sisi negatif motor Suzuki Burgman 400 ABS ini adalah dari segi bodi. Meskipun banyak orang yang menyebutkan kalau bodi besar motor ini menunjukkan kesan garang, namun ada juga orang yang tidak menyukainya karena terlihat terlalu mencolok ketika digunakan di jalanan. Namun agaknya hal ini tak terlalu menjadi masalah karena hanya penilaian subjektif saja. Semua kembali ke selera dan keinginan masing – masing.

Video Suzuki Burgman 400 ABS

Harga Suzuki Burgman 400 ABS

Setelah mengetahui detail dari motor Suzuki Burgman 400 ABS ini, kini saatnya kita untuk mengintip berapa harga yang dibanderol Suzuki pada motor terbarunya kali ini. Namun sebelum itu, perlu anda ketahui Suzuki Burgman 400 ABS adalah motor matic tipe premium dimana tipe seperti ini masih sangat jarang ada di pasaran (tidak mendominasi). Sebagai motor berlabel premium, tentunya motor Suzuki Burgman 400 ABS hadir dengan dessain dan mesin yang sangat jauh berbeda dengan motor matic biasa. Seperti yang kita lihat di bagian roda depan dan belakang, disini Suzuki Burgman 400 ABS telah memakai velg khusus berukuran besar yang mampu memberikan keseimbangan serta kestabilan tingkat tinggi plus cakram pada motor.

Karena motor ini belum secara resmi masuk ke pasar Indonesia, harganya pun belum diketahui secara pasti. Namun jika dilihat dari spesifikasinya, diperkirakan Suzuki Burgman 400 ABS akan dibanderol dengan harga di atas 100 juta – an untuk wilayah On The Road Jabodetabek. Untuk wilayah di luar Jabodetabek, harganya bisa lebih tinggi. Jadi bagi anda yang ingin membawa pulang motor terbaru dari Suzuki ini, siapkan budget lebih dari Rp 100.000.000,-. Nah, itu dia di atas review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Burgman 400 ABS. Semoga bermanfaat, baca juga artikel tentang Yamaha N-Max 300 dan Yamaha N-Max 250