Home » Review » Harga New Suzuki Swift, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Harga New Suzuki Swift, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Spesifikasi dan Harga Suzuki Swift – Suzuki Indonesia melalui PT Indomobil Niaga Internasional (INM) turut meramaikan dalam persaingan di segmen hatchback nasional. Di kala itu, Honda terlebih dahulu menarik perhatian masyarakat dengan hadirnya generasi pertama dari Honda Jazz, kemudian disusul dengan Toyota yaris, dan kemudian hadirlah Suzuki swift yang merupakan salah satu produk andalan Suzuki di Indonesia. ketika pertama kali muncul, Suzuki swift ditampilkan dengan konsep yang cukup berbeda dengan varian hatchback lainnya. Jika Honda jazz generasi pertama dibawakan dengan gaya elegan dan minimalis, kemudian Toyota yaris dengan konsep sporty hatchback, maka Suzuki swift mengusung konsep yang berkaca pada gaya city car amerika dan eropa. Saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Suzuki swift tampil dengan konsep hatchback terbarunya dengan menggabungkan antara desain elegan khas mobil eropa dan desain sportu khas amerika, sehingga terbentuklah konsep mobil small hatchback tersebut dalam Suzuki swift. Jika dilihat dari sisi dimensi, Suzuki swift memang terlihat lebih kecil dari mobil yang sejenis. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Suzuki swift. Lalu bagaimana spesifikasi dan harga Suzuki swift ini ? nah, bagi anda para pecinta motor Suzuki maka anda wajib membawa review yang kami bagikan berikut.

Spesifikasi-Mobil-Suzuki-Swift-Sport

Suzuki Swift Terbaru

Suzuki Swift

Setelah sepuluh tahun kelahirannya, Suzuki swift membawa varian baru melalui konsep desain yang semakin elegan dan sporty. Varian small hatchback andalan Suzuki tersebut menjadi salah satu mobil berkualitas di sektor kendaraan kecil perkotaan. Hal ini membuat Suzuki Indonesia merakit Suzuki swift di Indonesia. Besarnya pasar otomotif di Indonesia khususnya di segmen city car atau hatchback juga membuat mobil swift cukup laris di pasaran Indonesia. Suzuki swift tersebut mempunyai 3 varian tipe utama, yaitu new swift GS 1,4L , all new swift 1,4 L atau swift tipe GX, dan varian tertingginya yaitu Suzuki Swift Sport 1,6L. Ketiga tipe Suzuki swift tersebut juga dibekali dengan mesin yang semakin bertenaga. Untuk Suzuki swift tipe GS dan GX, menggunakan mesin DOHC VVT 1400 cc. Sedangkan Suzuki swift sport dibawakan dengan mesin seri M16A dengan kapasitas 1600 cc. Tidak hanya mesin yang tangguh, generasi baru dari swift ini membawa konsep desain interior cukup mewah. Untuk fitur keamanan dan keselamatan juga dilengkapi dengan teknologi yang lengkap seperti side impact beam, dan pengereman teknologi ABS + EBD. Kombinasi mesin dengan interior mewah dan fitur yang lengkap tersebut tentu akan memanjakan pengendara.

Interior Suzuki Swift

Pembahasan pertama yaitu terkait interior Suzuki swift. Untuk interiornya saat memasuki ruang kabin, maka akan terlihat kesan elegan dan mewah yang akan didapatkan. Di bagian kabin Suzuki swift tersebut terlijat semakin ekslusif karena didominasi kelir hitam dan aksen silver. Bagian dashboardnya dirancang dengan tidak banyak cluster yang ada hanya tersedia odometer dengan gaya sama dari versi terdahulunya. Kemudian panel yang ada pada dashboard telah dilengkapi panel instrumen yang lengkap mulai dari High grade meter cluster dan multi information display dengan desain lebih sporty. Dashboardnya juga didukung dengan MID Digital display dengan fitur jarak tempuh, indikator jam, serta konsumsi bahan bakar hingga suhu yang ada di luar kabin. Untuk panel AC serta panel advanced audio equipment juga ada pada bagian dashboard Suzuki swift tersebut. Di bagian kursi penumpang dibangun dengan material yang berkualitas serta didesain lebih fit dan ergonomis serta dilengkapi dengan seat height adjuster untuk memberikan kenyamanan pada posisi tubuh. kemudian untuk bagian belakang pada kabin dan bagian depan Suzuki swift sudah dilengkapi dengan seatbelt. Sementara pada bagian bagasi, memang tidak terlalu luas. Hal ini sesuai dengan fungsi utama pada mobil ini yang tidak memuat barang terlalu banyak. Mobil ini dapat menampung maksimal 5 orang dan terasa cukup longgar

Eksterior Suzuki Swift

Beralih pada sektor eksterior Suzuki swift, Suzuki memilih tagline “More swift, more sporty pada generasi terbaru swift tersebut. jika dilihat tampilan eksteriornya, maka Suzuki swift ini menampilkan aura yang lebih stylish dan lebih sporty. Tampilan luar dari all new swift tersebut mengubah small hatchback yang berbasis city car yang biasanya lekat dengan desain serba minimalis serta sedikit kaku. Di bagian fascia depan, Suzuki swift menampilkan desain headlamp reflector yang memiliki aksen runcing pada ujung kap mesin. Kemudian, pada front grill bagian depan Suzuki swift ini juga ditampilkan dengan aksen baru meskipun tetap tampak sederhana. Konsep desain front grill dari Suzuki swift tersebut masih mempertahankan konsep grill versi lama. Desain muka Suzuki swift tipe GX dan GS secara umum memang masih serupa, terutama penempatan fog lamp dengan bingkai yang stylish di ujung bawah kiri dan kanan. Tampilan baru yang lebih garang ini dapat anda temukan pada New Suzuki swift sport yang mengusung konsep sport small hatchback. Perbedaan tersebut dapat ditemukan pada bagian grill yang menyatu dengan grill bagian bawah serta aksen horizontal pada bagian tengahnya. Pada bagian foglamp pada Suzuki swift sport tersebut terdapat semacam penutup yang dapat melindungi lampunya. Sedangkan pada desain samping mobil ini, pada bodi sebelah kiri dan kanan Suzuki swift ini terlihat elegan dengan kombinasi siluet dan fender yang tegas dengan karakter huruf U sebagai identitas All New swift tersebut. sedangkan pada sektor belakang Suzuki swift ini menampilkan desain dinamis yang dibuat lebih tegas dengan penempatan stoplam yang mengikuti garis lekuk dari body belakang. Selain itu, bagian belakang juga semakin stylish karena dilengkapi dengan tail gate spoiler pendek serta penggunaan rear wiper pada kaca bagian belakang. Desain dari Suzuki swift dilengkapi dengan penempatan spion elektrik yang menyatu dengan lampu sein. Dari bagian eksterior ini memang didominasi dengan desain city car khas eropa yang tidak banyak lekukan dan cenderung boxy.

Dimensi Suzuki Swift

Selanjutnya akan membahas tentang dimensi Suzuki swift. Mobil ini dirancang dengan dimensi bodi kompak. Hal ini dapat dilihat dari ukuran mobil tersebut secara fisik yaitu 3850 x 1695 x 1510 mm, baik tipe GX, GS maupun sport. Untuk kendaraan hatchback tersebut, memang ukurannya menjadi paling kecil diantara mobil yang lain. hal ini membuat Suzuki swift disebut sebagai small hatchback modern. Dengan ukuran tubuh yang tergolong kecil, namun Suzuki swift tetap dapat menghasilkan akselerasi yang mantap karena jarak pijak telah disetting dengan sempurna. Ukuran mobil tersebut juga dapat membuat Suzuki swift menjadi cukup nyaman ketika dibawa touring ke luar kota. Tempat duduk dari new swift ini juga tergologn kokoh karena mobil tersebut mengusung konsep rangka yang didukung dengan suspensi macpherson per keong pada bagian depannya. Sedangkan untuk suspensi belakang didukung dengan suspensi jenis torsion beam.

Untuk sistem pengeremannya diberikan jenis rem ventilated disc di bagian depan, serta rem jenis drum pada bagian belakang mobil ini. Perbedaan antara Suzuki swift tipe GX, GS, dan sport adalah pada sistem kemudinya. Tipe GX dan GS menggunakan sistem kemudi electric power steering, sedangkan tipe sport menggunakan sistem kemudi rack and pinion. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan velg 16 inci dengan balutan ban berukuran 185 / 55 yang membuatnya nyaman saat dikendarai

Mesin Suzuki Swift

Beralih pada bagian mesin Suzuki swift. Suzuki swift dihadirkan dalam tiga varian tipe yaitu All new swift GX, GS, dan sport. Dari ketiga tipe tersebut, hanya Suzuki swift sport yang mempunyai perbedaan mesin. Untuk Suzuki swift tipe GX, dan GS menggunakan mesin jenis K14B DOHC VVT dengan kapasitas silinder 1372 cc. Mesin ini merupakan mesin dengan 16 katup 4 silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada putaran 6000 rpm, serta torsi sebesar 130 Nm pada putaran 4000 rpm. Mobil small hatchback seperti Suzuki swift tipe GX dan GA, mesin itu termasuk mesin yang cukup bertenaga. Sedangkan untuk new swift sport dihadirkan dengan mesin yang berbeda. Untuk Suzuki swift tipe sport dibekali dengan mesin jenis M16A yang mempunyai kapasitas sebesar 1586 cc. Mesin yang ada pada tipe sport tersebut merupakan salah satu mesin yang berkapasitas paling besar di kelasnya. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4400 rpm serta torsi maksimum sebesar 160 Nm pada 4400 rpm. Meskipun berbeda jenis mesin dari Suzuki swift menggunakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang dibekali dengan multipoint injection sehingga mobil tersebut akan tetap hemat bahan bakar.

Fitur Suzuki Swift

Nah kita sampai pada fitur Suzuki swift. Beberapa fitur yang disematkan pada Suzuki swift ini adalah fitur kenyamanan dan fitur keselamatan. Mobil ini mempunyai fitur keselamatan yang lengkap dengan standar internasional. Mulai dari dual SRS airbags (tipe GX), seatvelt dengan teknologi ELR, side impact beam, serta teknologi pengereman ABS dan EBD (tipe GX dan sport) semuanya tersebut sudah ada pada Suzuki swift ini. ada juga fitur child proof lock pada pintu bagian belakang. Suzuki swift juga dirancang dengan teknologi TECT (total effective control technology) yang didesain agar dapat menyerap getara sehingga sangat aman ketika terjadi benturan. Kemudian untuk fitur kenyamanan, Suzuki swift ini dilengkapi dengan fitur keyless push start untuk mempermudah proses keluar masuk serta menyalakan mesin. Sistem kemudinya dilengkapi dengan telescopic steering dan audio control yang digunakan untuk mengatur ketinggian dari kabin setir. Kursi pengendara juga dapat diatur ketinggiannya serta dapat digeser maju mundur sebanyak 24 posisi sesuai keinginan anda. Pada bagian kabin juga dibekali dengan audio system modern dilengkapi dengan fitur USB Socket agar terintegrasi dengan digital audio player sehingga pengendara ataupun penumpang dapat dengan mudah mendengarkan musik setiap saat. Untuk fitur AC nya juga ada pengaturan yang lebih mudah berkat fitur auto control switch yang dapat menyesuaikan suhu kabin secara otomatis sesuai suhu yang diinginkan. Selain itu, pada bagian keamanan juga dilengkapi fitur keamanan standar seperi keyless push star dan immobilizer.

Video Suzuki Swift

Harga Suzuki Swift

Setelah mengulas berbagai spesifikasi Suzuki swift ini, kita akan masuk pada pembahasan harga Suzuki swift. Mengingat banyaknya tipe yang beragam tentu harga yang muncul juga beragam. Untuk harga yang paling murah yaitu All New Swift GX 1,4 dengan transmisi manual harganya mencapai Rp. 201.000.000,- sedangkan untuk All new Suzuki swift GX 1,4 dengan transimis otomatis dibanderol dengan harga Rp. 210.000.000,- . untuk new Suzuki swift GS bertransmisi manual dengan harga Rp. 215.900.000,- , sedangkan untuk yang bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp. 225.000.000,- . Untuk yang paling mahal yaitu Suzuki swift sport 1,6 dengan transmisi manual dengan harga Rp. 323.500.000,- sedangkan untuk yang bertransmisi otomatis sebesar Rp. 338.900.000,- . Dari kabar yang beredar, new Suzuki swift tipe GS ini menjadi varian yang paling laris. Suzuki swift GS tersebut adalah generasi paling baru dari Suzuki swift.

Untuk harga yang tercantum di atas adalah harga On The Road Jabodetabek dari Suzuki Swift. Untuk wilayah kota lain kemungkinan harganya lebih mahal meskipun tidak terlalu jauh. Demikian spesifikasi dan harga Suzuki Swift. Baca juga artikel terkait Chevrolet Orlando dan Honda Hrv Mugen.