Harga New Yamaha R1, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Spesifikasi dan Harga Yamaha R1 – Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar, Yamaha terus berinovasi dalam menciptakan produk terbaik dengan selalu menghadirkan motor yang dilengkapi dengan teknologi canggih serta terupdate. Produk – produk dari Yamaha juga selalu mampu bersaing dengan perusahaan – perusahaan besar lain di pasaran. Salah satu produk unggulan dari perusahaan berlambang garputala ini adalah Yamaha R1.

Review Spesifikasi dan Harga Yamaha R1

2017-Yamaha-YZF-R1

Yamaha R1

Yamaha R1 adalah salah satu motor unggulan dari Yamaha yang secara resmi dirilis pada tahun 2015 lalu. Salah satu motor sport Yamaha ini terlihat cukup garang dengan balutan bodi besar yang mirip dengan motor tunggangan duo rider Yamaha di Moto GP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Tak hanya bodinya, teknologi mesin yang ditanamkan pada Yamaha R1 ternyata juga memiliki berbagai kemiripan dengan motor Moto GP. Jadi bisa dibilang Yamaha R1 adalah motor versi downgrade dari Moto GP.

Teknologi Yamaha R1

Yamaha R1 juga masih menerapkan teknologi dari pendahulunya, yakni Yamaha M1, ini membuat tarikan motor Yamaha R1 sangat baik dan tentu memuaskan para penggunanya. Hebatnya lagi, Yamaha R1 merupakan motor pertama yang memiliki teknologi crossplane crankshaft yang selama ini hanya digunakan pada motor di gelaran Moto GP saja. Ini merupakan nilai positif dan menambah daya tarik terutama bagi para pecinta motor berkecepatan tinggi. Perlu anda ketahui, teknologi crossplane crankshaft adalah keadaan ketika poros engkol motor dibuat dengan desain menyilang dan memiliki durasi pengapian 90 derajat. Ini berbeda dengan motor – motor bersilinder 4 lain yang umumnya memiliki durasi pengapian 180 derajat. Teknologi ini membuat motor Yamaha R1 dapat menghasilkan tenaga lebih dari pada motor bersilinder 4 lainnya dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Rangka motor Yamaha R1 juga banyak menggunakan material magnesium. Bahan ini termasuk bahan yang memiliki kekuatan setara dengan besi namun memiliki massa yang lebih ringan. Ini membuat Yamaha R1 lebih ringan dari motor gede kebanyakan dan tentunya memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

Baca Juga  Harga New Honda SH125i, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Fitur Yamaha R1

Dilihat dari segi spesifikasi, Yamaha R1 memiliki mesin dan komponen yang sangat baik. Rangka yang dipasang juga terbilang sangat pas dengan mempertimbangkan posisi titik berat motor sehingga membuat handling Yamaha R1 semakin lembut dan nyaman. Hal ini seakan menepis opini masyarakat yang beranggapan bahwa motor yang memiliki bodi dan bobot yang besar memiliki handling yang kurang baik karena terlalu berat. Dengan handling yang sedemikian nyaman,Yamaha R1 sangat cocok untuk digunakan perjalanan jauh dalam berbagai kondisi medan.  Yamaha R1 juga memiliki fitur perangkat digital elektrik yang berfungsi untuk mengatur bukaan gas. Motor ini juga dilengkapi dengan D-mode yang menawarkan 3 pengaturan gas yang berbeda pada penggunanya. Jadi pengendara dapat mengatur sendiri kinerja mesin serta keluaran gas sesuai kebutuhan dan tentunya bisa lebih teratur. Setidaknya ada 21 settingan berbeda yang bisa digunakan oleh pengendara pada motor Yamaha R1 ini.

Mesin Yamaha R1

Dari penampilan, kita menuju ke dapur pacu. Bagi anda para penggemar motor berkecepatan tinggi, Yamaha R1 bisa menjadi salah satu pilihan yang ideal. Pasalnya motor canggih ini dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas 998 cc fuel injection bertipe DOHC dengan teknologi forward inclined parallel dan memiliki 4 silinder serta 4 katup. Tidak hanya itu, mesin Yamaha R1 juga dilengkapi dengan pendingin yang banyak digunakan oleh motor – motor canggih pada umumnya, yakni Liquid cooler. Pendingin ini sudah terbukti sangat baik dalam mendinginkan mesin saat suhunya sudah terlalu tinggi. Mesin Yamaha R1 ini juga memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi untuk ukuran motor sport, yaitu 12.7 : 1. Semua spesifikasi mesin di atas membuat Yamaha R1 sangat powerful dan sangat nyaman saat digunakan dalam berbagai kondisi medan jalanan. Tidak hanya memiliki mesin yang gahar, Yamaha R1 juga mempunyai kekuatan yang cukup besar. Berdasarkan hasil tes, Yamaha R1 mampu menghasilkan tenaga 133,9 kW atau setara dengan 182,1 PS pada putaran 12.500 rpm.

Baca Juga  Harga Mazda 8 Terbaru, Spesifikasi & Review Lengkap 2017
Loading...