Home » Review » Harga Yamaha Tmax DX, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Harga Yamaha Tmax DX, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Yamaha Tmax DXKali ini Produsen otomotif Jepang Yamaha diketahui telah merilis motor varian terbarunya yakni Yamaha Tmax DX.  Yamaha kembali memperkenalkan sebuah motor dengan varian terbaru yang pasti lebih bertenaga dan lebih tangguh dari varian sebelumnya. Sukses dengan motor varian Yamaha Tmax, kini dengan varian motor baru tersebut diberi nama Yamaha Tmax Dx. Motor ini dibekali dengan mesin yang berkapasitas 530cc sehingga mampu menghasilkan torsi dan tenaga yang cukup besar. Berbagai keunggulan dan keistimewaan terdapat dari motor matic yang satu ini. Lalu bagaimanakah spesifikasi dan harga Yamaha Tmax Dx ? nah, buat anda para pecinta motor matic, tentunya wajib membaca review singkat yang kami bagikan berikut ini.

Review Spesifikasi dan Harga Yamaha Tmax DX

Yamaha Tmax DX_2

Yamaha Tmax DX

Kehadiran Yamaha Tmax DX ini merupakan generasi penerus Yamaha Tmax yang telah diluncurkan pada tahun 2013 lalu. Motor matic ini terbilang cukup tangguh karena telah mengusung teknologi Fuel Injection, serta dilengkapi dengan teknologi Dual Over Head Camshaft (DOHC) yang mempunyai 4 katup sebagai sistem sarana keluar masuknya bahan bakar menuju ke dalam ruang pembakaran. Dalam mesin tersebut juga telah terpasang silinder berdiameter 68 mm yang mempunyai jarak piston yaitu sekitar 73 mm. Selain itu, untuk perbandingan kompresi mesin pada motor tersebut yaitu sebesar 10,9 : 1. Dengan berbagai spesifikasi mesin yang tangguh tersebut, maka tidak heran jika motor matic Yamaha ini dapat berlari dengan kecepatan yang cukup tinggi. Adanya teknologi Fuel Injection pada motor tersebut, membuat tingkat konsumsi bahan bakar pada motor menjadi semakin irit. Dilihat dari desain motornya, Nampak tidak jauh beda dengan Yamaha Tmax. Desain besar pada motor untuk kriteria motor matik premium memang sedang tren. Dalam sektor dimensi motor matik yang satu ini lebih memiliki lebar yang lebih ramping dari pada varian sebelumnya. Hal ini membuat tampilan motor menjadi tampak bongsor dan lebih bagus pastinya.

Desain Yamaha Tmax DX

Yamaha Tmax DX ini hadir dengan desain motor yang lebih sporty dan lebih fress. Motor ini juga menawarkan sensai berkendara yang baik. Pada sektor desainnya, motor ini telah dibekali dengan berbagai fitur yang modern sehingga membuat anda menjadi lebih betah dalam mengendarai motor matic ini. Selain itu, dengan ukuran motor yang cukup besar ini membuat kita menjadi lebih nyaman saat mengendarai motor matic varian Yamaha Tmax DX tersebut. Motor ini dirancang dan didesain khusus dengan teknologi yang modern dan canggih. Pada sektor eksterior motor tersebut telah dilengkapi headlamp yang futuristik serta tersusun rapi di bagian depan dengan lampu lainnya yang terpisah tidak jauh dari lampu utama pada motor. Untuk sistem kemudi motornya dilengkapi dengan stang motor yang bagus dan dipercantik pula dengan desain spedometer yang dinamis dan elegan. Dengan spesifikasi motor yang sangat mumpuni tersebut, sehingga tidak heran jika harga Yamaha Tmax DX ini jauh lebih mahal daripada jenis motor matic pada umumnya.

Dimensi Yamaha Tmax DX                                             

Untuk sektor dimensinya juga tidak kalah dengan varian-varian motor lainnya. Dalam tampilan fisik motor tersebut mempunyai panjang keseluruhannya mencapai 2200 mm serta didukung dengan lebar motor mencapai 765 mm dan tingginya mencapai 1,420 s/d 1,555 mm, sehingga dengan spesifikasi motor yang mumpuni tersebut serta mempunyai posisi handling yang ideal dapat membuat pengendara lebih nyaman dalam berkendara.

Instrumen Yamaha Tmax DX

Setelah puas mengupas bodi dari Yamaha Tmax DX, kita beralih pada bagian indikator kendaraan ini dimana panel instrument dari motor matic ini juga didesain dengan tampilan yang modern dengan layara TFT yang membuat motor matic ini menjadi semakin keren. Selain itu, sektor panel instrument dari Yamaha Tmax DX ini menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan kondisi motor yang dapat dengan mudah dipahami oleh pengendaranya. Dalam panel indikator pada motor ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kanan, tengah, dan kiri dimana dari semua bagian tersebut menampilkan sebuah informasi yang berbeda-beda. Panel kiri menampilkan speedometer analog dengan hitungan km/jam. Untuk panel tengah motor ini ditampilkan dalam bentuk digital yang menampilkan informasi terkait 2 trip meter, odo meter, indikator bahan bakar, dan suhu atau temperatur mesin. Sedangkan panel bagian kanan menampilkan informasi mengenai tachometer. Dengan berbagai panel instrument yang ada pada motor matic tersebut, maka dapat diketahui panel indikator Yamaha Tmax DX ini didesain dengan fitur yang modern, canggih, dan informatif.

Mesin Yamaha Tmax DX

Pembahasan selanjutnya yaitu kita beralih ke sektor dapur pacu dari motor matic keluaran Yamaha yang tidak perlu diragukan lagi. Motor matic keluaran Yamaha ini telah dibekali dengan mesin berkapasitas 530cc. untuk tipe mesinnya sendiri adalah sebuah mesin dengan tipe 4-stroke, Forward-inclined parallel 2-cylinder, serta didukung dengan teknologi DOHX 4 katup dan Liquid Cooled sebagai pengatur suhu agar suhu pada mesin tetap terjaga kestabilannya. Mesin pada motor ini juga dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 33,8 kW dan menghasilkan putaran sebesar 6,750 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya sebesar 53,0 Nm dengan putaran yang dihasilkan sebesar 5,250 rpm.

Dengan bandrol harga Yamaha Tmax DX yang cukup mahal ini, membuat pihak Yamaha selalu meningkatkan performa dari motor matic yang menjadi andalannya ini. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai teknologi canggih keluaran Yamaha yaitu teknologi full injection yang dapat membuat tingkat konsumsi bahan bakar pada motor tersebut lebih efisiensi. Selain itu, dengan adanya teknologi Dual Over Head Camshaf tersebut membuat proses pembakaran dalam motor menjadi lebih sempurna serta tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar dan emisinya menjadi lebih bersih pula.

Suspensi Yamaha Tmax DX

Dengan mengimbangi performa dari mesin 530cc, Yamaha juga telah menanamkan beberapa fitur kenyamanan yang ada pada motor Yamaha Tmax DX ini. salah satu fitur tersebut yaitu pada sektor suspensi. Mengingat motor tersebut mempunyai kecepatan larinya yang cukup cepat, maka tentunya motor ini juga mempunyai suspensi yang tangguh agar dapat mendukung kenyamanan dari varian motor matic tersebut. Oleh karena itu, sektor depan motor Yamaha Tmax DX ini diberikan suspensi dengan jenis Teleskopik Fork yang memiliki font travel sebesar 120 mm yang dapat membuat sektor depan motor menjadi lebih nyaman ketika melewati medan yang terjal.

Sedangkan pada bagian belakang motor Yamaha tersebut lebih mengandalkan suspensi dengan jenis Swingarm dengan  real travel 117 mm. Kedua suspense tersebut memang telah teruji ketangguhan dan kemampuannya sehingga sebagian besar motor dari setiap varian menggunakan suspensi jenis tersebut. Untuk melengkapi penampilan, motor matic Yamaha Tmax DX ini juga dibekali dengan roda berukuran 120/70-15 untuk bagian depannya, dan 160/60-15 untuk roda bagian belakang. Dengan spesifikasi tersebut, maka tidak heran motor dengan varian Yamaha Tmax DX ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Fitur Yamaha Tmax DX

Mengingat motor dengan varian baru ini mempunyai performa yang cukup tangguh. Oleh karena itu, motor tersebut juga ditanamkan beberapa fitur keselamatan untuk melengkapi performanya. Hal ini dapat dilihat dari sektor pengereman yang digunakan motor matic keluaran Yamaha yang satu ini. Di sektor depan motor ini menggunakan sistem rem jenis cakram hydraulic dual disc yang mempunyai diameter  267 mm. Sedangkan pada sektor belakang pada motor tersebut ditanamkan jenis rem cakram hydraulic tunggal dengan diameter 282 mm. Selain itu, fitur menarik lainnya juga ditanamkan pada motor Yamaha DX ini seperti panel speedometer yang canggih yang dapat memberikan informasi secara akurat terhadap pengendara mengenai motor tersebut. Bagian bawah jok motor matic tersebut juga terdapat bagasi luas yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan. Ada juga Dauble Proyector Headlamp pada bagian depan motor ini sehingga keperluan pencahayaan di bagian depan menjadi lebih terang dan merata. Dengan adanya beberapa fitur canggih dan modern ini dapat menjadikan Yamaha Tmax DX ini menjadi semakin mahal.

Video Yamaha Tmax DX

Harga Yamaha Tmax DX

Setelah kita mengetahui spesifikasi detail dari Yamaha Tmax DX, kini saatnya untuk mengintip berapa harga yang dibanderol Yamaha untuk motor keluaran terbarunya ini. Jika dilihat dari spesifikasi dan berbagai keunggulan fiturnya, tentunya Yamaha Tmax DX ini mempunyai harga yang lebih tinggi daripada varian Yamaha sebelumnya. Perlu diperhatikan kembali bahwa motor matik varian Yamaha yang satu ini memang hadir dengan tampilan desain yang elegan dan sporty dimana terdapat lekukan tegas pada setiap sisi bodinya sehingga kesan motor yang berotot menjadi semakin kuat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Yamaha Tmax DX ini. Akan tetapi, perawakannya yang cukup besar mungkin motor matik tersebut akan kesulitan jika diparkir pada ruang yang tidak terlalu luas. Selain itu, motor matic ini juga dilengkapi dengan mesin berkapasitas 530cc serta dibekali dengan teknologi Fuel Injection sebagai sistem bahan bakar. Motor matic yang tangguh ini juga dilengkapi dengan sistem transmisi dengan jenis V-Belt Automatic. Dengan harga yang kini ditujukan untuk konsumen motor kelas atas, motor matic ini juga terdapat beberapa fitur modern dan canggih yang dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Untuk harga dari motor varian Yamaha Tmax DX di Indonesia belum ada kepastian harga perunitnya. Hal ini karena motor tersebut masih dipasarkan di wilayah Eropa saja dan belum resmi dipasarkan ke Indonesia. Meskipun begitu, kehandalan serta ketangguhan dari motor tersebut sudah sampai kepada para pencinta motor sport matic Indonesia. Berdasarkan harga yang ada di pasar eropa, harga Yamaha Tmax DX ini mencapai sekitar Rp. 250.000.000,-. Melihat kisaran harga tersebut, dapat dikatakan harga pada motor ini tidak jauh beda dengan varian pendahulunya yakni Tmax yang dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 220.000.000,- untuk wilayah on the road Jakarta. Yamaha Tmax DX ini hadir dengan 2 varian warna yang berbeda yaitu liquid darkness dan phantom blue.

Dengan harga yang cukup mahal tersebut tentu sudah sepadan, mengingat spesifikasi Yamaha Tmax DX yang handal dan mumpuni. Berbagai fitur menarik lainnya juga dapat membuat pengendara lebih nyaman dalam berkendara. Memang bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, harga dari motor ini terbilang sangat mahal, namun bukan berarti hal ini dapat menjadi halangan bagi para pecinta motor matic ini. Nah, apakah anda tertarik dengan Yamaha Tmax DX ini? Demikian spesifikasi dan harga motor Yamaha Tmax Dx. Baca juga harga KTM Duke 250 dan Kawasaki Versys – X 250