Harga Suzuki GSX R1000, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Dimensi Suzuki GSX–R1000

Layaknya motor – motor superbike pada umumnya, Suzuki GSX – R1000 juga hadir dengan dimensi yang super besar. Hal ini seakan menegaskan dirinya bahwa motor Suzuki GSX – R1000 ini hadir dengan wajah yang garang dan siap melibas segala jenis jalanan kota. Hal ini bisa kita lihat dari panjang motor Suzuki GSX – R1000 yang mencapai 2.075 mm, lebar 710 mm, dan tingginya mencapai 1.150 mm. Sebuah nilai yang cukup mengundang decak kagum bagi motor dari segmen super bike premium. Tak hanya itu, jarak antar sumbu roda motor ini juga tergolong cukup jauh, yakni 1.410 mm. Dimensi besar yang dimiliki motor Suzuki GSX – R1000 ini tentu sepada dengan beratnya. Untuk masalah ini, Suzuki GSX – R1000 memang hadir dengan bobot yang terbilang cukup berat, yakni 202 kg. Namun anda tak perlu khawatir performanya berkurang karena bobotnya sangat besar karena fairing – fairing yang dipasang telah didesain sedemikian rupa untuk mendukung performa maksimal dari sang super bike. Hal menarik lainnya juga bisa kita temukan di bagian ground clearance. Meskipun bobot dan dimensinya tergolong besar, ternyata ground clearance yang dimiliki motor ini terbilang tinggi, yakni 130 mm. Dengan begini dipastikan Suzuki GSX – R1000 akan sangat nyaman ketika dikendarai dalam berbagai kondisi jalan. Sementara itu untuk masalah bahan bakar, Suzuki telah membekali motor ini dengan tangki bahan bakar berkapasitas maksimal 16 liter. Sebuah kapasitas yang terbilang cukup untuk memastikan anda tidak terlalu sering mengunjungi pom bensin untuk mengisi bahan bakar.

Panel Instrumen Suzuki GSX–R1000

Setelah mengetahui dimensi dan desian eksterior motor, selanjutnya kita akan membahas sektor yang merupakan pusat kendali dari suatu motor, yakni panel instrumen indikator. Sebagai motor super bike tercanggih saat ini, Suzuki tentu tak main – main dalam mendesain panel instrumen indikatornya. Di sini semua informasi mengenai keadaan terupdate Suzuki GSX – R1000 telah tersedia dan mudah dipahammi. Tidak seperti panel – panel motor super bike lain yang umumnya memiliki desain besar dan menyala. Panel indikator milik Suzuki GSX – R1000 ini justru memiliki desain lebih kecil namun elegan dan sporty. Dengan minimalisnya desain yang dimiliki motor ini membuat pengendaranya seakan sedang berada di balik kemudi moto GP. Informasi yang tersaji dalam panel tersebut juga tidak terbagi – bagi dalam beberapa bagian seperti kanan, kiri, dan tengah. Namun semuanya langsung terangkum menjadi satu dalam satu persegi kecil dengan tata letak yang terbilang sempurna. Di sini telah tersedia segala informasi terkini tentang motor Suzuki GSX – R1000 seperti kapasitas bahan bakar, kecepatan, nomor gigi, suhu mesin, odometer, speedometer, dan juga trip meter. Meskipun memiliki desain yang langsung menyatu, namun panel indikator milik Suzuki GSX – R1000 ini dipastikan sangat user friendly jadi anda tak perlu khawatir meskipun baru pertama kali menggunakannya.

Performa Suzuki GSX–R1000

Setelah membahas mengenai desain motor, kini tibalah kita pada segmen dapur pacu yang menjadi keunggulan utama dari motor terbaru Suzuki ini. Seperti yang telah kami singgung di awal, Suzuki GSX–R1000 hadir dengan dukungan mesin berteknologi canggih serta fitur – fitur khas moto GP yang mampu menghasilkan performa di atas rata–rata. Mesin yang diusung oleh motor ini juga merupakan mesin dari generasi terbaru Suzuki GSX – R series. Jadi tak heran jika mesin tersebut memiliki performa terbaik jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Suzuki GSX–R1000 dibekali dengan mesin berteknologi DOHC dengan 4 silinder berkapasitas total 999 cc. Motor ini juga mengusung ukuran bore x stroke yang lebih besar dari pada versi GSX – R sebelumnya yakni 76 x 55,1 mm. Mesin ini juga memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi yakni mencapai 13.2 x . Tidak berhenti sampai di situ, mesin canggih yang dibekalkan pada Suzuki GSX – R1000 ini juga masih akan didukung dengan berbagai teknologi canggih lainnya seperti Suzuki Racing Valiable Valve Timing (SR – VVT), Suzuki Top Feed Injector (S – TFI), dan Suzuki Exhaust Tuning – Alpha (SET – A). Ketiga teknologi ini diketahui merupakan teknologi yang dipakai pada motor Suzuki di ajang moto GP. Dengan mesin berspesifikasi tinggi dan dengan dukungan teknologi tinggi, membuat motor terbaru besutan Suzuki ini mampu memuntahkan power dan torsi di atas rata – rata bahkan untuk ukuran motor super bike sekalipun.

Motor ini dapat menghasilkan power hingga mencapai 148.60 kW atau setara dengan 202 Hp pada putaran mesin 13.200 rpm. Sedangkan untuk torsinya, motor ini mampu menghasilkan torsi hingga 117.60 Nm pada putaran mesin 10.800 rpm. Kecepatan super tinggi yang dihasilkan oleh mesin tersebut akan disalurkan melalui transmisi sistem kopling dengan 6 tingkat kecepatan. Transimisi ini juga telah disematkan sebuah teknologi bernama multi plate wet clutch atau bisa juga disebut dengan SCAS. Dengan spesifikasi mesin yang dimiliki tentu membuat Suzuki GSX – R1000 mampu melaju kencang di jalanan dan tentu sudah layak di adu di lintasan balap.

Suspensi Suzuki GSX–R1000

Performa tinggi yang dimiliki Suzuki GSX – R1000 tentu harus dibarengi dengan kenyamanan para pengendaranya. Selain itu sektor keamanan berkendara juga harus diperhatikan penuh. Oleh sebab itu, melalui Suzuki GSX – R1000, Suzuki mencoba menghadirkan beberapa teknologi suspensi, rangka, kaki – kaki, dan pengereman tingkat tinggi. Di bagian rangka, Suzuki membuat motor Suzuki GSX – R1000 ini dengan rangka berjenis Twin Spar Alumunium yang dibuat lebih ramping 20 mm dan mengurangi bobot hingga 10 % dari pada versi sebelumnya. Namun khusus untuk bagian mesin, Suzuki sengaja membuatnya 60 mm lebih lebar dari pada versi sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi getaran ketika mesin baru dihidupkan. Sementara itu untuk shock motor ini ditempatkan 48 mm ke belakang atau 20 mm lebih jauh dari pada versi sebelumnya. Ini dilakukan agar tangki bahan bakar bisa lebih rendah sehingga membuat motor lebih seimbang ketika digunakan dalam kecepatan yang tinggi. Tidak hanya itu, Suzuki GSX – R1000 juga telah dilengkapi dengan swingarm terbaru dari Suzuki yang lebih panjang dan dinilai lebih kuat dari pada versi sebelumnya. Dengan begini, Suzuki GSX – R1000 akan mampu bermanuver maksimal meskipun melewati tikungan tajam.

Lanjut baca…

Gambar Gravatar
Saat kamu menentukan pilihan, selesaikanlah. Maka tentukan pilihan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *