Harga Yamaha MT–125, Spesifikasi & Review Lengkap 2017

Dimensi Yamaha MT–125

Setelah mengetahui kegarangan desain dan bodi yang dimiliki Yamaha MT – 125, sekarang giliran kita mengetahui seberapa besar dimensi motor ini disiapkan untuk melibas jalanan kota. Mengingat motor ini merupakan versi terendah dari seri Yamaha MT, tak heran jika Yamaha MT – 125 hadir dengan dimensi yang lebih ramping dari pada versi – versi lainnya. Namun hal ini sepertinya tidak bisa dijadikan satu kekurangan dari Yamaha MT – 125 karena dimensi ramping yang dimiliki Yamaha MT – 125 justru bisa menunjang performa maksimal yang dimilikinya. Selain ramping, dimensi rangka yang diusung Yamaha MT – 125 juga dikenal sangat kokoh dan gagah.

Hal ini tak lepas dari digunakannya teknologi rangka Steel Deltabox yang dikenal kokoh dan ringan sehingga mampu menjaga kestabilan motor selama digunakan untuk berkendara. Yamaha MT – 125 memiliki dimensi dengan panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, 1.040 mm, dan 1.355 untuk jarak sumbu rodanya. Untuk massanya, motor Yamaha MT – 125 ini memiliki bobot total 140 kg. Sebuah bobot yang cukup ringan untuk kelas motor street fighter mengingat motor sejenisnya rata – rata bisa mencapai berat 190 – 210 kg.

Yamaha MT – 125 juga memiliki tinggi jok yang sangat bersahabat, yaitu hanya 810 mm saja. Hal ini membuat siapa saja bisa mengendarai motor Yamaha MT – 125 dengan nyaman dan kaki menapak ke tanah terutama saat sedang berhenti di lampu merah. Selain itu, Yamaha MT – 125 juga didesain dengan ground clearance yang amat baik. Motor terbaru besutan Yamaha ini memiliki ground clearance burukuran setinggi 140 mm. Ground clearance ini tentu menambah kenyamanan pengendaranya terutama saat melewati jalan – jalan bergelombang atau pun berbatu.

Panel Indikator Yamaha MT–125

Berikutnya kita akan membahas sektor yang cukup penting dalam suatu kendaraan. Apalagi kalau bukan panel instrumen indikator. Komponen ini memiliki fungsi untuk menampilkan segala keadaan kendaraan bermotor terupdate mulai dari kecepatan, bahan bakar, lampu, dan lain – lain. Sebagai salah satu motor modern yang dirilis di era milineum, tentu Yamaha MT -125 hadir dengan panel indikator yang berdesain elegan khas motor street fighter masa kini. Tentu saja tidak meninggalkan khas sederhana yang memang dari awal telah melekat pada motor terbaru Yamaha ini.

Selain desainnya yang ciamik, panel instrumen indikator milik Yamaha MT -125 juga diketahui menampilkan informasi yang sangat lengkap dan tentunya user friendly. Sehingga pengendara mampu mengontrol motornya dengan mudah dan tentunya mengetahui kondisi terkini dari motor yang sedang ditungganginya. Perlu anda ketahui, panel instrumen indikator Yamaha MT -125 dibagi dalam 3 bagian utama, yakni kiri, kanan dan tengah. Di bagian kanan, panel indikator Yamaha MT -125 menampilkan informasi tentang indikator bahan bakar, jam, posisi gigi, dan juga odometer. Di bagian kiri, ditampilkan informasi mengenai indikator lampu netral dan indikator suhu mesin. Terakhir di bagian tengah, anda akan disajikan informasi mengenai kecepatan yang dihitung secara bertingkat dan juga rpm. Semua informasi yang tercantum pada indikator ini sangat informatif dan sangat mudah dimengerti bahkan bagi anda yang mungkin baru melihat panel indikator motor berlabel street fighter.

Mesin Yamaha MT–125

Selesai dengan bagian luar, kini kita beralih ke bagian. Meskipun Yamaha MT – 125 didesain secara sederhana, namun tidak dengan dapur pacunya. Ini terlihat dengan tetap dibenamkannya teknologi – teknologi mesin berkelas yang siap menghadirkan performa maksimal khas motor street fighter. Disini, Yamaha MT – 125 akan ditenagai dengan mesin bertipe SOHC 4 valve yang memiliki silinder tunggal berkapasitas 124.7 cc. Dengan teknologi mesin ini, Yamaha MT – 125 diketahui mampu menghasilkan tenaga hingga 15.0 Ps pada putaran mesin 9.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya, mesin ini mampu menghasilkna torsi mencapai 12.4 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm. Tenaga ini tentu menciptakan kecepatan yang tidak biasa, untuk itu kecepatan tersebut akan disalurkan pada transmisi berteknologi Constant mesh dengan 6 tingkat percepatan.

Performa tinggi yang dimiliki mesin Yamaha MT – 125 tentu akan membuatnya cepat panas. Namun anda tak perlu khawatir karena mesin ini telah dilengkapi dengan teknologi pendingin cair yang mampu menjaga temperatur mesin tetap normal meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Motor bertenaga tinggi identik dengan boros bahan bakar. Namun ungkapan tersebut sama sekali tidak berlaku untuk Yamaha MT – 125. Pasalnya, motor terbaru dari Yamaha ini telah menggunakan teknologi pembakaran Electronic Fuel Injection dengan sistem pengapian TCI yang memiliki rasio kompresi dengan perbandingan 52 mm x 58.6 mm. Teknologi ini dapat mengefisienkan konsumsi bahan bakar sehingga Yamaha MT – 125 mampu mencapai jarak 100 Km hanya dengan 2.13 liter bahan bakar saja. Sangat irit bukan? Selain irit bahan bakar, teknologi yang disematkan pada Yamaha MT – 125 ini juga diketahui cukup ramah terhadap lingkungan.

Suspensi Yamaha MT–125

Performa tinggi yang dimiliki Yamaha MT – 125 membuat Yamaha mau tidak mau harus menghadirkan suspensi berkualitas untuk menjamin kenyamanan para penggunanya. Hal ini nampaknya direalisasikan dengan sangat sempurna dengan hadirnya suspensi – suspensi kokoh dan kuat yang disematkan pada Yamaha MT – 125 ini. Seperti biasa, Yamaha membekali 2 jenis suspensi untuk Yamaha MT – 125 yaitu di bagian depan dan belakang. Di bagian depan, Yamaha MT – 125 mengadopsi sistem suspensi Upside – down telescopic fork berdiameter 41 mm. Sementara di bagian belakangnya, motor ini menggunakan suspensi tipe Swing arm suspension.

Menariknya, suspensi belakang Yamaha MT – 125 dapat diatur tingkat peredaman getarannya sesuai selera pengendara. Kombinasi kedua suspensi canggih ini tentu membuat Yamaha MT – 125 mampu melibas segala jenis jalan mulai dari yang berbatu, bergelombang, hingga yang berlubang tanpa hambatan berarti dan tentunya tetap stabil. Lanjut ke bagian kaki – kaki, Yamaha MT – 125 dilengkapi dengan velg racing berukuran 17 inch. Velg racing ini diselimuti ban model terbaru besutan Michelin yang diberi nama Pilot Street dengan ukuran total 100/80 untuk bagian depannya. Sedangkan di bagian belakang, model bannya tetap sama seperti bagian depan namun dengan ukuran yang berbeda, yakni 130/70. Dengan digunakannya ban ini, pengendara Yamaha MT – 125 dipastikan dapat tetap nyaman saat bermanuver maksimal dijalanan. Hal ini tak luput dari teknologi Tubeless dan merupakan inovasi terbaru dari perusahaan ban ternama, Michellin. Layaknya ban motor Moto GP, ban Yamaha MT – 125 ini memiliki daya cengkram yang sangat tinggi terhadap aspal.

Lanjut baca…

Gambar Gravatar
Saat kamu menentukan pilihan, selesaikanlah. Maka tentukan pilihan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *